Meskipun sepatu hanya berfungsi sebagai pelindung kaki, namun tidak sedikit yang menjualnya dengan harga yang sangat mahal. Hal ini karena bahan pembuatan sepatu tersebut juga tidak sembarangan dan anda bisa menggunakannya dalam waktu yang lama.

ads

Ada berbagai macam merk sepatu, mulai dari yang brand-nya terkenal menjual dengan harga terjangkau sampai dengan yang hanya membandol produk sepatunya dengan harga yang mahal. Namun, berapa pun dan apapun merk sepatu anda, tentu harus dirawat baik. Salah satunya adalah dengan mencucinya menggunakan mesin cuci.

Seperti apa cara mencuci sepatu dengan mesin cuci yang tepat? Untuk mengetahui jawaban tersebut, maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami bagikan di bawah ini.

1. Siapkan bahan-bahan

Seperti yang sudah-sudah, hal pertama yang harus anda lakukan sebelum mulai ke proses pencucian adalah dengan menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan. Menyiapkan peralatan ini juga menjadi salah satu faktor yang menentukan apakah sepatu yang anda cuci nanti bisa bersih dan harum secara maksimal atau tidak.

Bahan-bahan yang anda butuhkan antara lain, air secukupnya, spon, sabun cair, dan tentunya sepatu anda.

2. Bersihkan kotoran di sepatu anda

Sebelum anda mulai memasukkan sepatu anda ke mesin cuci, maka yang harus anda lakukan adalah dengan membersihkan kotoran pada sepatu anda terlebih dahulu. Pada dasarnya, kotoran yang paling membandel adalah terletak di bagian bawah atau alas sepatu anda.

Ada berbagai macam kotoran yang menempel, seperti lumpur atau benda-benda lain yang secara tidak sengaja anda injak. Lalu bagaimana cara membersihkannya? Cukup mudah dimana anda tinggal membilas bagian bawah sepatu dengan air dan kemudian anda gosok dengan menggunakan sikat yang sudah anda campur dengan sabun.

Gosok secara perlahan-lahan dan kami sarankan agar anda menggunakan sikat gigi bekas karena ia lebih aman digunakan dibandingkan anda menggunakan sikat gigi untuk pakaian. Gosok semua bagian, termasuk di sela-sela alas sepatu anda. Gosok sampai bersih. Setelah itu, anda tinggal membilasnya sampai benar-benar kotoran hilang.

3. Masukkan ke dalam mesin cuci

Jika dirasa kotoran di bagian bawah sepatu sudah benar-benar bersih, maka barulah anda bisa memasukkan sepatu anda tersebut ke dalam mesin cuci. Namun perlu anda ingat, bahwa proses mencucinya berbeda dengan mencuci baju.

Yang harus anda perhatikan adalah gunakan sabun cair yang memang sudah terpecaya untuk membersihkan sepatu. Anda juga harus mengatur kecepatan mesin cuci anda agar tidak terlalu cepat agar tidak merusak bahannya. Yang tidak kalah penting, jangan mencucinya terlalu lama.

4. Proses penjemuran

Cara mencuci sepatu dengan mesin cuci yang terakhir adalah masuk ke proses penjemuran. Namun sebelum itu, pastikan sepatu anda sudah kinclong. Jika belum, anda bisa membersihkannya lagi dengan sikat tipis jika memang masih ada kotoran atau noda yang belum hilang.

Anda bisa menjemur sepatu langsung di bawah sinar matahari namun jangan terlalu lama. Jika sudah kering, maka langsung angkat agar tidak merusak bahan sepatu anda tersebut.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci sepatu, mencuci sepatu, mesin cuci