Cara menghilangkan noda pada baju bukannya tidak mungkin dilakukan tapi juga bukan sesuatu yang mudah karena semuanya tergantung dari jenis nodanya. Beberapa jenis noda relatif mudah untuk dibersihkan namun beberapa diantaranya cukup sulit. Selain itu setiap jenis noda juga memiliki jenis penanganan yang berbeda dan berikut adalah beberapa macam noda yang sering membuat baju kotor serta bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya.

ads

Artikel terkait:

Macam-macam Noda Pada Baju dan Cara Mengatasinya

Beberapa macam noda berikut ini sering sekali dihadapi oleh kebanyakan orang beberapa diantaranya walaupun terlihat parah ternyata termasuk jenis noda yang lebih mudah dibersihkan.

  1. Noda Tanah atau Lumpur

Noda tanah atau lumpur walaupun terlihat parah namun relatif mudah untuk dibersihkan. Cukup gunakan detergen yang ampuh untuk menghilangkan noda serta suhu air yang tepat dapat mengapus noda tanah atau lumpur dengan sempurna. Walaupun untuk pakaian putih bisa dibantu dengan menggunakan cairan pemutih agar hasil sempurna.

  1. Noda Cat atau Pewarna

Noda cat air atau dari pewarna pensil sering dialami oleh pakaian anak-anak. Sebagai orang tua tentunya tidak boleh melarang anak-anak untuk berkreasi karena sama dengan noda tanah atau lumpur, walaupun terlihat parah noda ini sangat mudah dibersihkan. Cukup gunakan detergen yang ampuh untuk menghilangkan noda serta ditambah cairan pembersih noda (sesuai warna) dapat menghilangkan noda cat dan pewarna secara maksimal.

  1. Noda Terkena Luntur

Jika baju terkena luntur baju lain maka caranya sama saja dengan noda tanah atau noda pewarna, pemilihan jenis detergen, pengaturan suhu air yang tepat serta pemilihan cairan pembersih yang tepat dapat membantu menghilangkan noda akibat luntur dengan sangat mudah. Yang menjadi masalah adalah jika baju yang luntur karena warnanya sudah tidak bisa dikembalikan seperti semula.

Artikel Terkait:

  1. Noda Makanan

Noda makanan juga bermacam-macam dan cara mengatasinya juga berbeda-beda. Namun penggunaan detergen dan suhu air yang tepat bisa membantu menghilangkan noda-noda makanan. Mungkin kesulitan tergantung pada jenis makanan, semakin berminyak makanan maka akan semakin sulit untuk membersihkannya.

  1. Noda Oli dan Minyak

Jika Anda punya suami atau anak laki-laki yang biasa bekerja dengan peralatan otomatis mereka maka tentunya Anda sudah tidak heran lagi dengan noda oli dan minyak. Untuk mengatasi noda ini diperlukan detergen yang benar-benar ampuh serta sedikit lebih banyak cairan pembersih tapi pilih sesuai jenisnya. Selain itu untuk hasil maksimal perlu penangan tersendiri yaitu pakaian harus dikucek sampai benar-benar bersih.

  1. Noda Getah

Noda getah sering disebabkan oleh buah-buahan. Cara menghilangkannya memang tidak mudah tapi bukan tidak mungkin. Untuk noda getah sebaiknya pakaian harus direndam terlebih dahulu dengan menggunakan cairan pembersih dan harus disikat sampai getahnya benar-benar hilang. Selain itu jika terkena noda getah harus segera dibersihkan jangan menunggu lama.

  1. Noda Akibat Jamur

Noda akibat jamur biasanya terlihat seperti bintik-bintik hitam kecil-kecil. Noda ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan menggunakan detergen ataupun cairan pembersih noda biasa tapi harus dibantu dengan cairan anti jamur yang efektif menghilangkan noda akibat jamur.

Artikel Terkait:

Ketujuh noda di atas adalah jenis atau macam-macam noda yang sering dihadapi oleh kebanyakan orang dan kalaupun ada jenis noda yang disebabkan oleh hal lain bisa pilih dari salah satu cara menghilangkan noda pada baju diatas yang paling memungkinkan atau lakukan percobaan, cara mana yang paling efektif untuk mengatasinya.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara menghilangkan, noda baju