Jaket waterproof meruakan salah satu jenis jaket yang tahan terhadap air. Artinya, ketika anda menggunakan jaket ini maka anda bisa menggunakannya meskipun kondisi sedang gerimis maupun juga hujan.

ads

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika anda memakai waterproof, khususnya di musim hujan sekarang ini. Namun, seiring dengan penggunaannya, anda juga harus paham tentang bagaimana cara perawatan jaket waterproof yang baik.

Jika anda sembarangan memakai jaket ini, maka bukan tidak mungkin jaket waterproof anda akan mudah rusak. Selain itu, kemungkinan warnanya pun juga akan mulai memudar. Maka dari itu, di bawah ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai bagaimana cara mencuci jaket model waterproof dengan benar.

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan segala peralatan yang memang diperlukan untuk mencuci jaket waterproof. Beberapa peralatan atau bahan yang harus anda siapkan antara lain ember yang sudah berisi air, detergen, dan tentunya jaket waterproof anda.
  2. Setelah itu, mulailah anda menaruh atau memasukkan detergen yang sudah anda siapkan tersebut ke dalam ember yang berisi air. Anda bisa menggunakan jenis detergen apapun, baik menggunakan detergen bubuk maupun juga cair. Namun, yang harus anda lakukan adalah memilih detergen yang memang berkualitas baik.
  3. Kemudian, anda harus mulai mengocok air tersebut atau anda bisa mengaduknya dengan tangan anda. Aduk perlahan sampai nanti berbusa. Ada hal yang harus anda ingat bahwa jangan pernah memasukkan jaket waterproof ke dalam ember tersebut dan baru anda menuangkan detergen bubuk. Hal ini karena nanti detergen tersebut malah bisa terselip diantara celah-celah jaket anda. Maka dari itu, pastikan bahwa detergen sudah tercampur dengan air dan barulah anda memasukkan waterproof anda.
  4. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan merendam jaket waterproof anda. Pastikan sebelumnya jaket anda terbebas dar benda-benda yang mungkin berada dalam saku, seperti koin, uang kertas, dan lain sebagainya.
  5. Anda tinggal menunggu kurang lebih 15 menit. Jika sudah lebih dari 15 menit, maka kemudian anda bisa mulai menguceknya dengan menggunakan tangan. Anda juga bisa melihat pada bagian celah-celahnya, jika anda menemukan adanya noda atau kotoran, maka anda tinggal menguceknya secara perlahan sampai hilang.
  6. Anda bisa menguceknya secara perlahan sambil anda gosok menggunakan kertas kecil dengan bulu-bulunya yang tipis. Jangan menggosok dengan keras karena hal ini hanya akan merusak bahan dari jaket waterproof anda.
  7. Setelah anda memastikan jaket anda bersih, maka anda bisa mulai membilasnya. Bilas beberapa kali sampai anda yakin bahwasanya jaket waterproof anda sudah bersih. Bilas juga sampai tidak ada sabun atau busa lagi pada jaket anda.
    Sponsors Link

  8. Yang terakhir, anda tinggal menjemurnya setelah sebelumnya anda selesai mencuci sampai bersih. Ingat, anda jangan menjemurnya di tempat yang langsung terkena sinar matahari. Yang harus anda lakukan adalah dengan menjemurnya di tempat yang panas, namun tidak langsung panas karena matahari. Hal ini karena jaket waterproof tidak termasuk jaket yang tahan panas.

Demikian penjelasan kami tentang bagaimana cara mencuci jaket waterproof. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, jaket