Cara mengatasi baju luntur tergantung pada jenis kelunturannya dan ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Kebanyakan orang pasti langsung panik atau langsung menyerah ketika melihat baju kesayangan mereka luntur. Sayangnya tidak banyak orang tahu bahwa penyebab baju kelunturan adalah kesalahan ketika pencucian, oleh karena itu jika Anda mengetahui penyebabnya hal seperti ini tidak akan terjadi.

ads

Artikel terkait:

Penyebab Baju Luntur

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan baju luntur dan berikut adalah penyebab yang paling banyak dan sering terjadi tapi tidak disadari oleh kebanyakan orang.

  • Beberapa bahan baju memang mudah luntur oleh karena itu penting untuk membaca label setiap pakaian sebelum mencucinya. Pisahkan baju yang memang mudah luntur dan cuci secara tersendiri.
  • Bahkan baju yang bahannya tidak mudah lunturpun harus dipisahkan pencuciannya antara yang berwarna putih dan pakaian berwarna fungsinya adalah memperkecil kemungkinan baju putih terkena lunturan.
  • Proses perendaman yang terlalu lama juga dapat menyebabkan pakaian berwarna menjadi luntur dan lama kelamaan warnanya pun memudar.
  • Suhu air yang tidak tepat juga dapat menyebabkan pakaian berwarna menjadi luntur. Suhu air yang terlalu panas bisa menyebabkan serat kait mengembang dan akhirnya menyebabkan warna luntur.
  • Penggunaan produk penghilang noda secara berlebihan juga dapat menyebabkan kelunturan. Selain itu pemilihan produk penghilang noda yang salah juga menjadi penyebab utama kelunturann. Oleh karena pilih produk penghilang noda yang sesuai dengan warna baju, jika ingin warna putih cemerlang guanakan produk pemutih tapi untuk warna cemerlang gunakan penghilang noda khusus pakaian berwarna.
  • Proses penjemuran yang bertumpuk juga dapat menyebabkan baju kelunturan. Ada beberapa jenis jemuran yang sifatnya bertumpuk, tetesan air dari pakaian yang di atasnya bisa saja menyebabkan kelunturan pada pakaian yang dibawahnya. Hal ini biasanya disebabkan oleh proses pengeringan yang kurang sempurna.

Artikel Terkait:

Cara Mengatasi Baju Luntur

Mencegah baju dari kelunturan memang lebih baik tapi jika sudah terlanjur terjadi maka tentunya Anda akan mencari cara bagaimana mengatasi baju yang luntur apalagi jika baju tersebut adalah baju kesayangan Anda.

  • Perlu Anda ingat bahwa jika baju kelunturan maka jangan tunggu lama-lama segera atasi kelunturannya karena semakin lama akan semakin sulit menghilangkannya.
  • Jika yang kelunturan adalah baju putih maka ada banyak produk pemutih yang bisa Anda manfaatkan baik produk kimia maupun produk alami seperti penggunaan jeruk nipis dan baking soda yang memang terbukti efektif menghilangkan noda pada pakaian putih.
  • Sementara yang jika mengalami kelunturan adalah pakaian berwarna maka ada juga produk penghilang noda khusus pakaian bewarna.
  • Untuk membantu proses penghilangan luntur lebih cepat boleh menggunakan air dengan suhu yang hangat namun jangan juga direndam terlalu lama karena justru dapat merusak serat kain dan menyebabkan kelunturan baru.
  • Jika noda sudah bersih, cuci segera dengan detergen sesuai jenis warna pakaian. Jika warna putih maka gunakan detergen khusus untuk warna putih tapi jika pakaian berwarna gunakan detegen yang diformulasikan khusus untuk pakaian berwarna.

Artikel terkait:

Kunci utama cara mengatasi baju luntur adalah tidak boleh panik dan menyerah. Selain itu juga tunggu terlalu lama, segera atasi kelunturan maka kemungkinan pakaian Anda kembali seperti semua juga lebih besar. Intinya jangan malas untuk melihat label baju yang Anda miliki karena setiap baju yang memiliki label tentunya memiliki tujuannya sendiri terutama jika pakaian tersebut adalah pakaian kesayangan Anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: baju luntur, cara mencuci, merawat pakaian