Cara menyetrika baju yang mudah kusut harus kita ketahui dan pelajari saat kita membeli pakaian yang terbuat dari kain yang mudah kusut. Ada beberapa kain yang sangat mudah kusut, biasanya kain katun untuk kemeja atau terusan yang tipis dan terbuat dari benang katun yang bermutu rendah. Bagi orang-orang yang ahli atau berpengalaman di dunia tekstil, akan mudah membedakan mana kain katun yang bagus dan mana yang bermutu rendah. Namun bagi orang-orang kebanyakan, hal ini akan sulit dibedakan. Baju akan ketahuan kusut terus setelah pertama kali dicuci dan disetrika.

ads

Baca juga :

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan pada saat anda menemukan bahwa baju yang anda beli ternyata mudah kusut. Dimulai dari cara mencuci dan mengeringkannya sebagai berikut:

  • Usahakan baju tersebut dicuci manual atau pakai tangan
  • Kalau terpaksa menggunakan mesin cuci, jangan terlalu banyak menjejalkan cucian karena hanya akan menambah kusut baju-baju anda. (Baca juga : Cara Menyetrika KemejaCara Menyetrika Celana)
  • Selalu naikkan satu level air ketika anda mencuci dari yang disarankan oleh mesin cuci anda.
  • Tambahkan pelembut dan pewangi pada bilasan terakhir dan rendam kira-kira 30 menit. Pelembut akan melapisi serat kain pada baju anda, sehingga akan memudahkan proses menyetrika. 
    Sponsors Link

  • Segera keluarkan cucian setelah selesai dikeringkan. Semakin lama anda menunda-nunda menjemur baju-baju anda, maka cucian anda akan semakin kusut dan tentu saja berpotensi besar menjadi bau apek. (baca juga : macam-macam setrika cosmos , jenis setrika miyako)
  • Kibas-kibaskan cucian anda untuk mengurangi kusut yang terjadi ketika proses mencuci dan mengeringkan oleh mesin cuci.
  • Jemur dengan cara digantung. Jika dijemur di tali jemuran, maka baju anda akan berpotensi mempunyai garis bekas tali tersebut.
  • Segera angkat jemuran anda ketika kering sempurna. Jangan terlalu lama dijemur dibawah sinar matahari karena akan berpotensi merusak kain baju-baju anda

Baca juga:

Untuk menyetrika baju yang mudah kusut dengan hasil yang maksimal, lebih baik anda menggunakan setrika uap, namun setrika listrikpun bisa menghasilkan setrikaan yang maksimal jika dilakukan dengan benar dan sabar. Berikut langkah-langkah proses penyetrikaan menggunakan setrika listrik dan setrika uap:

  1. Siapkan baju-baju yang akan anda setrika
  2. Siapkan alas setrika yang baik
  3. Siapkan semprotan berisi cairan pewangi pakaian
  4. Setting suhu sesuai dengan jenis kain pakaian anda
  5. Mulai menyetrika dari bagian kerah, kemudian kedua belah tangan (Baca juga : Setrika Uap Philips, Setrika Listrik Miyako)
  6. Untuk  memudahkan proses penyetrikaan bagian badan, lebih baik anda menyetrika satu bagian- satu bagian, jangan ditumpuk. Akan lebih mudah lagi dilakukan jika anda menggunakan meja setrika berdiri.
  7. Lakukan proses menyetrika dengan perlahan. Selalu ikuti arah serat kain agar kain menjadi awet.
    Sponsors Link

  8. Gantung baju-baju yang telah selesai disetrika. Tunggu hingga kering betul, baru dimasukkan kedalam lemari
  9. Usahakan semua baju-baju digantung dan jangan dilipat. Hal ini bisa mengurangi kusut pada baju anda (baca juga :cara merawat setrika agar awetjenis setrika yang digunakan laundry)
  10. Jika anda menggunakan setrika uap, setting panas sesuai dengan jenis kain pakaian anda. Ketika uap sudah keluar, mulailah proses penyetrikaan.
  11. Gantung pakaian anda, mulailah menguapi pakaian anda disemua sisinya.
  12. Jika pakaian anda ternyata masih kusut, setrikalah langsung pada pakaian anda.
  13. Setelah pakaian diangin-angin sampai kering, simpanlah dengan cara digantung agar tidak kusut kembali.

Baca juga :

Ngomong-ngomong tentang kusut, ada beberapa kain yang ketika proses produksinya memang dibuat kusut. Anda harus hati-hati ketika merawatnya. Proses mencuci sebaiknya dengan tangan saja, enaknya baju dengan bahan kusut ini bisa diperas dengan tangan walau tetap tidak boleh terlalu kencang memerasnya. Jemurlah dengan cara diletakkan diatas meja, jangan sekali-sekali digantung atau dijemur diatas tali jemuran. Hal ini bisa merusak motif kusut pada kainnya. Dan kabar baiknya lagi, baju-baju ini tidak usah disetrika. Setelah kering benar bisa digantung dan  langsung diletakkan di lemari anda.

Baca juga :

Sponsors Link

Posted by · Tags: baju, kusut, menyetrika baju, Menyetrka, mudah kusut