Cara menghilangkan bekas gosong setrika baju pada setrika listrik gampang-gampang susah tergantung pada jenis dan tingkat kegosongannya. Walaupun Anda sudah cukup berhati-hati tapi kadangkala selalu saja ada kesalahan yang mungkin saja terjadi sehingga tak hanya baju atau pakaian Anda saja yang rusak tapi juga jenis setrika listrik yang Anda miliki.

ads

Artikel terkait:

Penyebab Setrika Gosong

Tentunya Anda tahu bahwa ketika setrika sudah gosong dan lengket maka tidak hal lain yang bisa Anda lakukan selain harus segera mencari cara membersihkan setrika yang gosong karena setrika yang lengket dan gosong sama sekali tidak bisa digunakan tanpa merusak pakaian lain. Adapun beberapa penyebab setrika dan baju sering gosong adalah:

  • Lalai ketika menyetrika dan membiarkan suhu setrika terus naik tanpa memindahkannya dari serat pakaian sehingga akibatnya pakaian menjadi gosong dan terbakar. Kemungkinan terburuk pakaian bahkan bisa menjadi bolong dan tidak bisa digunakan lagi.
  • Terdapat masalah pada cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu dimana setrika listrik tidak bisa mengatur suhu secara otomatis sehingga suhu setrika terus naik dan akhirnya menyebabkan gosong.
  • Cara kerja setrika listrik berbeda-beda namun pada umumnya pemilihan suhu setrika harus disesuaikan dengan bahan pakaian dan jika tidak maka ada kemungkinan pakaian yang tidak tahan terhadap suhu tinggi menjadi mudah terbakar. Jadi pastikan untuk membaca setiap label pakaian yang Anda setrika.

Cara Membersihkan Setrika Gosong

Jika setrika sudah gosong dikarenakan ketiga hal di atas ataupun ada hal lain lagi maka segeralah membersihkan setrikaan Anda karena percuma saja setrika juga tidak dapat lagi digunakan jika tidak dibersihkan terlebih dahulu dan berikut adalah beberapa rekomendasi cara membersihkan setrika yang hangus atau gosong.

  • Dengan menggunakan daun pisang dimana daun pisang mengandung minyak alami yang dapat membantu mengelupas lapisan kerak atau gosong pada setrika. Setrika yang sudak cukup panas digosok-gosokkan ke daun pisang.
  • Ada juga cara membersihkan setrika dengan baking soda yang dicampur cuka masak. Gunakan spons atau sikat gigi halus yang sudah direndam dengan cuka masak dan soda untuk membantu melepaskan lapisan keran dan gosong. Terakhir gunakan lap kering untuk memastikan kerak dan gosong hilang sempurna. Ulangi proses jika perlu.
  • Garam juga bisa membantu yaitu dengan cara menggosokkan setrika yang agak panas ke selembar kain yang ditaburi garam. Namun setelah selesai pastikan tidak ada butiran garam yang menempel pada permukaan setrika.
  • Cara membersihkan setrika dengan sasta gigi juga efektif untuk membersihkan setrika yang gosong namun pastikan ketika menggosoknya tidak terlalu kuat karena ditakutkan justru dapat menggores permukaan anti lengket setrikaan.
  • Jika Anda memiliki persediaan obat paracetamol ternyata dengan menaburkan bubuk obat paracetamol dan digosok-gosok juga dapat membantu menghilangkan kerak dari setrika yang gosong.

Perlu diingat ketika membersihkan setrika yang lengket dan gosong adalah tidak boleh menggunakan benda tajam yang dapat menggores permukaan setrika karena permukaan besi setrika memiliki lapisan anti lengket yang jika tergores maka lapisan anti lengketnya juga akan ikut terkelupas sehingga proses menyetrika tak lagi nyaman.

Artikel Terkait:

Ternyata cara membersihkan setrika yang gosong dan lengket tidak sulit dan bahkan bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda. Selain itu salah satu cara merawat setrika agar awet adalah dengan cara membersihkan setrika secara teratur tanpa harus menunggu setrika gosong terlebih dahulu. Walaupun Anda juga harus tahu cara membersihkan setrika uap dengan setrika listrik otomatis agak sedikit berbeda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: gosong, setrika gosong, setrika lengket