Baju merupakan kebutuhan sandang yang wajib diprioritaskan. Penggunaan baju yang tepat sangat menentukan kualitas penampilan seseorang. Bukan hanya dinilai dari modelnya, tetapi juga dari kerapian dan kebersihannya. Baju yang tampak kotor pasti membuat Anda tidak nyaman dan percaya diri. Terkadang ada kotoran atau noda yang tetap menempel meski sudah dibersihkan berkali-kali.

ads

Bagi Anda ibu rumah tangga yang anaknya masih bersekolah, profesional, pekerja kantoran dan sebagainya pasti tidak asing dengan noda tinta akibat pulpen atau sejenisnya. Noda ini termasuk noda membandel yang sulit dibersihkan. Apalagi di baju warna putih. Sedikit saja ada noda semacam ini akan mengubah tampilan baju putih Anda. Cara mencuci baju putih agar terlihat bersih cemerlang pun menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara menghilangkan noda tinta di baju warna putih seperti berikut ini.

  • Kenali Jenis Noda Tinta

Anda harus memahami jenis tinta yang menodai baju putih Anda. Ada tinta jenis water-based yang berbahan dasar sehingga mudah dibersihkan hanya dengan rendaman air dan detergen. Namun, ada pula tinta murni yang notabene sulit dibersihkan. Terdapat tinta yang bersifat temporary atau sementara dan permanent atau menetap. Jenis tinta dapat diketahui dari teksturnya.

  • Cuci Segera Mungkin

Sebaiknya cucilah dengan segera baju yang terkena noda tinta. Karena jika noda tinta telah mengering akan lebih sulit dibersihkan kecuali dengan bahan-bahan tertentu. Ketika noda tinta masih basah, Anda bisa menghilangkannya dengan tissue yang ditekan pada titik noda tersebut. Tekan dengan kuat agar tinta terserap oleh tissue.

Meski tidak terserap seluruhnya, setidaknya sisa noda tinta di baju putih lebih sedikit sehingga bisa lebih mudah dibersihkan dengan tahap-tahap selanjutnya.

  • Menggunakan Aseton, Cairan Pembersih Cat Kuku

Bagi Anda yang hobi menghias kuku-kuku jari dengan cat atau cutex, pasti tidak asing lagi dengan aseton. Ya, cairan pembersih cat kuku ini dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko penjual cutex, aksessoris wanita, apotek dan lain-lain. Cara menggunakannya cukup dengan menuangkan larutan aseton pada bagian baju yang terkena noda tinta. Anda bisa menggunakan cotton buds jika nodanya tidak terlalu besar. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu kuceklah hingga nodanya hilang.

Setelah itu, cucilah dengan detergen dan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa noda tintanya.

Sponsors Link

  • Cuka Putih dan Cairan Pencuci Piring

Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda tinta pada baju putih dengan cara menuangkannya di bagian yang terkena noda. Gunakan cuka sebanyak satu sendok teh. Lalu diamkan selama sekitar 10 menit. Kemudian oleskan cairan pencuci piring sebanyak 1 – 2 tetes ke permukaan baju yang terkena noda. Selanjutnya gosoklah secara perlahan untuk menghilangkan noda tinta tersebut. Diamkan selama 5 menit, barulah dibilas dengan menggunakan air dingin yang bersih. Kemudian dicuci dengan detergen.

Beberapa cara yang telah diulas di atas telah terbukti ampuh dalam menghilangkan noda tinta di baju warna putih. Dapat juga diterapkan pada baju berwarna. Cara menghilangkan noda pada baju sesuai jenis nodanya memang penting untuk dipelajari bagi Anda yang ingin bajunya selalu bersih seperti baru.

Sponsors Link

Posted by · Tags: baju putih, baju warna putih, cara menghilangkan, noda tinta