Cara menyetrika agar wangi  pada pakaian, wajib kita ketahui. Kok wajib? Ya wajib! Coba anda bayangkan seseorang yang berpakaian rapi namun bau, wah pasti orang-orang akan segan berdekatan dengan orang tersebut. Untuk  membuat pakaian wangi, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Dari mulai proses mencuci, menjemur, menyetrika dan penyimpanan. (Baca juga : Cara menyetrika Agar Licin , Cara Menyetrika Baju Sablon)

ads

Mencuci adalah proses awal dari perawatan pakaian. Jika terjadi kesalahan dalam proses mencuci,  maka dijamin pakaian anda bukannya bersih dan wangi namun malah bisa jadi bernoda, bau dan rusak. (Baca Juga: Jenis Kerusakan Setrika ListrikSetrika Untuk Laundry)

Langkah-langkah yang harus anda perhatikan ketika mencuci adalah:

  • Pisahkan pakaian berwarna dan putih atau yang berwarna terang (Baca Juga: Setrika Uap Murah Watt Kecil)
  • Siapkan deterjen sesuai dengan banyaknya pakaian yang akan anda cuci. Jangan terlalu banyak karena akan menyebabkan sisa busa pada pakaian anda. Hal ini akan membuat baju anda bau ketika kering. (Baca Juga: Cara Menyetrika Baju Kaos)
  • Usahakan pakaian yang dicuci jangan terlalu banyak, naikkan air 1 level keatas agar kerja mesin cuci maksimal. Lebih baik anda mencuci dua kali daripada memaksakan mencuci satu kali tapi hasil cucian tidak maksimal dan membuat beban mesin cuci berlebih. (Baca Juga: Cara Menyetrika Agar tidak Mengkilap)
  • Gunakan pewangi pakaian pada bilasan terakhir, dan biarkan selama kurang lebih 30 menit, agar wanginya meresap.
  • Setelah dibilas dan dikeringkan, jemur pakaian dan segera diangkat ketika sudah benar-benar kering. Jangan biarkan pakaian anda terus menerus berada dibawah sinar matahari karena akan merusak serat kain. (Baca Juga: Cara Menyetrika Almamater dengan Benar)

Setelah proses  mencuci dan menjemur selesai, pakaian siap disetrika. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan pakaian, pilah-pilah sesuai dengan jenis kainnya. Proses penyetrikaan bisa dimulai dengan jenis kain yang memerlukan temperature rendah. (Baca juga: Setrika Sanken)
  2. Siapkan alas setrika yang baik. (Baca Juga: Cara Merawat Setrika)
  3. Siapkan pewangi khusus untuk pakaian. Campurkan pewangi dengan air sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Saat ini banyak produk-produk pewangi yang tinggal pakai, namun jika anda ingin berhemat, beli saja biangnya dan anda tinggal mencampurnya dengan air. Apabila anda merupakan keluarga besar, lebih hemat jika anda membeli pewangi pakaian yang khusus untuk laundry. (baca juga: Agar Setrika Tidak Lengket
    Sponsors Link

  4. Siapkan pakaian yang akan disetrika, rapikan lipatan-lipatan. Semprotlah dengan cairan pewangi secukupnya.
  5. Setrika mulai dari bagian atas pakaian, dilanjutkan dengan kedua belah tangan dan bagian badan. (Baca Juga: Setrika Gas Laundry)
  6. Ketika selesai lipatlah pakaian atau lebih baik digantung. Sebelum dimasukkan kedalam lemari, semprotlah sekali lagi dengan cairan pewangi. Tunggulah hingga baju tidak lembab, baru dimasukkan kedalam lemari. Jangan sekali-sekali menyimpan pakaian yang masih lembab, karena akan menimbulkan jamur pada pakaian, yang akhirnya akan merusak pakaian dan tentu saja bau. (Baca Juga: Cara Menyetrika Pakaian Agar Tidak Pudar )
  7. Ada satu cara yang dilakukan oleh laundry-laundry untuk penyemprotan akhir agar pakaian wangi. Mereka mencampurkan methanol dengan pewangi. Mengapa methanol? Karena methanol cepat menguap. Ketika anda menyemprot pakaian anda, methanol akan segera menguap dan pewanginya akan tinggal pada pakaian anda. Anda tidak usah menunggu lama untuk segera menyimpan pakaian anda di lemari. Kalau anda menyiapkan cairan pewangi plus air dan pewangi plus methanol diawal proses menyetrika, jangan takut untuk tertukar karena anda bisa membedakan dari warna cairan tersebut. Cairan pewangi plus air akan berwarna keruh, sedangkan cairan pewangi plus methanol warnanya bening. Baca juga: Cara Menyetrika agar Tidak Mengkilap , Cara Menggunakan Setrika Uap)

Mungkin sebagian dari anda yang tidak tahu apa itu methanol, methanol dikenal juga sebagai metil alkohol, merupakan bentuk paling sederhana dari alkohol. Cairan ini ringan, mudah menguap, tidak berwarna dan  mudah terbakar. Api dari methanol ini tidak berwarna oleh karena itu kita harus hati-hati bila dekat dengan methanol yang terbakar. Namun tidak usah takut, apapun kegiatan anda, kuncinya adalah berhati-hati. (Baca juga : Cara Menyetrika Agar Tidak Pudar dan Awet)

Demikian beberapa langkah agar pakaian anda tetap wangi walau anda tidak menggunakan parfum atau cologne. Selamat berwangi-wangi ria!!

Sponsors Link

Posted by · Tags: agar, agar wangi, cara, cara menyetrika, cara menyetrika agar wangi, menyetrika, wangi