Beraktivitas di antara tumbuh-tumbuhan memang menyenangkan. Seperti berkebun, menjelajah hutan atau sekadar jalan-jalan di antara taman bunga. Namun, ada hal tidak menyenangkan yakni menempelnya getah tumbuhan pada pakaian yang dikenakan. Noda getah ini dikenal sulit dihilangkan dan merusak warna pakaian. Dan tentu mengganggu penampilan Anda saat mengenakannya.

ads

Bersihkanlah baju sesuai dengan jenis nodanya. Setiap noda memerlukan penangan tersendiri, jadi tidak bisa disamaratakan. Ketahui cara menghilangkan noda pada baju yang tepat. Mulai dari noda yang mudah dibersihkan seperti noda debu hingga yang sulit dibersihkan yakni noda getah.

Kini hilangkan kekhawatiran Anda karena di sini Anda bisa menemukan tips jitu cara menghilangkan noda getah di baju dengan mudah. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

  • Kenali Jenis Getah yang Mengenai

Setiap jenis tumbuhan memiliki jenis getah yang berbeda. Biasanya getah identik dengan cairan kental dan lengket berwarna bening hingga kehitam-hitaman. Ada yang mudah dibersihkan hanya dengan detergen biasa. Namun, ada pula yang sulit dihilangkan dan membekas di pakaian.

Biasanya jenis tumbuhan dengan getah yang membandel ialah pohon pisang, ketela, jarak dan lainnya. Bila mengenai baju, getah ini akan membekas dengan warna hitam di permukaan kain. Noda tersebut akan terus menempel di serat kain bila tidak ditangani dengan tepat.

  • Cara Membersihkan Noda Getah Pada Baju

Ada beberapa bahan pencuci yang bisa diaplikasikan untuk menghilangkan noda getah di baju. Bahan pencuci berikut ini cukup mudah ditemukan. Terutama bagi Anda yang berada di wilayah perkotaan dengan tingkat modernisasi yang cukup tinggi.

1. Sabun Khusus Penghilang Noda Getah

Kemajuan teknologi telah merambah berbagai aspek kehidupan. Termasuk dalam aspek rumah tangga. Saat ini, muncul inovasi terbaru berupa sabun khusus penghilang noda getah. Bentuknya berbeda dari detergen atau sabun cair biasa.

Cara penggunaannya pun demikian. Pada beberapa merk, cara pemakaiannya dengan mengoleskan pada bagian yang terkena noda getah tersebut setelah sebelumnya dibasahi dengan air dingin. Ingat, jangan menggunakan air panas karena berpotensi merusak serat kain pada pakaian. Lalu digosok-gosok perlahan hingga noda getahnya luntur. Kemudian bilas dengan air bersih. Bila dalam sekali pemakaian noda getah tersebut tidak luntur seutuhnya, maka ulangi sekali lagi.

2. Sabun Pencuci Tangan

Sabun pencuci tangan memiliki karakteristik yang berbeda dengan sabun lainnya. Pada umumnya sabun pencuci tangan dibuat dengan formulasi alkohol yang berperan sebagai desinkfetan atau pembunuh kuman dan bakteri pada kulit. Sehingga cukup efektif untuk menghilangkan noda getah pada baju.

Pilihlah sabun pencuci tangan yang tidak berwarna atau bening. Sabun pencuci tangan yang berwarna dikhawatirkan dapat meninggalkan noda baru pada pakaian.

Cara penggunaannya dengan mengoleskan pada permukaan baju yang terkena noda getah. Kemudian menggosoknya dengan sikat gigi bekas berulang kali hingga nodanya memudar. Selanjutnya, cuci dengan detergen anti noda seperti mencuci pakaian biasanya.

Sponsors Link

Periksalah kembali apakah noda getahnya telah hilang atau masih tersisa. Ulangi sekali lagi jika masih belum bersih tuntas.

Itulah beberapa cara yang dapat diterapkan untuk menghilangkan noda getah di baju. Pastikan Anda langsung mencuci baju tersebut begitu terkena noda getah. Jangan didiamkan atau noda akan memacet dan lebih sulit lagi untuk dibersihkan.

Pakaian merupakan piranti yang penting untuk menunjang penampilan. Jadi, pahamilah cara merawat pakaian agar tidak kusam dan bersih setiap saat dari berbagai noda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: baju, cara, getah, menghilangkan, noda