Tas yang setiap hari digunakan tentu semakin lama akan membuat tas tersebut menjadi kotor dan bahkan menjadi sarang penyebaran kuman dan bakteri. Jika anda tidak segera merawat tas anda tersebut, maka malah akan membuat warnanya menjadi luntur sehingga akan membuatnya menjadi tidak menarik.

ads

Khusus tas sekolah, memang ia dibuat dari berbagai macam bahan. Ada yang dibuat dari kain, plastik, sampai juga ada beberapa tas yang dibuat dari kulit meskipun memang jarang digunakan.

Jika anda tidak ingin tas anda tersebut kotor dan menjadi sarang penyakit, maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan kami kali ini karena akan sangat bermanfaat bagi anda yang hendak mencuci tas sekolah anda atau mungkin buah hati anda bagi anda yang sudah memiliki anak.

1. Membaca label peringatan

Langkah awal yang harus anda lakukan sebelum anda mencuci tas sekolah adalah dengan membaca label peringatan yang sudah ada pada tas tersebut. Perlu anda tahu bahwa tidak semua tas bisa dicuci dengan cara atau menggunakan detergen yang sama. Ada beberapa tas yang memerlukan detergen khusus ketika mencucinya.

Oleh sebab itulah, penting bagi anda untuk memperhatikan informasi yang sudah tersedia pada label tas tersebut sehingga kemudian anda bisa tahu apa yang akan anda lakukan selanjutnya. Biasanya, tas yang berharga mahal menggunakan detergen cair pada saat mencucinya karena hal ini akan tetap menjaga warna dari tas tersebut.

Hal ini juga senada seperti yang terdapat pada cara mencuci jas dan juga cara mencuci jaket parasut dimana anda harus memperhatikan jenis detergen yang akan anda gunakan.

2. Rendam di air hangat

Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah dengan merendam tas sekolah tersebut di air hangat. Memang, ada beberapa tas yang tidak perlu membutuhkan air hangat ketika anda ingin merendamnya karena pada dasarnya yang anda lakukan adalah sama ketika anda merendam pakaian pada umumnya.

Akan tetapi, jika anda memiliki tas dengan harga yang cukup mahal dan atau memang tas anda dibuat dari bahan yang memerlukan perawatan khusus, maka pada saat anda merendamnya, gunakan air hangat.

Alasan mengapa anda harus merendam tas tersebut di air hangat adalah karena akan lebih mudah pada saat anda ingin mengangkat kotoran dan juga noda yang menempel yang tidak cukup hanya dikucek dan langsung dibilas.

Agar supaya and bisa lebih leluasa ketika merendamnya, maka yang harus anda lakukan adalah dengan merendam tas anda di bak besar.

3. Jangan menggunakan mesin cuci

Berbeda dengan cara mencuci ala laundry, mencuci tas sekolah dianjurkan untuk tidak menggunakan mesin cuci dan sebaiknya anda mencucinya dengan menggunakan tangan anda sendiri. 

Jika anda mencuci menggunakan tangan anda, maka tentu hasilnya akan terasa lebih maksimal karena anda bisa lebih menjangkau seluruh bagian tas yang mungkin banyak noda atau kotoran yang menempel di sana yang tidak bisa dijangkau ketika anda mencucinya menggunakan mesin cuci.

Anda juga bisa menggosok tas sekolah tersebut dengan menggunakan sikat. Akan tetapi, anda juga harus memperhatikan jangan sampai gosokan anda tersebut terlalu kuat yang nantinya malah akan membuat tas anda menjadi robek atau mungkin warna dan juga gambar yang ada pada tas anda menjadi luntur.

Sponsors Link

4. Bilas dengan air baru

Setelah anda selesai mencuci tas dan juga anda sudah memastikan bahwa anda telah menjangkau seluruh bagian tas yang dikhawtatirkan masih ada noda dan kotoran, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan membilasnya menggunakan air baru.

Anda bisa menggunakan air yang hangat lagi atau juga bisa menggunakan air yang dingin. Alasan mengapa anda harus mengunakan air yang baru agar supaya noda dan kotoran yang sebelumnya sudah terangkat bisa ikut mengalir bersamaan dengan air baru yang anda bilaskan ke tas.

5. Anda harus mengeringkannya di tempat terbuka

Cara mencuci tas sekolah yang terakhir adalah anda harus mengeringkannya di tempat terbuka. Disarankan juga agar supaya anda mengeringkan dengan cara menggantung dan juga anda harus memastikan bahwa semua kantung pada tas anda sudah dalam posisi terbuka.

Dan anda juga harus memastikan bahwa tas tersebut sudah benar-benar dalam kondisi kering baru bisa anda angkat dan simpan atau anda gunakan kembali.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, cara mencuci tas, mencuci tas sekolah