Cara mencuci kain beludru bisa sangat sulit apalagi ketika sudah kering Anda menemukan bercak-bercak putih yang menempel pada kain beludru kesayangan Anda. Kain beludru memang memiliki sifat dan karakteristik yang agak berbeda dengan jenis kain lainnya. Kain ini pernah menjadi sangat populer dan memberikan kesan yang mewah kepada pemakainya. Walaupun sekarang kain beludru tidak sepopuler dulu namun kain beludru masih banyak digunakan sebagai pelengkap busana misalnya untuk blazer, cardigan, bolero, rok bahkan jaket. Kain beludru juga digunakan untuk dibuat menjadi bahan tas, sepatu dan aksesoris kepala dan rambut. Jadi walaupun mungkin kain beludru tidak ada dalam koleksi utama pakaian Anda namun sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mencucinya.

ads

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Kain Beludru

Yang terpenting dari mencuci kain beludru adalah Anda harus tahu betul apa jenis kain beludru yang Anda miliki karena ternyata kain beludru dibedakan berdasarkan kualitas bahannya. Jika kain beludru yang Anda miliki adalah beludru sutra maka cara mencucinya hampir sama dengan cara mencuci kain sutra namun jika bukan yaitu jenis beludru yang terbuat dari campuran bahan katun dan polyester maka cara mencucinya adalah sebagai berikut.

  • Untuk menghindari kain beludru Anda ditempeli dengan serat pakaian lain yang terlepas sebaiknya cuci kain belundru Anda tersendiri tidak tercampur dengan pakaian dengan bahan berbeda.
  • Pilihlah jenis detergen khusus untuk mencuci pakaian seperti beludru atau sutra. Kalaupun tidak ada bisa menggunakan detergen cair berformula lembut. Jangan pernah menggunakan detergen bubuk untuk mencuci kain beludru karena bisa saja butiran detergen menempel dan nyangkut di sela-sela serat kain beludru.
  • Untuk mencuci kain beludru sebaiknya menggunakan air biasa atau air dingin jangan menggunakan air hangat.
  • Rendam kain beludru Anda selama kurang lebih 5 – 10 menit tergantung seberapa kotor pakaian beludru Anda jika Anda mencucinya secara manual tapi bisa menggunakan mode ‘soft’ pada mesin cuci dan putar selama 5 – 7 menit saja.
  • Jangan sekali-sekali menggunakan mesin pengering untuk mencuci bahan beludru sebaiknya keringkan pakaian beludru dengan cara dikebas-kebaskan lembut atau jika Anda memiliki mesin steamer bisa digunakan karena hasilnya nanti pakaian beludru akan menjadi lebih lembut.

Artikel terkait:

Perawatan Kain Beludru

Di atas sudah disebutkan lima langkah mudah untuk mencuci kain beludru lalu bagaimana dengan perawatannya karena memang tidak mudah juga merawat kain beludru.

  • Tips pertama yang harus Anda ingat jika memiliki beberapa koleksi pakaian berbahan beludru adalah bahwa pakaian berbahan beludru tidak boleh terlalu sering dicuci.
  • Dry-clean memang solusi yang paling mudah dan paling direkomendasikan tapi untuk bahan beludru warisan yang berusia tua proses ini justru tidak boleh dilakukan. Jadi jika ingin mencucinya cukup ikuti langkah-langkah seperti di atas.
  • Cara menyetrika kain beludru juga penting untuk diperhatikan terutama jika Anda menggunakan setrika listrik otomatis. Selalu perhatikan suhunya karena bahan beludru sama sekali tidak tahan panas.
  • Menyimpan pakaian beludru di dalam lemari juga tidak boleh ditumpuk-tumpuk dengan pakaian berbahan berbeda karena ditakutkan serat-serat kainnya akan menempel pada kain beludru. Kalaupun harus dilipat sebaiknya lapisi kain beludru dengan kertas khusus kain beludru.

Artikel Terkait:

Jika Anda memperhatikan tata cara mencuci dan merawat kain beludru seperti di atas maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan bahkan Anda sama sekali tidak memerlukan jasa dry-cleaning karena semuanya bisa Anda lakukan sendiri.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, kain, kain beludru