Ketika kita membeli pakaian baru, tentu tidak berharap membeli pakaian yang mudah luntur karena jika baru dicuci beberapa kali sudah luntur maka dapat dipastikan warna pakaian tersebut akan memudar. Ada beberapa tips yang bisa anda jadikan referensi ketika memilih pakaian yang akan dibeli agar terhindar dari salah pilih pakaian, jangan sampai karena suka dengan warna atau modelnya tapi ternyata mudah luntur dan ujung-ujungnya hanya terpakai sebentar.

ads

Agar anda tidak kecewa dengan pakaian anda, berikut tips sebelum anda membeli pakaian:

  • Pilihlah bahan yang tidak mudah luntur seperti polyester, bahan pakaian ini dikenal kuat dalam mengikat warna sehingga tidak mudah luntur dan belel. Untuk bahan katun anda harus lebih berhati-hati karena ada yang kuat mengikat warna namun ada juga yang mudah luntur. Pilihlah katun yang berkualitas bagus
  • Rasakan kain yang digunakan sebagai bahan pakaian, jika anda merasa terlalu kering maka itu berarti pakaian tersebut mudah luntur.
  • Bacalah label pakaian disetiap pakaian yang anda beli, disitu biasanya ada peringatan jika pakaian tersebut mudah luntur.

Namun jika anda ternyata sudah terlanjur membeli pakaian yang mudah luntur, ada cara mencuci pakaian luntur agar tidak luntur. Cara ini tidak efektif 100% namun setidaknya bisa mengurangi luntur. Berikut caranya:

  1. Untuk mengetes apakah pakaian tersebut luntur atau tidak, rendamlah secara terpisah dengan menggunakan sabun deterjen yang lembut. Penggunaan deterjen yang lembut sangat dianjurkan karena bisa mencegah luntur. Jangan sekali-sekali menggunakan detejen berpemutih karena akan membuat pakaian anda luntur parah.
  2. Gunakan air dingin, penggunaan air hangat atau panas dapat menambah luntur pakaian anda.
  3. Kucek pakaian dengan lembut.
  4. Bilas hingga deterjen hilang.
  5. Jemur ditempat teduh.
  6. Ada pendapat yang mengatakan penambahan cuka dan garam baik untuk mencegah pakaian agar tidak luntur, namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa cuka dan garam dapat merusak warna pakaian karena ada beberapa pewarna pakaian yang tidak tahan terhadap cuka dan garam. Membaca label petunjuk perawatan yang ada disetiap pakaian dan mengikutinya adalah hal yang paling benar.

Demikian cara mencuci pakaian luntur agar tidak luntur, atau setidaknya lunturnya tidak parah. Untuk mencegah pakaian lain terkena luntur, anda harus mencuci secara terpisah pakaian putih, pakaian berwarna cerah dan pakaian berwarna gelap. Walau agak repot, namun cara ini akan mencegah warna pada pakaian anda akan terjaga kecermelangannya.

Namun bagaimana jika pakaian anda sudah terlanjur kena luntur pakaian lain? Wah pasti anda kecewa karena berpikir pakaian tersebut sudah tidak bisa dipakai lagi. Sebetulnya ada banyak cara untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian. Jika anda tidak menyukai menggunakan bahan kimia, anda bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan noda luntur di baju putih anda.

Demikian empat cara untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian yang bisa anda lakukan agar pakaian anda bisa digunakan kembali. Selamat mencoba!

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, luntur, pakaian luntur