Setrika uap memang banyak penggemarnya akhir-akhir ini, karena menggunakannya sangat praktis, tidak perlu tenaga dan hasilnya pun sangat memuaskan. Namun sebagian orang masih ada yang takut menggunakan setrika uap karena merasa seram dengan uap panas yang keluar dari setrika tersebut. Sebetulnya setrika uap prinsipnya hampir sama dengan setrika listrik biasa, kalau setrika listrik biasa energi panas disalurkan pada dasar setrika, sedangkan pada setrika uap, air akan dipanaskan oleh elemen sehingga menghasilkan uap. Dan tentu saja pengguna setrika baik itu yang biasa maupun yang uap harus berhati-hati karena kemungkinan terkena setrika panas ketika menyetrika sangat besar.

ads

Bagi anda yang saat ini sedang mencari setrika uap yang simpel dan murah, anda bisa melirik setrika uap merk Tobi. Saat ini tersedia dipasaran dengan harga dibawah 200 ribuan, wah semoga masuk budget anda ya. Nah agar anda tidak ragu-ragu dan takut untuk menggunakan setrika uap ini, berikut langkah-langkah cara menggunakan setrika uap Tobi:

  1. Siapkan baju-baju yang akan disetrika. Bisa di meja setrika, namun lebih baik dengan digantung agar penguapan maksimal.
  2. Buka tutup tanki air yang berada diatas setrika, isi dengan air bersih tanpa pewangi dan pelicin dengan menggunakan gelas ukur yang sudah tersedia.
  3. Lap dengan menggunakan lap kering jika ada air yang tumpah.
  4. Colokkan steker listrik.
  5. Lampu indikator akan menyala, tunggu hingga mati. Ini tandanya setrika uap siap digunakan. Biasanya memakan waktu hanya 2 menit saja.
  6. Anda bisa memulai menyetrika.
  7. Tekan tombol uap setiap 2 detik sekali agar panas setrika stabil.
  8. Sebelum anda menyetrika ada baiknya cek terlebih dahulu label perawatan pada baju-baju yang akan anda setrika. Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa kain yang tidak bisa terkena uap panas jika sudah terlanjur maka biasanya akan meninggalkan bekas.
  9. Anda bisa langsung menyetrika baju yang baru selesai dicuci, ini berbeda sekali dengan jika anda menggunakan setrika listrik biasa. Jika menggunakan setrika uap, kain setengah kering akan mudah halus. Namun jika menggunakan setrika biasa, serat kain akan menjadi mudah rapuh.
  10. Jika sudah selesai menyetrika, biarkan setrika hingga dingin dan buang sisa airnya hingga habis. Sangat tidak dianjurkan untuk menyimpan air didalam tanki karena akan merusaknya.

Jika anda sudah yakin akan membeli setrika uap namun masih ragu tentang model dan keunggulan apa saja yang ditawarkan produsen maka anda harus tahu  tips memilih setrika uap. Anda bisa memulainya dengan pengetahuan dasar tentang  setrika uap Tobi steam wand asli atau mungkin anda ingin membandingkan setrika uap murah watt kecil antara Tobi dan Philips.

Selain itu cara perawatannya pun harus anda pelajari agar setrika yang sudah anda beli mahal-mahal tidak cepat rusak. Jika pada setrika listrik biasa yang harus sering kita bersihkan adalah alas setrikanya, maka jika pada setrika uap adalah tanki airnya.

Nah jika anda ingin setrika uap paling awet ada beberapa merk yang recommended buat anda,  anda tinggal cocokkan dengan kebutuhan dan budget anda karena biasanya merk premium harganya pun premium!

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara menggunakan setrika uap, setrika tobi, setrika uap, tobi