Banyak orang berpendapat bahwa menyetrika adalah pekerjaan menyebalkan, alasannya macam-macam diantaranya panas, pegal dan harus betul-betul teliti agar hasilnya maksimal. Bagi pengusaha jeli, hal ini dijadikan lahan usaha baru yang menjanjikan yaitu membuka usaha laundry.

ads

Jaman dahulu, laundry hanya untuk baju-baju mahal yang memerlukan perlakuan khusus, oleh karena itu biayanyapun  mahal. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini banyak laundry-laundry kiloan yang menawarkan harga murah. Dengan harga antara Rp 6.000,- sampai dengan Rp 8.000,- per kilonya, anda sudah mendapatkan baju yang bersih, wangi dan rapi.Hal ini sangat membantu bagi ibu-ibu pekerja dan anak-anak kost.

Namun tahukah anda cara menggunakan setrika di laundry-laundry langganan anda? Apakah anda heran mengapa hasil setrikaan laundry anda tidak mengembang seperti kalau anda menyetrika menggunakan setrika listrik? Agar tidak penasaran, kami akan membahas cara menggunakan setrika laundry. Usaha laundry biasanya menggunakan setrika uap menggunakan tabung dengan berbahan bakar gas. Bahan bakar gas lebih banyak dipilih karena lebih murah dibandingkan listrik. Ada berbagai macam kapasitas di pasaran, ada yg 10 liter, 15 liter dan 25 liter.

4 alasan mengapa setrika uap gas dipilih adalah:

  • Hemat energi
  • Hasil kerja bisa 3x lipat dibandingkan dengan setrika listrik
  • Aman bagi kain, sekalipun berpayet atau sablonan
  • Efisien, karena dalam 30 menit bisa menyelesaikan kurang lebih 5 kg pakaian.

(baca juga : Cara Menggunakan Setrika Uap Gas – Setrika Uap Oxone)

Adapun agar hasilnya maksimal, perlu diketahui cara menggunakan setrika laundry adalah sebagai berikut :

Sponsors Link

  1. Pastikan tabung tidak terhubung dengan sumber energi
  2. Buka keran input dan keran corong
  3. Masukan air sesuai kebutuhan. Air bisa dikontrol di gelas ukur.
  4. Tutup keran input dan keran corong
  5. Pasang regulator, nyalakan api.
  6. Anometer awal menunjukkan 0, waktu yang ideal untuk menyetrika adalah ketika tekanan di 25-30 psi. Ketika tekanan menunjukkan 40 – 50 dpi, bukalah keran output untuk menguranginya hingga posisi normal. (baca juga : Setrika Uap Buatan Korea)
  7. Buka keran input yang ada selang uap menuju setrika
  8. Putar sedikit keran pada tuas setrika untuk mengeluarkan uap.
  9. Geser tuas untuk mengeluarkan uap ketika proses menyetrika.
  10. Untuk menyetrika kemeja, pertama setrika kerahnya, kemudian satu sisi pada kedua bagian lengan,  terakhir bagian belakang kemeja dan lipat. Sebagai finishing, setrikalah bagian depan kemeja yang sudah terlipat. Untuk kaos yang di sablon, cukup disemprot uap langsung pada sablonannya. (baca juga : Setrika Uap Portable)
  11. Untuk celana, rapikan lipatannya. Pastikan tidak ada yang melipat didalam, kemudian langsung disetrika di satu sisi, tanpa membaliknya dan lipat.
  12. Agar hemat waktu dengan hasil memuaskan, lebih baik menggunakan vacuum table yang berfungsi menyerap air dari pakaian yang di setrika, sehingga pakaian bisa langsung di paking. Vacuum table juga mempunyai berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan budget, kebutuhan dan tempat usaha anda.

(baca juga : Setrika Laundry Uap – Setrika Listrik Untuk Laundry)

Demikian cara menggunakan setrika laundry, semoga berguna bagi anda terutama yang berniat membuka laundry, bagi anda yang akan membuka laundry rumahan dengan omset kecil menengah.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara menggunakan, cara menyetrika, laundry, setrika laundry, setrika uap