Cara mengatur suhu setrika Maspion tidaklah sulit sama saja seperti ketika Anda menggunakan setrika listrik otomatis pada umumnya. Fungsi utama setrika listrik adalah untuk meluruskan serat-serat kain yang kusut sehingga teknologi dan cara kerja setrika listrik awalnya hanya fokus pada bagaimana lempeng pengantar panas setrika mampu untuk meluruskan serat-serat yang kusut pada kain. Namun seiring dengan perkembangannya terdapat banyak sekali jenis setrika listrik dan salah satunya adalah setrika listrik yang dilengkapi dengan pengatur suhu. Salah satu merek yang cukup terkenal di Indonesia adalah Maspion karena merek ini merupakan merek dalam negeri dan memang menjadi favorit karena selain ada banyak jenis setrika listrik Maspion, kualitasnya dijamin dan harganyapun relatif terjangkau.

ads

Cara Kerja dan Cara Mengatur Suhu Setrika Maspion

Sebelum Anda mencari tahu cara mengatur suhunya ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu. Setrika listrik dengan pengatur suhu dilengkapi dengan teknologi bimetal yang secara umum mengatur suhu setrika Anda secara otomatis. Ketika setrika sudah mencapai suhu tertinggi maka otomatis setrika akan menurunkan suhunya dan begitu juga sebaliknya ketika setrika sudah mencapai suhu terendah maka secara otomatis setrika secara bertahap juga akan mulai menaikkan suhunya. Istilah lain untuk teknologi ini adalah termodinamika. Cara kerja setrika termodinamika memberikan banyak sekali keuntungan bagi para pengguna setrika listrik dan berikut adalah keunggulan setrika Maspion dengan pengatur suhu:

  • Setrika menjadi tidak cepat rusak karena salah satu penyebab kerusakan setrika adalah ketika pengatur suhu setrika rusak atau tidak berfungsi dengan baik yang menyebabkan suhu setrika terus naik tidak terkontrol dan ketika suhu menjadi terlalu panas sangat berbahaya untuk komponen setrika yang lain.
  • Pada setrika Maspion, pengatur suhunya bisa juga diatur secara manual. Prinsip ini memungkinkan Anda mengatur suhu setrika kapanpun Anda mau karena memang beberapa jenis pakaian tidak bisa disetrika dengan suhu tinggi namun ada juga jenis pakaian yang membutuhkan suhu tinggi agar bisa licin.
  • Tidak mudah memang mempelajari cara menyetrika yang benar namun dengan adanya pengatur suhu pada setrikaan menjadi memudahkan proses menyetrika.

Cara Mengatur Suhu Setrika Maspion

Seperti dikatakan di atas cara mengatur suhu setrika Maspion tidaklah sulit dan sama dengan mengatur setrika dengan pengatur suhu pada umumnya.

  • Perhatikan tombol berbentuk bulat yang letaknya di bawah gagang setrika.
  • Tombol tersebut bisa digeser, biasanya bahkan dilengkapi dengan rekomendasi jenis bahan yang akan disetrika. Sebagai contoh, cara menyetrika bahan linen dibutuhkan suhu yang cukup tinggi, tinggal atur suhu sesuai rekomendasi yang ada maka otomatis suhu akan naik.
  • Begitu juga ketika Anda ingin menyetrika bahan pakaian yang tidak memerlukan suhu tinggi, seperti cara menyetrika bahan satin cukup atur suhu setrika pada suhu rendah maka otomatis suhunya akan turun secara bertahap.
  • Tapi jangan lupa ketika suhu sudah terlalu rendah maka sebaiknya kembalikan ke pengaturan otomatis agar suhu setrika perlahan akan naik.

Artikel Terkait:

Satu hal penting yang wajib Anda ketahui ketika menyetrika dengan setrika yang memiliki sistem pengatur suhu baik secara otomatis ataupun manual adalah sangat hemat listrik. Semakin tinggi suhu setrika maka semakin besar juga watt yang dibutuhkan dan dengan prinsip ini ada kalanya suhu setrika turun dan watt listrik dapat dihemat. Walaupun ada banyak sekali jenis setrika listrik low watt tapi tetap saja jika Anda bisa menghemat listrik lebih banyak maka ada baiknya pilih setrika listrik dengan sistem pengatur suhu yang bisa diatur pada mode otomatis ataupun manual.

Sponsors Link

Posted by · Tags: Maspion, otomatis, pengatur suhu, setrika listrik