Cara menghilangkan kilap bekas setrika tidaklah mudah. Kilap pada pakaian yang disebabkan oleh setrika biasanya akan bersifat permanen tergantung pada jenis kain atau bahan pakaian yang disetrika. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menyetrika agar tidak mengkilap karena beberapa pakain memiliki bahan yang sensitif terhadap suhu tinggi pada setrikaan akibatnya akan lebih mudah mengkilap.

ads

Artikel terkait:

Penyebab Pakaian Mengkilap Ketika Selesai Disetrika

Tentunya beberapa kali Anda akan menemukan bahwa beberapa bagian di pakaian kesayangan Anda walaupun terlihat licin dan rapi tapi terlalu mengkilap. Pasti Anda bertanya-tanya, apa yang salah atau apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya. Well, lebih baik mencegah dan berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin dapat menyebabkan pakaian Anda mengkilap ketika selesai disetrika:

  • Ketika menyetrika Anda menggunakan suhu setrika listrik otomatis yang terlalu tinggi sementara bahan pakaian sangat sensitif dengan suhu tinggi sehingga mudah mengkilap.
  • Anda terlalu lama menempatkan setrika pada satu bagian pakaian sehingga permukaan pakaian tidak mendapatkan suhu panas setrika secara merata akibatnya beberapa bagian terlihat belang-belang karena di beberapa bagian terlihat mengkilap.
  • Kelalaian karena membiarkan setrika di satu posisi terlalu lama juga dapat menyebabkan bagian tersebut terlihat mengkilap dan jika terus dibiarkan justru akan dapat merusak pakaian karena akan hangus.

Jadi berhati-hatilah ketika menyetrika dan selalu perhatikan label pada pakaian Anda apakah bahan pakaian tersebut tahan terhadap suhu setrikaan yang tinggi, kalau tidak selalu atur suhu setrika pada suhu rendah ke menengah untuk mencegah agar hasil setrikaan tidak mengkilap.

Artikel Terkait:

Cara Menghilangkan Kilap Bekas Setrika

Lalu apa yang harus Anda lakukan ketika sudah terlanjur terjadi? Karena beberapa hal hasil setrikaan Anda mengkilap pada beberapa bagian pakain. Beberapa langkah berikut bisa coba Anda terapkan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada bahan pakaian yang mengkilap.

  • Jika Anda menemukan adanya noda mengkilap akibat setrikaan segera singkirkan pakaian Anda dari meja setrikaan. Biarkan dingin sesaat.
  • Sambil menunggu suhu pakaian turun, siapkan sebuah mangkuk kecil berisi air dan cuka masak. Jika Anda tidak memiliki cuka masak atau tidak suka dengan baunya yang menyengat, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan hidrogen peroksida sebagai solusi alternative.
    Sponsors Link

  • Kemudian rendam bagian yang terlihat mengkilap ke dalam campuran cairan tersebut selama kurang lebih 30 menit. Hal ini untuk menghemat cuka, jadi jangan rendam seluruh pakaian karena takutnya efeknya justru tidak maksimal pada bagian yang mengkilap.
  • Setelah itu segera cuci kembali pakaian Anda dengan menggunakan deterjen. Beri perhatian khusus pada bagian yang tadi diberi cuka agar bau cuka benar-benar hilang.
  • Jemur pakaian dan semoga bekas mengkilap tersebut akan hilang.

Artikel Terkait:

Sayangnya, tips cara menghilangkan kilap pada bekas setrika tidak bisa diaplikasikan kepada semua jenis bahan pakaian hanya pakaian yang tertentu saja seperti bahan katun atau bahan-bahan berserat alami lainnya. Sementara bahan-bahan berserat sintetis seperti pada pakaian bahan polyester dan nilon akan sangat sulit untuk mengatasinya karena bahan-bahan tersebut tidak tahan panas dan jika sudah terkena panas, sama seperti halnya plastik, bahan-bahan tersebut akan mengerut secara permanen. Walaupun 5 langkah di atas bisa juga Anda coba terapkan tapi hasilnya tidak akan sempurna 100% seperti sedia kala. Oleh karena itu jika Anda menyetrika pakaian berbahan sintetis, sebaiknya perhatikan baik-baik bagaimana cara menyetrika yang benar agar tidak merusak serat pakaian.

Sponsors Link

Posted by · Tags: menggunakan setrika, Mengkilap, setrika listrik, tips