Cara menghilangkan bekas gosong setrika di baju bukan perkara mudah apalagi jika tingkat kegosongannya sudah sangat parah maka solusi terakhir adalah mempermak baju tersebut atau membuangnya sekalian karena percuma saja karena tidak bisa dikenakan kembali. Cara menyetrika yang benar bukanlah sesuatu yang harus Anda abaikan karena penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara kerja setrika yang benar atau tepat untuk menyetrika pakaian karena dengan demikian Anda dapat meminimalisir kejadian seperti baju gosong atau setrika lengket karena hal tersebut tak hanya berdampak buruk pada baju tapi juga bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan setrika yang sering terjadi.

ads

Artikel Terkait:

Cara Menghilangkan Bekas Gosong Setrika di Baju

Gosong akibat cara menyetrika yang salah pada baju bisa sangat mengganggu penampilan dan berikut adalah beberapa tips atau cara menghilangkan bekas gosong setrika di baju walaupun tentunya semua tergantung pada seberapa parah kerusakan terjadi pada baju.

  1. Cuci Baju Segera dengan Air

Ketika Anda menemukan baju Anda gosong jangan tunggu sampai selesai menyetrika tapi segeralah ambil baju yang gosong lalu cuci segera. Langkah pertama bisa langsung di guyur dengan air langsung dari keran untuk melihat seberapa parah kegosongannya. Kalau tidak terlalu parah biasanya hanya dengan air saja sudah cukup walaupun mungkin tekstur kainnya akan sedikit melar atau berubah.

  1. Rendam Baju Segera dengan Detergen

Jika dengan air saja tidak cukup langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan detergen. Caranya adalah dengan mengambil sejumput detergen bubuk atau oleskan detergen cair pada bagian yang gosong beri air kucek segera dan rendam selama kurang lebih 5 menit. Jika noda gosong tidak terlalu parah kemungkinan noda tersebut akan hilang walaupun tentunya tekstur kain tidak akan sama seperti semula.

Artikel terkait:

  1. Gunakan Pemutih untuk Hasil Maksimal

Apabila sudah menggunakan detergen tapi tetap saja hasilnya tidak maksimal maka langkah berikut adalah dengan mengoleskan cairan pemutih pakaian untuk pakaian putih dan kalau untuk baju berwarna bisa menggunakan cairan khusus penghilang noda. Oleskan pada bagian yang gosong dan biarkan selama maksimal 10 menit tidak boleh lebih. Selanjutnya cuci seperti biasa dengan menggunakan air dan detergen untuk hasil yang maksimal.

  1. Tutup Dengan Bordir Logo

Jika yang gosong adalah baju kesayangan Anda rasanya sayang jika harus dibuang walaupun ketiga langkah di atas sudah Anda lakukan tapi tetap saja bekas gosongnya tidak mau hilang. Mungkin kali ini Anda harus sedikit kreatif dimana kalau bekas gosong tidak bisa dihilangkan tapi kalau masih bisa disembunyikan kenapa tidak. Anda bisa menempelkan bordir logo dengan logo atau desain yang unik-unik untuk menutupi area baju yang gosong. Dengan begitu tak hanya bagian gosong yang tersembunyi tapi juga Anda bisa memberi wajah baru pada baju kesayangan Anda.

  1. Gunakan Style Pakaian Bertumpuk

Saat ini banyak sekali gaya berpakaian yang stylist dan kekinian dan salah satunya adalah style pakaian bertumpuk. Jika baju kesayangan Anda terkena noda gosong akibat kesalahan ketika menyetrika coba aplikasikan gaya model berpakaian dengan style bertumpuk. Misalnya jika bagian baju yang terkena adalah bagian belakang, cobalah padu padankan baju tersebut dengan rompi atau cardigan untuk menutupi bagian yang gosong.

Artikel Terkait:

Jadi jangan risau jika baju kesayangan Anda gosong terkena setrika karena selalu ada lima tips di atas yang bisa Anda pilih untuk mengatasi masalah Anda. Yang terpenting adalah bagaimana cara agar hal serupa tidak lagi terjadi.

Sponsors Link

Posted by · Tags: baju gosong, setrika gosong