Perlu anda ketahui bahwa rok plisket merupakan salah satu jenis rok yang memiliki bahan begitu lembut. Rok ini juga terkesan menampilan sisi kemewahannya ketika dikenakan. Biasanya, rok plisket lebih banyak digunakan oleh wanita berhijab karena sangat cocok ketika menyesuaiakan dengan atasan. Bahkan, tren rok plisket juga sudah  merambah ke dunia para selegram dimana mereka juga menggunakan jenis rok yang satu ini.

ads

Menggunakan rok plisket juga harus diimbangi dengan pemahaman tentang seperti apa cara menyetrikanya. Jangan sampai anda salah menyetrika rok ini yang malah berakibat kualitas kainnya menjadi menurun dan bahkan malah robek. Lalu bagaimana mencucinya? Simak beberapa tips dari kami berikut ini.

1. Jangan gunakan sabun bubuk

Tips pertama yang perlu anda ketahui adalah disarankan untuk tidak menggunakan sabun bubuk. Penggunaan sabun bubuk memang bukan hal yang benar-benar dilarang ketika hendak mencuci rok plisket. Namun, ketika anda menggunakan sabun ini, dikhawatirkan bekas sabun masih menempel di rok anda.

Terkadang meskipun sudah dibersihkan, tetap saja tanpa disadari ada sisa-sisa sabun yang menempel meskipun memang kondisi ini tidak selamanya terjadi. Untuk amannya, anda bisa memilih penggunaan sabun cair. Selain baunya yang lebih harum, penggunaan sabun cair juga akan menghindarkan dari bekas sabun yang menempel.

2. Jangan mengucek terlalu keras

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa rok plisket merupakan jenis rok yang bahannya begitu lembut. Oleh karena itu, anda jangan menguceknya terlalu keras. Lalu bagaimana jika ada noda yang menempel? Anda bisa membersihkannya dengan menguceknya hanya di bagian tersebut. Itu pun anda harus melakukannya dengan hati-hati.

Mengucek dengan terlalu keras tidak menjamin noda bisa cepat hilang dan bersih. Justru hal ini bisa berdampak buruk pada rok plisket anda.

3. Cukup dicelupkan ke air rendaman saja

Tips ketiga yang juga perlu anda perhatikan adalah rok plisket tidak perlu direndam terlalu lama. Bahkan seharusnya anda tidak perlu merendamnya. Yang harus anda lakukan adalah cukup-celupkan saja ke air rendaman yang sudah anda siapkan. Tidak perlu sampai merendamnya terlalu lama dengan maksud kotoran yang ada di kain plisket akan terangkat.

4. Jangan diperas

Karena kain plisket adalah kain yang tipis, maka anda disarankan tidak memerasnya setelah mencucinya. Anda hanya perlu mengibaskan saja setelah mencuci untuk kemudian anda jemur. Alasan mengapa anda dilarang memeras adalah karena nanti kain plisket tersebut malah bisa mengekerut yang akan merusak kulitas rok anda tersebut.

Maka dari itu, pada saat ingin menjemurnya, maka anda hanya perlu mengibaskannya dan jangan sampai anda memerasnya. 

Sponsors Link

5. Jangan dijemur di bawah terik matahari

Cara mencuci rok plisket yang terakhir adalah jangan menjemurnya langsung berada di bawah sinar matahari. Jika pada waktu itu kondisi matahari sedang terik alias panas, maka jemurlah rok plisket di tempat lain. Menjemur langsung di bawah terik matahari hanya akan menurunkan kualitas kain dan warnaya.

Sponsors Link

Posted by · Tags: mencuci rok plisket, rok plisket, tips mencuci rok