Cara mencuci kebaya payet memang tidak mudah karena jika Anda salah mencucinya maka payet-payet pada kebaya kesayangan Anda juga akan ikut terlepas. Jika Anda perhatikan baik-baik kebaya berpayet Anda, setiap payet atau manik-manik biasanya dijahit manual dengan tangan sehingga menghasilkan pola payet yang cantik pada kebaya Anda jadi tidak heran jika kebaya berpayet dihargai dengan harga yang sangat mahal. Namun jika tidak hati-hati benang-benang tipis yang mengikat payet pada kebaya Anda bisa saja putus dan sayangnya jika sudah putus satu maka untaian benang yang mengikat payet lainnya juga akan ikut putus sehingga dapat merusak penampilan kebaya payet Anda.

ads

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Kebaya Payet

Berikut adalah beberapa langkah mudah yang harus Anda ketahui ketika akan mencuci kebaya berpayet kesayangan Anda.

  1. Hal penting pertama yang harus Anda ingat adalah jangan mencuci kebaya baik yang berpayet ataupun tidak dengan mesih cuci. Hal ini karena bahan kebaya yang mudah rapuh dan mesih cuci sangat berpotensi merusak payet pada kebaya.
  2. Biasanya kebaya digunakan sekali-sekali saja sehingga biasanya tidak terlalu kotor. Jadi cara mencucinya cukup mudah yaitu hanya dengan merendam kebaya ke dalam ember yang berisi air dan deterjen. Sebaiknya gunakan deterjen cair yang lembut untuk mencuci kebaya.
  3. Jika terdapat noda jangan menggunakan sikat pakaian biasa tapi sebaiknya gunakan sikat gigi kecil dan Anda juga harus menyikatnya dengan sangat hati-hati agar tidak merusak payet.
  4. Setelah itu bilas kebaya dengan air bersih. Sebaiknya jangan dikucek apalagi diperas dengan cara dipelintir. Cukup dicelup-celupkan saja ke dalam air bersih salam berkali-kali sampai tidak ada sisa sabun lagi.
  5. Untuk menghilangkan sisa-sisa airnya lebih baik dikibas-kibaskan saja perlahan dan jangan diperas seperti ketika Anda mencuci pakaian lainnya.
  6. Menjemurnya pun tidak boleh terkena matahari langsung cukup diangin-anginkan saja. Lagipula kebaya memiliki bahan yang cukup tipis dan rapuh sehingga walaupun hanya diangin-anginkan kebaya relatif cepat kering.

Artikel Terkait:

Sponsors Link

Satu hal yang perlu Anda ingat ketika memiliki beberapa koleksi kebaya adalah bahwa bahan kebaya sebaiknya jangan dicuci terlalu sering. Karena seperti dikatakan apda poin dua di atas, biasanya kebaya hanya digunakan sekali-sekali saja, jadi ketika setelah dikenakan dan tidak kotor atau tidak berbau keringat sebaiknya kebaya cukup diangin-anginkan sebentar sebelum dimasukkan ke dalam plastik pembungkus dan digantung kembali ke dalam lemari. Tapi Anda harus memastikan bahwa kebaya memang dalam kondisi bersih dan tidak berbau akibat terkena keringat.

Tips Menyetrika dan Menyimpan Kebaya Payet

Setelah dicuci, sebelum dimasukkan ke dalam lemari dan disimpan sebaiknya kebaya payet harus disetrika terlebih dahulu dan berikut adalah tips menyetrika kebaya berpayet.

  • Atur suhu setrika jangan terlalu tinggi karena bahan kebaya yang tipis dan rapuh.
  • Jika kebaya Anda memiliki bahan lapisan sebaiknya setrikalah kebaya Anda dengan cara dibalik agar tidak perlu menjangkau bagian-bagian yang sulit pada sela-sela payet karena kalau tidak hati-hati, panas pada setrikaan justru dapat membuat putus benang-benang yang menjahit payet pada kebaya.
  • Kalaupun tidak ada lapisannya, sebaiknya tetap menyetrika kebaya dengan cara dibalik tapi tetap dengan sangat hati-hati agar benang payet tidak putus.
  • Setelah selesai disetrika, gantung kebaya sebentar untuk menghilangkan uap panasnya sebelum disimpan.
  • Sebaiknya jangan melipat kebaya payet karena dapat merusak payet pada kebaya jika dilipat.
  • Masukkan kebaya dalam plastik khusus pakaian dan gantung di dalam lemari.
  • Agar terbebas dari ngegat jangan lupa masukkan kamper pada lemari agar kebaya kesayangan Anda tetap awet.
Sponsors Link

Artikel Terkait:

Tentunya Anda memiliki kebaya payet kesayangan. Sebaiknya untuk perawatannya baik itu mencuci, menyetrika atau melipatnya sebaiknya Anda lakukan sendiri dan jangan hanya sekedar mempercayakannya kepada jasa laundry kecuali jasa laundry yang memang sudah Anda percaya atau jasa laundry yang khusus menangani pakaian-pakaian mewah seperti kebaya berpayet.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, cara menyetrika, kebaya