Cara menggunakan setrika uap boiler sangat berbeda dengan cara menggunakan setrika uap biasa, hal ini dari segi model dan desain, setrika uap sangatlah tidak sama walaupun fungsi dan cara kerjanya relatif sama yaitu sama-sama membuat pakaian menjadi lebih rapi dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan jika Anda menggunakan setrika listrik otomatis biasa. Nama lain dari setrika uap boiler adalah setrika uap gas jadi setrika uap boiler adalah jenis setrika uap yang menggunakan gas sebagai sumber panasnya dan bukannya listrik. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengganti setrika listrik Anda dan menggunakan setrika uap boiler ada baiknya memahami terlebih dahulu cara menggunakan setrika uap gas atau boiler ini.

ads

Cara Menggunakan Setrika Uap Boiler

Terdapat macam-macam setrika boiler namun yang perlu diketahui bahwa setrika uap boiler terdiri dari beberapa komponen yaitu satu unit setrikaan, selang penyalur uap yang dihubungkan dengan tabung atau boiler. Boiler tersebut terhubung dengan satu unit kompor yang darinya panas dari tabung gas dialirkan. Cara penggunaanya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mengisi air pada tabung boiler dengan cara membuka keran input beserta keran corong. Lewat keran coronglah Anda mengisi air sampai batas tertentu yang bisa Anda lihat di sisi samping tabung dimana terdapat gelas ukur. Pastikan mengisinya sesuai dengan kebutuhan jangan terlalu penuh.
  2. Tahap kedua adalah memulai proses pemanasan. Caranya adalah dengan cara menutup semua keran agar proses pemanasan sempurna lalu hubungkan regulator gas LPG ke kompor, setelah terhubung sempurna, pastikan tidak ada gas yang bocor, baru hidupkan kompor dan proses pemanasanpun dimulai.
  3. Pada proses pemanasan jangan ditinggal tapi terus pantau jarum anometernya. Saat kondisi suhu tabung boiler masih dingin maka jarum akan menunjuk pada posisi 0 tapi ketika sudah mulai dipanaskan, jarum akan bergerak menandakan suhu dalam tabung juga mulai naik, pantau terus ketika jarum menunjukkan angka 25 – 30 psi yang artinya setrika uap boiler sudah siap digunakan dan apabila jarum menunjuk pada angka 50 psi maka Anda harus membuka keran out put. Hal ini penting untuk dilakukan karena berfungsi menurunkan tekanan yang ada dalam tabung boiler. (baca juga: Cara Membuat Setrika Lebih Panas)
  4. Setelah itu cari keran input yang ada selangnya, lalu buka. Begitu juga keran yang terdapat pada tuas setrika juga harus dibuka ke arah depan.
  5. Terakhir, selalu bukalah tuas setiap akan menyetrika, fungsinya adalah untuk mengeluarkan uap.

Artikel Terkait:

Sponsors Link

Setrika Uap Boiler Vs Setrika Uap Listrik Biasa

Jika bicara soal pro dan kontra tentunya tetap ada, namun tentunya memilih jenis setrika uap yang tepat harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pro

  • Setrika uap boiler terbukti sangat hemat listrik karena sumber panas didapat dari gas.
  • Setrika uap boiler sangat cocok untuk bisnis laundry berskala menengah ke besar.
  • Setrika uap boiler tidak terlalu sulit digunakan asal paham bagaimana cara menggunakannya.

Kontra

  • Harga setrika uap boiler sangat mahal karena komponen-komponennya besar-besar.
  • Setrika uap jenis boiler ini tidak praktis sehingga tidak cocok untuk penggunaan rumahan.
  • Setrika uap boiler juga tidak disarankan untuk digunakan di rumah karena artinya diperlukan ruang khusus dan harus cukup leluasa untuk menempatkan tabung boiler dan tabung gas.
Sponsors Link

Artikel Terkait:

Jadi sebelum Anda memutuskan untuk mengganti setrika uap listrik milik Anda dengan setrika uap boiler sebaiknya pahami terlebih dahulu pro dan kontra-nya, apakah lebih banyak pro atau kontranya untuk kebutuhan Anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: boiler, gas, laundry, setrika boiler, setrika gas, setrika laundry, setrika uap, uap