Cara mencuci kain songket sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan cara mencuci kain tenun pada umumnya namun bukan berarti Anda bisa menganggapnya enteng jika tidak ingin kain songket kesayangan Anda rusak. Memang benar, jika berhubungan dengan kain tenun tradisional seperti kain songket ini kebanyakan orang memilih untuk menggunakan jasa dry-clean atau laundry untuk memastikan kualitas kain songket tetap terjaga. Namun demikian mengetahui cara mencuci dan merawat kain songket sendiri juga bisa sangat menguntungkan, karena selain dapat menghemat biaya dry-clean atau laundry yang tidak murah, Anda bisa merawat kain songket kesayangan Anda kapan saja.

ads

Artikel Terkait:

Apa Itu Kain Songket?

Jika Anda orang Indonesia tentunya tidak asing lagi dengan kain songket karena kain songket adalah salah satu jenis kain tradisional khas Melayu yang merupakan salah satu suku mayoritas di Indonesia. Salah satu ciri khas kain songket adalah selipan benang emasnya atau perak yang membuat tampilan kain ini terlihat sangat mewah. Jadi tidak heran jika kebanyakan kain songket digunakan hanya untuk menghadiri acara-acara besar saja. Karena kain songket merupakan warisan kebudayaan Melayu jadi sebenarnya kain songket tak hanya ditemukan di Indonesia saja tapi juga menjadi bagian dari kebudayaan Malaysia.

Perawatan dan Cara Mencuci Kain Songket Yang Tepat

Jika Anda memiliki beberapa koleksi kain songket jangan ragu-ragu untuk mencucinya jika memang dirasa kain songket perlu untuk dicuci. Karena proses pencucian kain songket adalah cara yang efektif untuk menghilangkan debu-debu yang menempel yang kalau dibiarkan justru dapat menghilangkan kilapnya benang-benang emas yang ditenun. Namun cara mencuci kain songket tidaklah sembarangan, berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ketahui ketika akan mencuci kain songket.

  • Cucilah kain songket dengan menggunakan tangan jangan menggunakan mesin cuci.
  • Siapkan baskom atau ember dan beri detergen khusus kain tenun, sutra atau bisa juga seperti cara mencuci batik dengan lerak untuk mencuci kain songket.
  • Jangan direndam tapi cukup dicelup-celupkan saja dan untuk menghilangkan airnya bisa diurut dari atas ke bawah dan dikebas-kebaskan kemudian.
  • Jangan menjemur kain songket di bawah sinar matahari langsung dan kalaupun dijemur di tempat tidur pastikan posisinya dibalik.
  • Setelah kain songket kering cari tahu cara menyetrika kain songket yang benar.

Artikel terkait:

Tips Tambahan untuk Merawat Kain Songket

Namun demikian masih ada beberapa tips tambahan yang juga harus Anda ketahui untuk memastikan bahwa kualitas kain songket Anda tetap terjaga.

  • Sebaiknya kain songket tidak boleh terlalu sering dicuci. Cuci jika perlu benar-benar dicuci misalnya sudah sangat berdebu dan terdapat noda.
  • Kain songket sebaiknya disimpan dengan cara digantung karena kalau dilipat bisa menyebabkan benang-benang emas yang ditenun putus atau pata. Selain itu kain songket juga tidak boleh dilpisi oleh plastik karena kebanyakan orang berfikiran bahwa dengan dilapisi plastik maka kain songket akan terbebas dari debu tapi kenyataannya kain songket justru bisa menjadi lembab.
  • Kalaupun tidak digantung, gunakan karton khusus yang biasa digunakan oleh penjual kain songket. Jadi kain songket tidak dilipat tapi digulung. Lapisi dengan kertas bebas asam dan simpan dikotak khusus untuk selalu menjaga kain songket.

Artikel Terkait:

Walaupun saat ini terdapat banyak sekali produk kimia yang bisa disemprotkan ke kain untuk menghindarkan kain dari ngengat dan jamur namun sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami saja seperti merica atau cengkeh. Karena produk-produk tersebut bisa saja meninggalkan noda pada kain. Kalaupun memang terpaksa bisa menggunakan kapur barus namun tentunya Anda harus siap dengan bau kapur barus yang bisa saja menempel pada kain songket Anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, kain songket, kain tenun