Kita tahu bahwa ada banyak keunggulan setrika uap yang tidak dimiliki jenis setrika yang lain. Meskipun harganya lebih mahal, namun setrika uap tetap menjadi salah satu pilihan ibu rumah tangga ketika mereka ingin menyetrika bajunya maupun keluarganya.

ads

Ada banyak setrika uap yang dijual dengan berbagai macam merk dan harga. Namun, salah satu hal penting yang harus anda perhatikan adalah perawatan setrika uap anda. Setrika uap merk apapun yang tidak dirawat dengan baik malah tetap membuat setrika tersebut mengalami masalah.

Maka dari itu, anda harus mempelajari cara menggunakan setrika uap yang benar. Salah satunya adalah dengan membersihkan bagian tabungnya. Tabung inilah yang biasanya menjadi tempat uap macet. Ketika setrika uap macet, maka segeralah memperbaikinya agar kerusakan tidak semakin parah.

Berikut ini cara-cara yang harus anda lakukan:

1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum mulai memperbaiki setrika yang macet adalah dengan menyiapkan perlengkapan yang ada. Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan tersebut antara lain kain basah, tissue atau bisa menggunakan kain kering, sabun cair, dan lain sebagainya.

Bahan-bahan yang anda siapkan tersebut merupakan bahan yang dibutuhkan untuk membuat setrika anda yang mampet menjadi kembali bisa digunakan.

2. Proses pembersihan

Setelah anda menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, maka di bawah ini langkah-langkah pembersihan yang harus anda lakukan.

  • Ambil kain basah dan kemudian anda celupkan ke dalam air. Setelah itu, anda peras lalu anda mulai mengelap setrika anda untuk menghilangkan kotoran atau noda yang masih menempel. Jika ternyata terdapat noda masih membandel, maka yang harus anda lakukan adalah membersihkannya dengan deterjen cair menggunakan spons.
  • Kemudian, anda buka penutup tabung pada setrika uap dan kemudian anda isi dengan air bersih. Tutup kembali.
  • Setelah itu, anda kocok secara perlahan-lahan dan kemudian anda buka kembali tutup tabung dan anda harus membuang airnya.
  • Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memasukkan air bersih yang sudah anda campur dengan sabun cair. Ingat, anda disarankan menggunakan sabun cair yang memiliki formula lembut.
  • Anda ambil kain bersih dan juga tusuk sate lalu anda bersihkan tabung bagian dalam menggunakan kain bersih dan juga tusuk sate.
  • Setelah anda keluarkan dan melihat bahwa kain yang anda masukkan tersebut kotor, maka yang harus anda lakukan yaitu mengulanginya sebanyak beberapa kali. Sampai kain tersebut tidak kotor.
  • Anda juga harus memastikan bahwa tidak sampai ada sabun yang masih tersisa yang dikhawatirkan malah menyebabkan kerusakan pada setrika uap anda.
  • Kemudian, anda tinggal memasukkan air bersih ke tabung uap dan setelah itu anda nyalakan setrika uap anda.
  • Untuk mengetesnya, anda bisa menyetrika di selembar kain yang berwarna putih. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah uap benar-benar bersih dan tidak mampet. Jika tidak muncul kotoran dan uap bisa keluar dengan lancar, maka berarti permasalahan tersebut berhasil anda selesaikan.

Demikian informasi tentang cara mengatasi setrika uap mampet. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mengatasi setrika, mengatasi setrika uap, setrika uap mampet