Cara menggunakan setrika uap tentunya tidak sama dengan cara menggunakan setrika listrik otomatis biasa. Setrika uap adalah jenis setrika yang tidak hanya sekedar memanfaatkan energi panas untuk melicinkan serat-serat pakaian yang kusut tapi juga menggunakan teknologi yang memungkinkan Anda untuk memanfaatkan energi uap untuk menyetrika. Saat ini memang untuk pemakaian setingkat rumah tangga, jenis setrika listrik masih sangat diminati, karena kebanyakan orang masih belum tahu bagaimana cara menyetrika yang benar menggunakan setrika uap.

ads

Setrika Uap Vs Setrika Listrik

Dari segi kepraktisan memang setrika uap agak kurang praktis dibandingkan dengan setrika dengan pengatur suhu biasa namun bukan berarti setrika uap tidak memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh setrika listrik. Pada dasarnya walaupun fungsi utama setrika baik setrika uap ataupun setrika listrik adalah sama-sama untuk membuat pakaian licin dan rapi tapi setrika uap bisa menghasilkan pakaian yang jauh lebih rapi dalam waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan setrika listrik. Selain itu terdapat beberapa jenis setrika uap yang memungkinkan Anda untuk menyetrika tanpa harus menggunakan papan setrika, contohnya adalah setrika uap berdiri atau setrika uap gantung dimana Anda hanya perlu untuk menggantung pakaian Anda dengan hanger atau gantungan baju untuk menyetrikanya menggunakan fitur penguapan.

Artikel Terkait:

Cara Menggunakan Setrika Uap

Namun tentu saja tak kenal maka tak sayang, begitu juga dengan setrika uap, penting bagi Anda untuk memahami bagaimana cara menggunakan setrika uap yang benar, setelah itu barulah Anda putuskan apakah tetap dengan setrika listrik konvesional Anda atau menggantinya dengan setrika uap.

  1. Setrika uap dilengkapi fitur tambahan dimana terdapat tabung tempat Anda harus mengisinya dengan air yang jika dipanaskan akan menghasilkan uap. Jadi pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mengisi air pada tabung. Pastikan air yang Anda gunakan bersih agar tidak meninggalkan noda pada pakaian dan ketika mengisinya pastikan setrikaan dalam keadaan dingin tidak terhubung arus listrik.
  2. Setelah diisi dengan air barulah Anda boleh menghubungkan setrikaan dengan listrik. Perlu diingat juga, sebaiknya tidak menambahkan pewangi pada tabung setrika uap karena hal tersebut berpotensi untuk meninggalkan noda-noda yang tidak Anda inginkan pada pakaian kesayangan Anda.
    Sponsors Link

  3. Terdapat beberapa jenis setrika uap, seperti contohnya setrika uap gas dan setrika uap portabel. Setrika uap portable memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan kebanyakan setrika uap hanya saja didesain agar nyaman dan ringan untuk dibawa-bawa, namun setrika uap gas atau dikenal juga dengan setrika boiler jauh berbeda baik dari segi model dan desain sampai cara menggunakan setrika uap boiler. Namun pada umumnya semua setrika uap cara penggunaannya relatif sama yaitu permukaan setrika yang mengeluarkan uap tidak perlu ditempelkan langsung ke permukaan pakaian cukup digerak-gerakkan saja maka uap akan membantu meluruskan serat-serat pakaian yang kusut. Jadi selain hemat waktu juga sangat menghemat tenaga karena Anda tidak perlu memberikan tekanan tambahan saat menyetrika.

Namun terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan setrika uap untuk menyetrika pakaian, yaitu jangan langsung melipat atau menyimpan pakaian langsung ke dalam lemari karena pakaian yang sudah disetrika dengan menggunakan setrika uap cenderung lebih lembab. Oleh karena itu setelah disetrika pakaian harus diangin-anginkan terlebih dahulu di suhu ruang sampai cukup kering baru boleh dipindahkan ke dalam lemari. Selain itu perlu juga diperhatikan bahwa harga setrika uap agak relatif lebih mahal dibandingkan dengan setrika listrik biasa. (baca juga: Setrika Uap Untuk Laundry)

Sponsors Link

Posted by · Tags: setrika, setrika uap