Cara menggunakan setrika mini tidaklah berbeda dengan setrika listrik otomatis biasa hanya saja yang membedakan adalah ukurannya yang tentunya relatif lebih kecil. Setrika mini adalah salah satu jenis setrika listrik yang didesain khusus untuk Anda yang sering bepergian. Hal ini dikarenakan saat bepergian akan sulit bagi Anda untuk menjaga pakaian Anda tetap rapi di dalam koper, apalagi ketika Anda bepergian untuk urusan pekerjaan. Profesionalisme Anda bisa berantakan jika Anda menemui klien dengan kemeja yang kusut atau terdapat lipatan-lipatan pada celana kerja Anda yang muncul karena dilipat di dalam koper. Oleh karena itu setrika mini memiliki fungsi yang sangat penting.

ads

Artikel Terkait:

Kelebihan dan Kekurangan Setrika Mini

Tentunya setiap jenis setrika listrik memiliki kelebihan dan kekurangan termasuk setrika mini dan berikut adalah kelebihan dan kekurangan setrika mini yang Anda harus tahu.

Kelebihan:

  • Dari segi ukuran setrika mini tentunya sangat mudah untuk dibawa-bawa, sangat cocok bagi Anda yang sering bepergian karena bisa dimasukkan atau diselitkan diantara barang bawaan Anda di dalam koper. Dengan kata lain tidak memerlukan ruang khusus untuk membawa setrika mini.
  • Setrika mini biasanya memiliki watt yang relatif kecil jadi tidak perlu khawatir ketika harus menggunakannya dimanapun Anda tinggal nanti, bahkan di hotel paling kecil sekalipun tidak akan berpengaruh pada listrik.
  • Setrika mini karena didesain khusus untuk Anda yang suka bepergian maka dari segi model dan bahan setrika mini tidak mudah pecah. Selain itu desain gagang yang argonomis bisa dilipat sedemikian rupa sehingga lebih mudah untuk dibawa-bawa.
Sponsors Link

Kekurangan:

  • Ukurannya yang mini ternyata tidak hanya merupakan kelebihan setrika jenis ini tapi juga merupakan salah satu kekurangannya, dimana ukuran setrika yang kecil akan sedikit menyulitkan jika harus menyetrika pakaian-pakaian besar atau berbahan tebal. (baca juga: Cara Menyetrika Celana Jeans, Cara Menyetrika Jaket Kulit, Cara Menyetrika Gamis)
  • Dibandingkan dengan setrika listrik pada umumnya, jika Anda menyetrika menggunakan setrika mini maka akan diperlukan waktu yang relatif lebih lama.
  • Selain itu karena ukurannya yang mini, jika tidak sedang bepergian sebaiknya setrika disimpan baik-baik karena ukurannya, setrika mini menjadi lebih mudah tersenggol atau tertimpa-timpa barang-barang lain.

Cara Menggunakan Setrika Mini

Jika berbicara soal cara menggunakan setrika mini, seperti yang sudah dikatakan di atas maka tidak terlalu berbeda dengan cara kerja setrika listrik biasa.

  1. Yang pertama tentunya adalah mempersiapkan segala sesuatunya. Jika Anda tinggal di hotel, proses menyetrika bisa dilakukan di atas meja yang biasanya disediakan atau di atas tempat tidur, tapi harus diberi alas. (baca juga: Cara Membuat Meja Setrika Uap Sederhana)
  2. Atur suhu setrikaan agar sesuai dengan bahan pakaian, walaupun mungkin karena ukurannya yang mini lebih baik atur agak setingkat lebih panas agar Anda juga bisa menyetrika dengan lebih cepat. (baca juga: Cara Kerja Setrika dengan Pengatur Suhu)
  3. Pelajari bagaimana cara menyetrika yang benar terhadap beberapa jenis pakaian terutama jika Anda bepergian untuk urusan pekerjaan, pelajari bagaimana cara menyetrika kemeja dan bagaimana juga cara menyetrika celana kerja.
  4. Sebaiknya segera setrika semua pakaian yang Anda perlukan ketika tiba di hotel agar tidak terburu-buru karena menyetrika menggunakan setrika mini memerlukan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan setrika biasa.
Sponsors Link

Artikel Terkait:

Perlu diketahui juga bahwa tidak semua merek setrikaan mengeluarkan model setrika mini, biasanya hanya merek-merek setrika yang terkenal saja yang mengeluarkan model khusus ini, jadi tidak heran walaupun bentunya mini tapi harga yang ditawarkan akan relatif lebih mahal mengingat walaupun mini, tidak mengurangi kualitas seperti layaknya setrika listrik otomatis biasa.

Sponsors Link

Posted by · Tags: setrika, setrika mini