Cara mencuci jas bukanlah sesuatu yang lumrah diketahui karena memang jas merupakan salah satu jenis pakaian yang biasanya hanya digunakan saat acara-acara resmi saja dan jarang digunakan sebagai pakaian sehari-hari, khususnya oleh masyarakat Indonesia. Jadi tidak heran jika tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara yang benar untuk mencuci jas, menyetrika atau merawatanya. Kebanyakan, karena jas sangat jarang digunakan, ketika harus dicuci atau disetrika, masyarakat Indonesia lebih sering menyerahkannya ke jasa binatu professional walaupun memang harga yang dikeluarkan untuk jasa tersebut tidak murah.

ads

Artikel Terkait:

Pentingnya Mengetahui Cara Mencuci dan Merawat Jas Pribadi

Jika Anda memiliki beberapa koleksi jas, sebaiknya Anda juga harus tau bagaimana cara mencuci dan merawatnya. Memang benar, jasa binatu professional saat ini banyak ditemui dan harga yang ditawarkan untuk layanan perawatan jas juga semakin bersaing tapi bagaimana jika pada saat mendesak ketika harus Anda sendiri yang mencucinya. Beberapa langkah sederhana berikut bisa Anda ikuti karena ternyata mencuci dan merawat jas tidaklah sesulit yang kebanyakan orang fikirkan.

Artikel Terkait:

Tips Mencuci

Untuk hasil yang maksimal memang sebaiknya jas dicuci dengan tangan tapi untuk alasan kepraktisan dan biasanya jas terbuat dari bahan yang tebal sehingga akan sangat berat jika dicuci dengan tangan. Saat ini sudah banyak mesin cuci yang memiliki fitur delicate yang setara dengan fitur handwash yang bisa Anda manfaatkan, jadi mencuci jas tetap bisa dilakukan dengan mesin cuci namun tetap memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Selalu perhatikan label yang ada pada jas. Ikuti semua saran yang ada mulai dari suhu air sampai proses pengeringan yang dianjurkan. (baca juga: Cara Mencuci Jaket Bahan Polyester)
  2. Sebaiknya mencuci jas terpisah dengan pakaian lain untuk mengurangi risiko kelunturan dan kusut berlebihan.
  3. Biasanya jas tidak terlalu kotor karena pemakaian yang jarang tapi jika terdapat noda sebaiknya bersihkan noda tersebut terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Cara membersihkannya bisa menggunakan sikat gigi lembut dan deterjen cair yang lembut, gosok bagian yang kotor sampai benar-benar bersih baru boleh dimasukkan ke dalam mesin cuci.
  4. Atur mesin cuci pada fitur seperti yang dianjurkan di atas yaitu fitur delicate atau fitur handwash untuk menjaga kualitas bahan jas Anda. (baca juga: Cara Menyetrika Baju Batik)
    Sponsors Link

  5. Untuk pilihan deterjen sebaiknya pilih deterjen cair dan jangan gunakan deterjen bubuk apalagi deterjen bubuk murahan yang beberapa partikelnya tidak larut dalam air. Karena partikel-partikel tersebut bisa saja menyangkut di serat-serat kasar bahan jas Anda. (baca juga: Cara Menyetrika Baju Sekolah)
  6. Proses penjemurannya juga harus diperhatikan dengan baik yaitu selalu gunakan hanger atau gantungan baju. Gantung jas terbalik yaitu bagian lapisan dalam diluar dan permukaan jas di bagian dalam, tunggu sampai kering kurang lebih 75% lalu pindahkan posisi jemuran pada bagian yang agak teduh tidak terkena sinar matahari langsung dan balik jas sehingga permukaan luarnya menghadap keluar. Tunggu sampai jas benar-benar kering baru boleh diangat, disetrika dan disimpan.

Artikel Terkait:

Untuk mencuci jas hanya dibutuhkan enam langkah mudah seperti disebutkan di atas. Proses penjemuran seperti yang disebutkan di atas dimana sinar matahari tidak membuat pakaian kering 100% juga dapat membantu pakaian tetap wangi setelah diberi pewangi dan pelembut pakaian dalam proses mencuci. Salah satu alasan mengapa pakaian kurang wangi adalah karena Anda menjemurnya terlalu kering sehingga wangi dari pewangi dan pelembut pakaian juga akan ikut menguap ketika proses pengeringan.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, cuci, jas, mencuci