Cara mengatasi baju agar tidak luntur merupakan bagian dari perawatan penting pakaian kesayangan Anda. Semua orang tentunya selalu ingin tampil maksimal dengan pakaian yang tak hanya bersih dan nyaman dikenakan tapi juga enak dipandang mata. Setiap orang pasti memiliki pakaian kesayangan yang sering dikenakan namun sayangnya masalah baju yang pudar, kelunturan, bahan kain yang melar ataupun robek menjadi masalah tersendiri yang harus dihadapi.

ads

Artikel Terkait:

Cara Mengatasi Baju Agar Tidak Luntur

Oleh karena itu mengetahui bagaimana merawat pakaian yang tepat juga penting. Berikut adalah beberapa tips perawatan tentang cara mengatasi baju luntur dan bisa dikenakan dalam jangka waktu yang lama.

Cara Mencuci

Cara mencuci baju agar tidak luntur adalah langkah awal perawatan pada pakaian dan berikut adalah langkah-langkah cara mencuci baju yang tepat.

  • Pilah dan kelompokkan jenis baju sesuai warnanya dengan begitu risiko kelunturan akan berkurang, menggabungkan pakaian merupakan salah satu penyebab pakaian luntur.
  • Gunakan suhu air yang tepat karena suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan warna pakaian cepat memudar.
  • Pemilihan detergen yang tepat juga penting, gunakan detergen khusus baju berwarna untuk pakaian berwarna dan hanya gunakan detergen khusus pakaian putih untuk pakaian berwarna putih.
  • Hindari penggunaan cairan pemutih pakaian berlebihan dan terlalu sering, hal yang sama untuk cairan penghilang noda pada pakaian berwarna. Ini merupakan salah satu cara mengembalikan warna pakaian yang kusam.
  • Jangan menjemur pakaian dalam keadaan basah karena tetesan air berlebihan dapat menyebabkan pakaian pudar.
  • Jangan juga menjemur pakaian di bawah sinar matahari langsung karena sinar matahari merupakan masalah utama penyebab pakaian pudar dan luntur.

Cara Menyetrika

Tak hanya cara mencuci, Anda juga harus tahu cara menyetrika yang benar karena ternyata proses ini kalau salah juga dapat menyebabkan pakaian menjadi cepat pudar dan luntur.

  • Pelajari cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu milik Anda karena walaupun pada dasarnya semua setrika listrik otomatis sama namun tentunya setiap jenis setrika listrik memiliki keunikannya masing-masing.
  • Selalu perhatikan label setiap pakaian karena ini penting untuk menentukan suhu yang tepat untuk menyetrika pakaian karena beberapa jenis pakaian yang tidak tahan terhadap suhu tinggi akan lebih cepat memudar jika terkena setrika dengan suhu tinggi.
  • Untuk jenis pakaian dengan sablon sebaiknya menyetrika dari bagian dalam pakaian jika tidak ingin sablon pada pakaian rusak atau juga bisa dilapis menggunakan kain bersih.

Cara Menyimpan

Ternyata cara Anda menyimpan pakaian juga berpengaruh pada kualitas pakaian dan berikut adalah cara menyimpan pakaian yang tepat.

  • Sebaiknya kelompokkan bagian-bagian lemari Anda sesuai dengan kebutuhan pakaian, misalnya pakaian untuk kerja tidak boleh disatukan dengan pakaian yang digunakan sehari-hari.
  • Setelah itu kelompokkan berdasarkan jenis bahan pakaian karena pakaian wol yang bercampur dengan baju katun juga dapat merusak baju katun karena bahan wol sangat mudah lepas dan menempel di baju katun.
  • Rekomendasi terbaik untuk menyimpan baju adalah dengan cara digantung dan bukannya dilipat.
  • Selalu pastikan semua baju yang dimasukkan di dalam lemari sudah dalam keadaan kering sempurna karena pakaian lembab hanya akan mengundang jamur, bakteri bahkan ngengat.

Artikel terkait:

Jika Anda memiliki baju kesayangan namun juga tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk merawatnya lewat jasa laundry, cara mencuci ala laundry ataupun cara menyetrika seperti laundry bisa Anda pelajari karena ternyata semua itu mungkin saja dilakukan di rumah sehingga lebih praktis serta ekonomis tentunya. Lagipula Anda tidak memerlukan jenis setrika untuk laundry karena dengan jenis setrika listrik yang Anda miliki di rumah juga bisa menghasilkan hasil cucian atau setrikaan seperti baru keluar dari laundry.

Sponsors Link

Posted by · Tags: agar tidak luntur, baju luntur, luntur, perawatan baju