Siapa yang tidak mengenal sepatu converse? Converse merupakan salah satu merk sepatu terkenal yang beberapa waktu yang lalu sempat booming dan banyak dipakai, baik oleh pria maupun wanita. Bahkan, anak-anak sekolah pun sempat memakai sepatu ini untuk pergi ke sekolah sampai kemudian pihak sekolah melarang pemakaian sepatu tersebut.

ads

Sepatu converse dijual dengan harga yang mahal sehingga bisa dikatakan bahwa sepatu jenis ini kebanyakan hanya dimiliki oleh mereka yang memiliki tingkat perekonomian yang menengah sampai tinggi, meskipun memang ada banyak produk KW atau produk palsu yang dijual di luar sana dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain dijual dengan harga yang mahal, sepatu converse juga membutuhkan perawatan yang baik dan benar agar tidak sampai merusak kualitas dari sepatu tersebut. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mempelajari tentang bagaimana cara yang benar mencuci sepatu converse yang harus anda perhatikan agar supaya anda tidak sampai salah cuci yang bisa menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.

1. Membersihkan kotoran

Cara pertama yang harus anda lakukan ketika mencuci sepatu converse adalah dengan membersihkan kotoran. Namun sebelum itu, anda harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa jenis kotoran yang terdapat pada sepatu anda tersebut karena tentu saja anda tidak bisa langsung memukul rata dengan mencucinya menggunakan air.

Jika kotoran yang terdapat pada sepatu converse anda berupa debu, maka anda hanya perlu membersihkannya dengan cara menggunakan sikat semir seperti halnya ketika anda membersihkan sepatu pantofel. Akan tetapi, jika ternyata kotoran yang berada di sepatu anda berupa lumpur atau sesuatu yang memiliki tekstur basah, maka anda harus membersihkannya dengan menggunakan lap basah.

Memang, menggunakan lap basah belum tentu bisa sepenuhnya mengembalikan kondisi sepatu anda tersebut menjadi bersih seperti sebelumnya. Maka dari itu, anda perlu mengulanginya beberapa kali sampai nanti anda benar-benar bisa membersihkan sepatu anda tersebut.

Anda juga bisa sesekali menggunakan tangan anda jika memang kotoran tersebut dirasa sulit untuk dihilangkan karena terlalu menempel. Setelah itu, barulah anda membersihkannya menggunakan lap atau kain kering secara perlahan-lahan.

2. Menggunakan sabun tanpa ada pemutih

Menggunakan sabun yang tidak mengandung pemutih menjadi cara kedua yang harus anda lakukan ketika anda ingin mencuci sepatu converse anda. Sabun tanpa pemutih atau yang juga disebut dengan anti bleaching memang sangat dianjurkan ketika anda ingin mencuci sepatu seperti yang telah dijelaskan pada cara mencuci sepatu wakai.

Perlu anda pahami bahwa ketika anda malah menggunakan sabun deterjen untuk mencuci sepatu, maka bisa mengakibatkan sepatu anda tersebut tergerus atau bahkan warnanya menjadi pudar. Maka dari itu, anda perlu menghindari penggunana sabun deterjen ketika anda ingin mencuci sepatu.

Lantas, bagaimana jika ternyata anda tidak bisa menemukan sabun anti bleaching? Tentu anda masih bisa menggunakan cara yang lainnya yakni dengan membeli sabun yang memang khusus untuk mencuci sepatu yang banyak dijual di toko-toko sepatu yang ada di sekitar daerah anda.

3. Menggunakan sikat yang lembut

Sama halnya ketika anda menerapkan cara mencuci sepatu putih, bagi anda yang ingin mencuci dan menyikat sepatu converse, maka kami sarankan agar anda menggunakan sikat lembut yang bisa anda beli di toko sepatu yang ada di sekitar rumah anda.

Bagi anda yang tidak ada waktu untuk membeli sikat sepatu, maka anda bisa menggunakan cara lain yaitu dengan memanfaatkan sikat gigi yang tentu anda bisa membelinya dengan harga yang lebih murah, terlebih lagi anda juga bisa menggunakan sikat gigi bekas.

Sponsors Link

Menggunaka sikat lembut bukan hanya terbukti mampu mengangkat dan menghilangkan kotoran, namun juga terbukti ampuh menjaga tekstur dan bahan pada sepatu converse anda agar supaya kualitasnya tetap terjaga.

4. Segera keringkan

Setelah anda selesai mencuci sepatu anda tersebut, maka langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan mengeringkannya. Meskipun kelihatannya sepele, namun tips yang terakhir ini menjadi salah satu tips yang memiliki peran sentral untuk membuat sepatu anda tidak sampai kualitasnya menurun.

Yang harus anda lakukan adalah jangan menjemur sepatu anda langsung berada di bawah sinar matahari. Kenapa? Karena hal ini malah akan membuat sepatu anda tersebut warnya cepat pudar dan bahkan malah bisa membuatnya malah terlihat kusam.

Sebaliknya, anda harus menjemurnya dengan cara diberdirikan di tempat yang teduh atau juga bisa anda keringkan dengan memanfaatkan kipas angin.

Demikian informasi dari kami mengenai bagaimana cara mencuci sepatu converse. Kami juga menyarankan agar anda mempelajari informasi lainnya yang sudah kami siapkan sebelumnya yaitu cara mencuci baju glitter. Semoga bermanfaat.

 

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci sepatu, mencuci sepatu converse, sepatu, sepatu converse