Warna putih merupakan salah satu warna favorit kebanyakan orang karena bersifat netral. Baju berwarna putih cocok dipadupadankan dengan warna lainnya. Warna putih juga bersifat tidak menyerap panas sehingga nyaman digunakan. Selain itu, memberikan kesan terang karena ketika terkena cahaya akan menyebarkannya ke sekeliling pemakainya. Tampilan baju putih juga memberikan efek terang di kamera dan banyak digunakan saat acara-acara formal, seperti pernikahan. Namun, untuk menjaga baju putih Anda selalu tampil sempurna dibutuhkan perhatian khusus. Anda harus paham bagaimana cara mencuci baju putih yang baik dan benar.

ads

Terkadang kita mungkin saja lupa mencampur baju berwarna yang mudah luntur dengan baju putih. Akibatnya, baju putih kita pun terkena noda lunturan yang sulit dihilangkan. Meskipun sudah menggunakan berbagai jenis detergen, noda lunturan tersebut masih saja membandel. Tentu saja hal tersebut membuat Anda kesal dan tidak percaya diri saat menggunakan baju putih yang sudah terkena noda luntur tersebut. Namun, kini Anda tidak perlu resah lagi karena noda luntur pada baju putih dapat dihilangkan dengan menggunakan cuka. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Langkah awal, siapkan larutan cuka, detergen bertekstur lembut dan air bersih secukupnya.
  2. Campurlah ketiga bahan tersebut dan aduk hingga tercampur merata. Anda bisa menggunakan sendok plastik panjang atau sejenisnya untuk mengaduknya.
  3. Masukkan baju putih yang terkena noda lunturan ke dalamnya. Pastikan terrendam dengan baik.
  4. Rendam selama sekitar 30 menit.
  5. Kemudian dikucek hingga bersih. Kuceklah menggunakan tangan secara manual.
  6. Bilas menggunakan air bersih beberapa kali.
  7. Peras secara perlahan. Pengucekan yang terlalu keras dapat merusak serat pakaian.
  8. Jemur di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatasi noda luntur pada baju putih, antara lain:

  • Jangan mencuci dengan mesin cuci karena dapat merusak serat kain pada jenis pakaian tertentu. Cucilah menggunakan tangan sehingga Anda dapat memperkirakan berapa besar gerakan tangan yang diperlukan. Karena setiap jenis kain memerlukan perhatian yang berbeda-beda.
  • Pastikan larutan cuka yang digunakan memang asli dan bukan cuka campuran. Anda harus jeli saat membelinya dan pastikan Anda membelinya di tempat yang tepercaya.
  • Jangan merendam pakaian lebih dari 30 menit karena rendaman yang terlalu lama dapat merusak serat pakaian dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Apabila Anda khawatir terlupakan, gunakanlah alarm sebagai pengingat Anda.
    Sponsors Link

  • Sebelum dijemur, baliklah baju putih dimana bagian dalamnya yang berada di luar. Ini untuk menghindari pemudaran warna akibat teriknya matahari. Hal ini lebih berlaku pada pakaian-pakaian berwarna yang mudah luntur.

Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal jika tahu cara mengatasi baju agar tidak luntur dan bagaimana cara menyetrikanya setelah kering, sebelum disimpan ke dalam lemari. Anda bisa menemukan berbagai tips menarik terkait perawatan pakaian di dalam website ini.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda luntur pada baju putih dengan cuka dengan menggunakan cuka. Pahami terlebih dahulu cara tersebut sebelum Anda mempraktekkannya. Jangan mencoba melakukan tanpa pemahaman yang benar! Selamat mencoba!

Sponsors Link

Posted by · Tags: baju putih, cara menghilangkan, dengan cuka, noda luntur