Ada beragam jenis noda yang bisa menempel pada baju. Mulai dari yang mudah dibersihkan hanya dengan guyuran air bersih hingga yang sulit dihilangkan meski sudah berkali-kali dikucek dengan detergen. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara menghilangkan noda pada baju yang tepat. Salah satu jenis noda yang kerap membuat kesal para ibu ialah noda kuning yang menempel pada baju berwarna. Noda kuning ini biasanya terdapat di bagian ketiak dan leher. Penyebabnya yaitu keringat atau bekas deodoran.

ads

Perlu teknik khusus untuk menghilangkan noda kuning ini. Tentunya tidak cukup hanya dengan detergen apalagi guyuran air bersih. Nah, apakah Anda sudah tahu caranya?

Simak ulasan kami berikut ini tentang cara menghilangkan noda kuning di baju berwarna.

  • Gunakanlah Air Hangat

Air hangat memiliki kemampuan dapat membuat larutan yang dicampur ke dalamnya lebih cepat larut dan bereaksi. Jadi, sangat tepat untuk menghilangkan noda kuning pada baju berwarna. Anda bisa menghilangkan noda kuning tersebut dengan mencampur air hangat dengan beberapa bahan di bawah ini.

  • Larutan Cuka

Larutan cuka tidak hanya sebagai penyedap rasa pada makanan. Tetapi bisa juga digunakan untuk menghilangkan noda kuning di baju. Caranya, tuangkanlah beberapa sendok larutan cuka ke dalam ember berisi air bersih secukupnya. Kemudian rendamlah baju yang terkena noda kuning ke dalamnya selama kurang lebih 1 jam. Lalu kucek hingga noda kuning tepat hilang. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, cucilah menggunakan detergen.

Larutan cuka juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan setrika. Bagaimana cara membersihkan setrika dengan cuka dapat dipelajari pada website ini.

  • Baking Soda

Baking soda memang dikenal sebagai penghilang berbagai jenis noda. Termasuk noda kuning pada baju berwarna. Caranya, larutkan baking soda secukupnya ke dalam air bersih. Oleskan pula pasta baking soda pada titik noda kuning di baju. Lalu masukkan baju tersebut ke dalamnya dan diamkan selama semalaman. Keesokan harinya, dikucek hingga bersih dan bilaslah dengan air bersih beberapa kali kemudian cuci dengan detergen hingga bersih.

Sponsors Link

  • Sabun Cuci Piring

Biasanya ibu-ibu rumah tangga menyimpan sabun cuci piring untuk mencuci peralatan makan. Sabun cuci piring ini berbentuk cair yang mampu menghilangkan lemak pada peralatan makan hingga kesat dan mengkilap setelah dicuci. Jika Anda tidak memiliki larutan cuka atau baking soda, Anda dapat menggunakan sabun cuci piring untuk menghilangkan noda kuning di baju. Oleskan sabun cuci piring pada bagian yang terkena noda kuning tersebut, lalu gosok ringan-ringan dengan sikat gigi bekas atau sejenisnya. Selanjutnya dibilas dengan air bersih.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda kuning di baju berwarna yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahan-bahan di atas termasuk dalam kategori yang mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau. Sangat pas untuk ibu rumah tangga atau anak kosan. Bisa juga diterapkan pada usaha binatu atau laundry Anda. Pastikan Anda memahami setiap langkah di atas sebelum mempraktekkannya pada baju Anda. Semoga berhasil!

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara menghilangkan, di baju berwarna, noda kuning, tips mencuci