Cara mengganti kabel setrika ternyata relatif sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan ibu rumah tangga dan remaja putri sekalipun. Setrika adalah barang yang cukup penting karena biasanya digunakan hampir setiap hari sehingga ketika setrika rusak maka yang susah tidak hanya sang ibu yang biasa menyetrika tapi juga semua penghuni rumah yang memerlukan pakaian yang rapi. Oleh karena itu penting bagi siapa saja yang menggunakan setrika sebagai bagian dari kehidupan mereka sehari-hari untuk memepelajari carai mengganti kabel setrika yang sudah rusak dengan kabel yang baru.

ads

Artikel terkait:

Penyebab Kabel Setrika Rusak

Penyebabnya bisa macam-macam karena penggunaannya yang kurang hati-hati sehingga kabel setrika putus tapi bisa juga karena memang sudah dimakan usia karena kabel setrikaan memang cukup rentan apalagi ketika sudah melingakar-lingkar karena penggunaannya yang kurang hati-hati, kabel akan keluar dari anyaman tali yang melindungi kabel dan kalau sudah keluar pelindung kabel yang terbuat dari plastik jadi mudah robek dan memperlihatkan serat kabel yang tentunya sangat berbahaya jika terpegang. Solusi jangka pendeknya adalah dengan cara menutup kabel yang terbuka dengan isolasi tapi untuk apa solusi jangka pendek jika ada solusi jangka panjangnya yaitu kabel yang sudah rusak diganti dengan kabel yang baru.

Artikel Terkait:

Sponsors Link

Cara Praktis Mengganti Kabel Setrika

Perlu diketahui bahwa ada setrika yang menggunakan tiga kabel ada juga setrika yang menggunakan hanya dua kabel. Untuk lebih jelasnya pembahasan akan difokuskan pada setrika yang menggunakan tiga kabel terlebih dahulu baru kemudian setrika yang menggunakan dua kabel.

  1. Pertama adalah membuka sekrup-sekrup yang ada di body unit setrika fungsinya selain kamu bisa mengganti kabelnya juga mencari tahu apakah setrika menggunakan tiga kabel atau dua kabel. Hal ini bisa dilihat di bagian belakang/tumit setrikaan. (Baca Juga: Kabel Setrika Terbakar)
  2. Kedua tentunya membeli kabel setrikaan yang cocok dan saat ini sudah banyak dijual di toko-toko peralatan listrik dan harganya pun relatif terjangkau dan tentunya lebih murah dibandingkan harus mengirim setrikaan ke tukang reparasi.
  3. Ketiga, yang harus dilakukan kemudian adalah melepas kabel-kabel lama yang sudah rusak dengan cara melepas skrup-skrup yang menempel pada setrika, biasanya berwarna emas dan bentuknya bulat. (Baca Juga: Jenis-jenis Mesin Setrika)
  4. Keempat, setelah semua skrup dan kabel sudah terlepas secara sempurna dari body setrikaan saatnya mempersiapkan kabel yang baru dipasang.
  5. Kelima, perhatikan setiap kabel yang ada yang tentunya memiliki warna yang berbeda-beda namun pasti ada satu kabel yang warnanya ada dua, itu adalah kabel arde atau disebut juga dengan kabel tahanan yang memiliki fungsi sangat penting yaitu menjaga setrika agar tidak konslet dan saat digunakan tidak akan menyetrum. Kabel arde ini harus dipasang di tengah-tengah dan dua kabel sisanya dipasang di kiri kanan, pilihan warnanya terserah. Dan pergantian kabel setrikaanpun selesai.

Artikel terkait:

Lalu bagaimana dengan setrika yang hanya memiliki dua kabel? Justru jauh lebih mudah, yaitu kamu tinggal membeli kabel pengganti yang memiliki dua kabel saja dan lakukan seperti langkah di atas hanya saja tidak ada fungsi kabel arde jadi untuk pemasangannya pilihan warnanya terserah Anda. Lalu bagaimana kalau tidak ada kabel dengan dua cabang? Kalau yang ada hanya kabel tiga, juga tidak masalah, kabel tiga juga bisa dipasangkan pada setrika dengan kabel dua hanya saja kabel arde harus ditutup dengan isolasi dan tidak perlu dipasang. Selamat mencoba. (baca juga: Setrika Listrik Miyako, Jenis Setrika Philips, Setrika Mini Philips)

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara memperbaiki setrika rusak, cara mengganti kabel setrika, kabel setrika rusak, setrika rusak, tips setrika