Sepatu berfungsi sebagai alat pelindung kaki, berbagai macam jenis dan model sepatu diproduksi untuk memenuhi kebutuhan manusia sesuai dengan kegiatannya masing-masing. Seiring berjalannya waktu, sepatu tidak hanya berfungsi sebagai alat pelindung kaki saja, sekarang sepatu juga mempunyai fungsi fashion bagi penggunanya. Busana yang indah jika tidak dipadukan dengan sepatu yang cocok hasilnya bisa menjadi bencana.

ads

Dari berbagai jenis sepatu, sepatu kulit merupakan jenis sepatu yang banyak digemari oleh semua kalangan karena selain awet juga terlihat eksklusif, namun tentu saja hal ini berbanding lurus dengan harganya yang mahal. Nah bagi anda yang mempunyai sepatu kulit nan mahal namun warna sepatunya sudah pudar, apa harus dibuang? Wah jangan dulu! ada cara yang jitu agar warna sepatu kulit anda kembali cemerlang, bahkan jika ingin ganti warnapun bisa lho. Mau tahu caranya?

Yuk kita intip apa saja yang harus disiapkan dan bagaimana langkah-langkahnya:

Bahan yang harus disiapkan:

  • Cat khusus untuk kulit sepatu (banyak tersedia di toko-toko online, harga perbotol kira-kira 60 ribu, bisa untuk 5-6 sepatu).
  • Perekat cat polit ( berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa cat terdahulu, sehingga cat baru akan meresap ke dalam pori-pori kulit sepatu. Perekat cat polit dijual di toko-toko online dengan harga kira-kira 25 ribu per botol, cukup untuk 5-6 sepatu)
  • Kain lap atau koas atau spon
  • Sarung tangan
  • Alas koran atau plastik
  • Solasi atau lakban

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Cuci sepatu kulit yang akan dicat hingga bersih.
  2. Siapkan alas koran atau plastik agar cat tidak mengotori lantai, gunakan sarung tangan agar tangan anda tetap bersih.
  3. Tutup bagian yang tidak akan dicat ulang dengan menggunakan solasi atau lakban.
  4. Jika sepatu kulit anda sudah retak, lebih baik gunakan ampelas no 0 terlebih dahulu agar permukaan sepatu menjadi rata dan halus sehingga cat mudah menyerap dengan rata.
  5. Sekarang saatnya anda mengoles sepatu kulit dengan perekat cat polit, oleskan perekat cat polit secara merata pada permukaan sepatu kulit dengan menggunakan kain lap, koas atau spon.
  6. Setelah merata, diamkan selama 2 menit.
  7. Sekarang sepatu kulit siap untuk di cat ulang. Anda bisa mengecat sepatu kulit anda dengan menggunakan lap, koas atau spon tergantung kenyamanan anda. Cat sepatu secara merata dan diamkan hingga kering. Jangan dijemur karena akan merusak warna sepatunya.
  8. Anda bisa mengeringkannya selama 20 hingga 60 menit, jika sudah kering anda tinggal mengelapnya dengan lap kering dan bersih.
  9. Jika anda ingin tampilan lebih mengilap anda bisa mengolesnya dengan leather sheen.

Demikian langkah-langkah cara mengembalikan warna sepatu kulit yang pudar. Dengan cara ini sepatu kulit anda yang sudah bladus bisa kembali baru tanpa harus keluar uang untuk membeli sepatu kulit yang baru.

Bagaimana? Masih malas merawat sepatu kulit anda? Tentu tidak ya setelah melihat tips dari kami yang praktis dan mudah untuk diikuti. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk terus merawat sepatu kulit anda agar senantias bersih dan kinclong.

Sponsors Link

Posted by · Tags: sepatu, sepatu kulit, sepatu kulit yang pudar