Kegiatan mewarnai dinding atau yang disebut dengan mengecat merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Bukan hanya orang dewasa, anak-anakpun begitu menyukainya. Saking serunya, mereka mengabaikan sisa-sisa cat yang menempel pada pakaian. Sementara di sisi lain, sang Ibu resah saat mengetahui baju anak-anaknya telah penuh dengan noda cat yang sudah kering.

ads

Noda cat ini dikenal sebagai noda membandel karena sulit dibersihkan. Detergen biasa tidak cukup untuk bisa menghilangkannya. Melainkan Anda membutuhkan bahan pencuci khusus. Apakah itu dan bagaimana metodenya?

Yuk, pelajari cara menghilangkan noda cat yang sudah kering di baju berikut ini.

  • Kenali Seberapa Kering Noda Cat yang Menempel

Amatilah noda cat yang menempel pada baju tersebut, lalu cek seberapa kering nodanya. Bila sudah benar-benar kering, maka kelupas secara manual cat yang telah mengering tersebut dengan tangan atau alat tertentu, misalnya sendok, garpu, pisau dan sebagainya. Pilihlah alat yang mudah untuk mengeruk noda cat yang telah mengering. Sehingga noda cat yang tersisa pada baju pun berkurang dan menipis.

  • Menggunakan Detergen Anti Noda

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis detergen itu sama. Ada detergen yang diformulasikan hanya untuk menghilangkan kotoran dengan tingkat ringan. Ada pula detergen khusus yang diformulasikan untuk membersihkan kotoran dengan tingkat berat. Keduanya tentu saja berbeda bahan baku dan tekstur. Anda bisa mengetahuinya dengan mengamati komposisi dan keterangan pada kemasannya.

Pilihlah detergen anti noda khusus untuk membersihkan noda cat pada baju. Biasanya harganya lebih mahal, namun tak mengapa jika itu ampuh untuk menghilangkan noda cat yang telah mengering pada baju.

  • Menggunakan Hand Sanitizer Bening/Tidak Berwarna

Hand sanitizer atau cairan pembersih tangan mengandung alkohol dengan level yang ringan dan aman digunakan. Berbeda dengan jenis alkohol lainnya yang berbahaya jika terkena kulit dan organ tubuh lainnya. Pilihlah yang tidak berwarna atau bening. Mengapa? Zat warna pada hand sanitizer dikhawatirkan dapat tertinggal pada baju dan menjadi permasalahan baru.

Cara penggunaannya, oleskan hand sanitizer secukupnya pada bagian baju yang terkena noda cat. Diamkan sejenak lalu gosok-gosok hingga noda catnya luntur. Lakukan beberapa kali hingga noda cat benar-benar hilang. Kemudian cuci dengan detergen seperti biasanya lalu bilas hingga bersih.

  • Menggunakan Larutan Cuka

Bukan rahasia lagi jika cuka dikenal ampuh menghilangkan noda kotoran pada baju. Cuka yang dimaksud merupakan cuka yang biasa digunakan sebagai penambah cita rasa pada makanan.

Sponsors Link

Caranya, basahi dulu baju tersebut dengan air dingin. Sembari menunggu, siapkan larutan cuka sebanyak 240 ml dan segenggam garam dalam sebuah mangkok. Aduk dengan sendok hingga tercampur merata. Gunakan lap bebas serat untuk menggosok-gosokkan larutan tersebut pada baju yang terkena noda cat yang mengering. Bila tidak ada lap serupa, Anda bisa menggunakan spons.

Kemudian bilas dengan air bersih untuk mengetahui apakah nodanya sudah hilang atau belum. Ulangi lagi hingga noda catnya benar-benar tuntas hilang. Setelah itu, cuci dengan detergen seperti biasanya.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda cat yang sudah mengering di baju. Pastikan Anda memahami langkah di atas terlebih dahulu sebelum mencobanya secara langsung.

Anda perlu mempelajari cara menghilangkan noda pada baju sesuai jenis nodanya karena setiap jenis noda berbeda penanganannya. Jika sedikit saja salah strategi, bukan tidak mungkin nodanya semakin parah menempel pada pakaian.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara, cat, di baju, menghilangkan, noda, sudah kering