Bagi anda yang saat ini hobi traveller, tentu tidak asing lagi dengan sleeping bag, khususnya bagi anda para backpacker yang sering menjelajahi daerah maupun suatu negara dengan mengeluarkan biaya yang tidak terlalu mahal.

ads

Salah satu cara menanggulangi biaya yang mahal ketika berkeliling adalah dengan memanfaatkan sleeping bag. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, penggunaan sleeping bag juga harus diperhatikan dan karena itulah kami ingin memberikan penjelasan kepada anda mengenai bagaimana cara mencuci sleeping bag yang baik dan benar.

1. Siapkan bak besar atau bathtub

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan bathtub maupun juga bak besar yang nantinya akan berfungsi sebagai tempat merendam sleeping bag anda.

Setelah anda menyiapkannya, maka kemudian anda harus mulai mengisinya dengan air hangat atau juga bisa menggunakan air biasa alias air kran sampai penuh.

2. Masukkan sleeping bag

Setelah anda sudah selesai mengisi bathtub, maka mulailah anda memasukkan sleeping bag secara perlahan-lahan dan pastikan bahwa anda sudah merendam seluruh bagian pada sleeping anda tersebut.

Jangan sampai ada satu bagian pun yang tidak terendam karena nanti malah bisa mempengaruhi kebersihan sleeping bag anda. Dan jika sleeping bag anda dilengkapi dengan kancing atau resleting, maka anda harus melepasnnya. Hal ini bertujuan agar air dapat masuk ke dalam dan meresap.

3. Rendam sampai 30 menit

Perlu anda ketahui bahwa proses perendaman sleeping bag membutuhkan waktu yang lumayan lama karena memang kain sleeping bag itu sendiri terkenal tebal. Adapun waktu yang anda butuhkan adalah kurang lebih 30 menit.

Tujuan perendaman ini adalah agar supaya kotoran yang menempel bisa terangkat ke atas sehingga anda tidak mengalami kesulitan ketika harus mencucinya. Kotoran yang terangkat ditandai dengan kondisi air yang keruh atau bahkan anda memang melihat kotoran yang berada di permukaan air rendaman.

4. Ganti dengan air baru dan rendam lagi

Setelah anda merasa bahwasanya kotoran yang ada pada sleeping bag sudah terangkat, maka anda harus segera membuang air kotor tersebut dan kemudian anda ganti dengan air yang baru. 

Sponsors Link

Tentu anda sudah tahu bahwasanya tujuan mengganti air yang sudah keruh dengan air bersih adalah untuk membuang kotoran. Setelah itu, barulah anda mulai memasukkan detergen secukupnya. Kami lebih menyarankan agar anda memasukkan detergen cair dibandingkan dengan harus menggunakan detergen bubuk.

Alasannya adalah jika anda menggunakan detergen bubuk, dikhawatirkan nanti ada sisa-sisa detergen yang masih menempel pada sleeping bag jika anda tidak membersihkannya dengan benar dan teliti.

5. Kucek sampai berbusa

Ketika anda mengucek sleeping bag, pastikan anda menguceknya sampai berbusa karena busa ini nantinya akan membuat noda atau kotoran yang masih menempel pada sleeping bag akan secara otomatis terangkat.

Selain itu, anda juga tidak perlu menguceknya terlalu keras atau kasar karena dikhawatirkan malah bisa merusak bahan atau kain dari sleeping bag anda tersebut.

6. Bilas sampai bersih

Setelah anda merasa bahwa noda dan kotoran semuanya sudah terangkat, maka barulah anda mulai membilasnya dengan air bersih. Pastikan bahwasanya anda telah membilas seluruh bagian sleeping bag agar supaya kotoran yang ada pada busa juga akan mengalir bersamaan dengan air yang anda siramkan.

Kemudian, mulailah untuk memeras agar supaya airnya keluar. Jangan mengeluarkan air pada sleeping bag dengan cara dipelintir karena dikhawatirkan dapat merusak bahan.

Itulah penjelasan kami mengenai bagaimana cara mencuci sleeping bag. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci tas, mencuci tas, tas sleeping bag