Cara mengembalikan warna pakaian yang kusam memang tidak mudah karena jika pakaian sudah kusam kemungkinan untuk membuatnya seperti baru lagi memang nyaris mustahil. Walaupun memang banyak iklan di televise yang mengatakan bahwa produk tertentu dapat membuat pakaian terlihat seperti baru. Yang benar adalah produk-produk tersebut hanya membantu untuk mempertahankan warna pakaian dan menghilangkan  noda-noda yang mungkin membuatnya terlihat kusam. Namun demikian tidak ada salahnya mencari tahu penyebab pakaian menjadi terlihat kusam.

ads

Artikel terkait:

Penyebab Warna Pakaian Terlihat Kusam

Tentunya semua orang memiliki jenis pakaian favorit atau pakaian kesayangan. Kalau bisa mereka akan mengenakan pakaian tersebut secara terus menerus sampai bosan dan tahukan Anda bahwa mengenakannya terus menerus tanpa merawatnya dengan benar juga merupakan salah satu faktor penyebab pakaian terlihat kusam. Selain itu daftar di bawah ini akan menjelaskan hal-hal apa saja yang menjadi penyebab warna pakaian terlihat kusam.

  • Penyebab utama warna kusam adalah pemilhan detergen yang salam. Untuk pakaian berwarna pilihlah jenis detegen khusus untuk menjaga warna pakain berwarna.
  • Proses perendaman yang terlalu lama juga dapat menyebabkan warna terlihat kusam karena warna bisa pudar ketika direndam terlalu lama.
  • Ketika menjemur pakaian dilakukan di bawah matahari langsung. Sinar matahari juga merupakan penyebab utama pakaian terlihat kusam.
  • Noda yang tidak dihilangkan secara sempurna bisa membuat pakaian terlihat kusam.
  • Proses menyetrika yang salah juga dapat membuat pakaian terlihat kusam. Ada cara merawat pakaian tidak kusam yang harus Anda pelajari.
  • Menyimpan baju terlalu lama di dalam lemari juga dapat menyebabkan debu menempel dan akhirnya membuat pakaian berwarna menjadi terlihat kusam belum lagi baunya yang apek.

Artikel terkait:

Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Kusam

Ada tiga tahap yang bisa Anda tempuh untuk memastikan pakaian Anda bisa kembali cemerlang warnanya.

  1. Proses Pencucian

Dalam proses pencucian perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Atur suhu air dengan benar sehingga pakaian tidak cepat pudar.
  • Gunakan detergen yang khusus untuk membuat pakaian tetap cemerlang
  • Pilih cairan penghilang noda khusus pakaian berwarna agar membuat pakaian yang tadinya terlihat kusam menjadi terlihat lebih bersih dan cemerlang.
  • Jangan rendam pakaian terlalu lama.
  • Pastikan proses pengeringan sempurna agar air tidak menetes sehingga membuat warna menjadi luntur ketika proses penjemuran.
  • Jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung, kalaupun tidak ada pilihan pakaian harus dibalik untuk menjaga warna tetap cemerlang.
  1. Proses Menyetrika

Dalam proses menyetrikapun ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda:

  • Cara menyetrika agar pakaian tidak pudar adalah dengan memastikan setrika listrik otomatis Anda diatur pada suhu yang tepat. Suhu yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan pakaian pudar warnanya.
  • Jika ingin menggunakan pelembut dan parfum setrika pastikan cairannya tidak akan meninggalkan bercak pada bahan pakaian.
  • Untuk memasitkan warna tetap cemerlang, boleh menyetrika dari bagian dalamnya sehingga permukaan pakaian tetap terjaga warnanya.
  1. Proses Penyimpanan

Dalam menyimpan pakaian juga terdapat beberapa hal yang yang harus diperhatikan:

  • Selalu kelompokkan pakaian sesuai dengan jenis bahannya. Jangan gabungkan pakaian katun dengan pakian wol karena benang-benang wol gampang lepas dan menempel di baju katun sehingga menyebabkan warnanya menjadi kusam.
  • Jika pakaian sudah lama tidak digunakan tidak ada salahnya untuk dikeluarkan dari lemari pakaian untuk diangin-anginkan karena pakaian yang berdebu dapat menyebabkan pakaian bernoda dan terlihat kusam.
  • Perhatian jenis pakaian yang Anda miliki ada jenis pakaian yang boleh dilipat tapi ada juga jenis pakaian yang sebaiknya digantung ketika disimpan.

Artikel Terkait:

Secara singkat memang tidak ada cara instant untuk membuat pakaian yang warnanya kusam kembali cemerlang tapi jika Anda memiliki pakaian yang favorit dan ingin pakaian tersebut selalu terlihat cemerlang maka Anda tahu cara merawatnya dengan baik. Tak hanya cara mencucinya, cara menyetrika yang benar juga harus Anda kuasai karena seperti yang sudah dikatakan di atas, suhu setrika yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan warna pakaian menjadi kusam.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, cara menyetrika, cara merawat, pakaian kusam, pakaian pudar