Cara mencuci kain tenun bukanlah perkara mudah karena kain tenun pada umumnya ditenun menggunakan bahan atau benang yang terbuat dari serat alami begitu juga dengan warnanya. Itu artinya Anda tidak bisa dengan sembarangan mencucinya karena jalinan tenunnya bisa saja rusak dan jika terkena jenis detergen yang salah warna alaminya bisa saja menjadi cepat pudar. Oleh karena itu jika Anda memiliki beberapa koleksi kain tenun ada baiknya Anda mempelajari bagaimana cara yang tepat untuk mencucinya.

ads

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Kain Tenun yang Benar

Kebanyakan orang memilih untuk tidak mencuci kain tenun mereka dengan alasan takut rusak dan warnanya takut pudar. Sebenarnya tidak masalah mencuci kain tenun asalkan Anda tahu bagaimana cara mencuci kain tenun yang benar. Berikut adalah beberapa tips cara mencuci kain tenun yang benar serta tips bagaimana cara perawatan kain tenun yang tepat.

  • Langkah pertama adalah siapkan baskom berisi air sabun. Sabun yang digunakan adalah detergen berformula lembut khusus untuk mencuci jenis kain sutra atau bisa juga menggunakan lerak khusus untuk mencuci kain batik. Jika tidak ada kedua-duanya Anda bisa menggunakan cara mencuci baju dengan shampoo untuk bahan tenun.
  • Untuk suhu air, tidak boleh menggunakan air hangat apalagi panas. Cukup gunakan air biasa saja yang bersih.
  • Ketika proses mencucinya jangan menggunakan mesin cuci dan harus dicuci menggunakan tangan.
  • Cara mencuci kain tenun yang benar adalah tidak boleh direndam tapi cukup di celup-celupkan saja sampai seluruh kain basah. Jangan dikucek apalagi di peras dengan cara dipelintir. Untuk menghilangkan airnya cukup di urut dari bagian atas ke bawah kemudian dikebas-kebaskan.
  • Proses penjemuran juga penting yaitu tidak boleh terkena matahari langsung. Sinar matahari dapat mempercepat rusaknya warna pada kain tenun sehingga menjadi pudar.

Jadi perlu Anda ketahui bahwa kain tenun juga harus dicuci untuk membantu menghilangkan debu dan kotoran. Hal ini sangat penting dilakukan karena kotoran dan debu yang menumpuk juga dapat membuat warna kain tenun tak secantik aslinya.

Artikel terkait:

Tips Perawatan Kain Tenun

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang perlu Anda ketahui mengenai cara perawatan yang tepat untuk kain tenun.

  • Lalu bagimana jika kain tenun terkena noda? Haruskan disikat atau diberi detergen dengan formula kuat. Seorang designer ternama membagikan tipsnya dalam merawat kain tenun yang walaupun sudah dicuci berkali-kali tapi nodanya tetap tidak mau hilang. Caranya adalah dengan mewarnainya lagi.
  • Jangan takut untuk mencuci kain tenun jika memang sudah lama tidak dicuci dan jangan takut juga untuk menyetrikanya. Cara menyetrikanya bisa dari dalam bagian kain atau dilapisis kain lagi. Cara ini adalah cara menyetrika yang benar khusus kain tenun agar warnanya tidak cepat pudar. Selain itu selalu perhatikan suhu setrika listrik otomatis Anda agar tidak terlalu tinggi.
  • Menyimpan kain tenun juga bisa dengan dilipat tapi lebih direkomendasikan lagi dengan cara digantung. Boleh lapisi dengan kertas bebas asam agar tidak mudah dihinggapi jamur dan jangan lupa untuk menambahkan kapur barus pada lemari untuk mencegah datangnya ngengat karena kebanyakan kain tenun terbuat dari serat alami yang mudah sekali mengundang ngengat dan jamur.

Artikel Terkait:

Setelah mengetahui cara mencuci kain tenun dan cara menyetrika kain tenun yang benar ternyata sama sekali tidak ada yang perlu Anda khawatirnya. Dengan langkah-langkah mudah di atas Anda bisa mencuci dan merawat sendiri kain tenun kesayangan Anda tanpa perlu didry-clean ataupun dilaundry.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, kain tenun