Cara menggunakan setrika uap gas memang sangat berbeda dengan penggunaan setrika uap listrik namun untuk alasan penghematan, setrika uap gas memang pilihan yang paling tepat. Bagi Anda yang saat ini sedang memulai jasa laundry maka pemilihan setrika uap gas untuk laundry bisa menjadi investasi awal yang berharga. Karena setrika jenis ini tidak memerlukan listrik sama sekali sebagai gantinya adalah Anda menggunakan tabung LPG 3 kg yang cukup digunakan untuk menyetrika lebih dari 100 kg pakaian, sangat hemat bukan. Namun jika untuk penggunaan rumahan sepertinya setrika uap gas ini agak kurang praktis. (Baca juga: Jual Setrika Uap, Setrika Untuk Laundry, Mesin Setrika Uap)

ads

Berikut adalah cara menggunakannya setrika uap gas dengan benar:

  1. Buka keran input dan keran corong yang terletak di bagian atas tabung boiler yang gunanya adalah untuk mengeluarkan semua udara di dalam tabung agar mengisi airnya menjadi lebih mudah. (Baca Juga: Cara Menggunakan Setrika Uap)
  2. Melalui keran corong yang sudah terbuka isilah airnya sesuai kebutuhan dan jangan terlalu penuh. Untuk mengukurnya lihatlah di sisi samping boiler, terdapat sebuah gelas ukur untuk mengukur air yang perlu dimasukkan.
  3. Sekarang untuk memulai proses pemanasan tutup semua keran yang tadi dibuka agar proses pemanasan tabung boiler sempurna dan tidak bocor keluar. (Baca Juga: Setrika Uap Oxone)
  4. Jika semua tutup keran sudah tertutup baru hubungkan regulator ke gas LPG dan untuk memulai pemanasan hidupkan kompor dan pastikan api sudah menyala sempurna.
  5. Pada awal pemanasan perhatikan jarum anometer pasti menunjuk pada angka 0 kemudian ketika tabung mulai panas, perlahan jarum anometer akan naik. Ketika jarum menunjukkan angka 25 psi – 30 psi artinya setrika siap untuk digunakan. Kemudian amati terus sampai jarum anometer menunjukkan pada angka 50 psi lalu buka keran out put guna mengurangi tekanan pada tabung. (Baca Juga: Setrika Uap Portable)
  6. Setelah itu buka juga keran input tapi hanya keran input yang ada selangnya.
  7. Pada tuas setrika juga terdapat keran yang harus dibuka kearah depan guna membuka out put lalu pastikan percikan air dan uap keluar di selang pembuangan untuk hasil setrikaan yang sempurna. (Baca Juga: Jenis Setrika Uap Buatan Korea , Setrika Laundry Uap)
  8. Terakhir pastikan untuk selalu menggesar tuas setiap proses menyetrika untuk mengeluarkan uap.
Sponsors Link

Artikel Terkait:

Walaupun  cara menggunakan setrika uap gas tidak sepraktis penggunaan setrika jenis lainnya namun keuntungannya yang didapatkan juga sangat banyak. Salah satunya yang sudah disebutkan diatas adalah penggunaan 0 watt karena setrika jenis ini sama sekali tidak menggunakan listrik. Hanya dengan tabung gas 3 kg tumpukan pakaian yang harus disetrika bisa beres seketika. Selain itu juga terdapat keuntungan lainnya seperti:

  • Pengerjaan lebih cepat karena saat proses penyetrikaan pakaian tidak perlu dibolak balik. Sekali setrika di bagian depan, bagian belakang otomatis ikut licin.
  • Aman digunakan untuk pakaian sablon karena tidak merusak.
  • Tidak perlu lagi menggunakan pelicin karena setrika uap gas sudah bekerja secara maksimal.
  • Sangat direkomendasikan untuk menyetrika korden karena garis-garis yang dibentuk setrika uap bertahan lebih lama dibandingkan dengan setrika biasa.
  • Ketika proses packing juga lebih rapi karena hasil setrikaan tidak mengembang sehingga menghemat plastik packing juga.
  • Karena proses pengerjaan yang cepat Anda tidak perlu mempekerjakan banyak pegawai hanya untuk menyetrika sehingga lebih hemat budget.

Artikel Terakit:

Cara penggunaan setrika uap gas yang ternyata tidak terlalu sulit jika Anda sudah memahami betul caranya ditambah dengan hemat listrik dan tentunya hemat biaya bisa menjadi investasi yang berharga untuk bisnis laundry Anda. (Baca juga: Jenis Setrika Phillips, Jenis Setrika Listrik, Cara Kerja Setrika Arang)

Sponsors Link

Posted by · Tags: laundry, setrika, setrika gas, setrika gas boiler, setrika uap, tips