Cara mencuci kain sutra memang tidak mudah tapi bukan juga tidak mungkin dilakukan tanpa jasa dry-clean atau laundry. Solusi terbaik memang mempercayakan pakaian berbahan sutra Anda kepada jasa dry-clean dan laundry professional tapi tidak ada salahnya mencari tahu cara mencuci kain atau pakaian ataupun cara mencuci selimut sutra dengan benar karena salah satu keuntungan mencuci sendiri pakaian berbahan sutra Anda adalah lebih ekonomis apalagi jika koleksi pakaian berbahan sutra Anda cukup banyak. Walaupun kain sutra lebih direkomendasikan untuk dicuci secara manual atau dengan tangan tapi tidak menutup kemungkinan untuk mencucinya dengan mesin cuci. Berikut adalah dua cara untuk mencuci kain sutra yaitu secara manual dengan tangan dan dengan menggunakan mesin cuci.

ads

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Kain Sutra dengan Tangan

Cara mencuci kain sutra dengan tangan adalah yang paling direkomendasikan tapi tentunya tetap ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan walaupun dilakukan secara manual.

  • Ketika proses mencucinya pisahkan warna pakaian antara yang berwarna dan berwarna putih. Khusus yang berwarna perikas setiap pakaian apakah luntur atau tidak. Jika tidak berarti cukup aman untuk dicuci dengan tangan dan jika iya sebaiknya cuci secara terpisah.
  • Siapkan baskom yang sudah diisi dengan air hangat kemudian tambahkan detergen dengan formula lembut, sebaiknya gunakan detergen khusus untuk mencuci pakaian berbahan sutra jika tidak ada sebaiknya gunakan detergen cair.
  • Rendam pakaian sutra Anda selama kurang lebih 5 menit. Jangan terlalu lama direndam.
  • Pindahkan pakaian sutra ke dalam baskom yang sudah diisi dengan air biasa kemudian tambahkan pewangi dan pelembut pakaian. Pastikan bahan pelembut pakaian aman digunakan untuk pakaian berbahan sutra. Masukkan pakaian sutra dan rendam selama beberapa menit sampai kira-kira pelembut dan pewangi menyatu dengan bahan pakaian.
  • Bilas pakaian sutra Anda sampai tidak lagi bersisa sabun dengan cara dicuci atau dibilas di bawah air mengalir.
  • Jangan sekali-sekali memeras pakaian sutra karena hanya akan membuat seratnya menjadi melar dan rajutannya merenggang.
  • Cara terbaik untuk membuang air dari pakaian sutra adalah dengan menggunakan handuk. Pakaian sutra diletakkan di atas handuk bersih kemudian gulung.
  • Jemur pakaian sutra Anda tapi tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Artikel terkait:

Cara Mencuci Kain Sutra dengan Mesin Cuci

Jika Anda punya cukup waktu maka tidak ada salahnya mencuci pakaian sutra Anda dengan tangan namun bagaimana jika tidak? Tidak perlu khawatir karena sebenarnya pakaian sutra juga bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci dan berikut adalah cara mencuci kain sutra dengan mesin cuci yang wajib Anda ketahui.

  • Pisahkan pakaian sutra yang luntur karena pakaian sutra yang luntur tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci. Begitu juga dengan pakaian sutra yang memiliki banyak aksesoris seperti payet atau kancing-kancing logam. Jenis pakaian sutra seperti itu sebaiknya dicuci secara manual.
  • Masukkan pakaian sutra dengan warna yang sama ke dalam mesin cuci dan gunakan detergen khusus untuk pakaian berbahan sutra jika ingin mencuci kain sutra menggunakan mesin cuci.
  • Atur mode mesin cuci pada ‘soft’ atau mode ‘hand-wash’ tergantung jenis mesin cuci masing-masing dengan menggunakan air bertemperatur rendah ke hangat.
  • Bilas pakaian sutra dengan ditambah cairan pelembut atau pewangi dan bilas sampai benar-benar bersih dari sabun.
  • Setelah itu keluarkan pakaian sutra dari mesin cuci dan keringkan secara manual karena pakaian sutra tidak boleh dikeringkan dengan mesin pengering. Lakukan proses pengeringan sama seperti ketika Anda mencucinya dengan tangan kemudian jemur tanpa terkena sinar matahari langsung.

Artikel Terkait:

Ternyata tidak sulit kan mencuci pakaian sutra. Selanjutnya pelajari cara menyetrika kain sutra dan bagaimana cara menyimpannya yang tepat dengan begitu Anda bisa merawat koleksi pakaian sutra Anda sendiri tanpa perlu bantuan dari jasa dry-clean ataupun laundry.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, kain, kain sutra