Cara menyetrika celana kain pada umumnya sama saja seperti cara menyetrika celana jeans atau cara menyetrika celana kerja karena pada umumnya celana kerja terbuat dari bahan kain. Hanya saja dengan perkembangan tren fashion saat ini, celana kain tak selalu diasosiasikan sebagai celana kerja karena baik pria maupun wanita mengenakan celana kain tak hanya sebagai seragam kantor tapi juga pakaian sehari-hari seperti celana chino yang akhir-akhir ini sedang tren atau celana cargo yang sempat tren beberapa waktu lalu. Sementara untuk koleksi celana kain wanita lebih beragam lagi mulai dari kulot, legging, jegging, celana model fit and flare dan masih banyak lagi.

ads

Artikel Terkait:

Cara Menyetrika Celana Kain Berdasarkan Jenis Kain

Pada dasarnya cara menyetrika celana panjang sama saja seperti cara menyetrika celana panjang atau cara menyetrika celana chino tapi yang harus diperhatikan adalah jenis bahannya. Berikut adalah 7 jenis bahan celana kain yang paling sering digunakan:

  1. Celana Kain Spandek

Celana kain spandek pada umumnya dibuat untuk celana wanita. Cara menyetrikanya gampang-gampang susah karena kain ini bertekstur halus, licin dan agak mudah kusut. Suhu setrikaan yang dipakai jangan terlalu panas karena hanya membuat permukaan kain spandek mengkilap apalagi jika serat sintetis ini dipadankan dengan bahan polyester yang tidak tahan panas. (baca juga: Cara Menyetrika Bahan Polyester)

  1. Celana Kain Jersey

Dibandingkan spandek, celana kain jersey lebih dingin dan lebih tebal. Jenis kain jersey sering digunakan untuk pakaian olah raga baik pria dan wanita. Cara menyetrika jersey sama dengan cara menyetrika baju katun karena pada dasarnya jersey adalah campuran bahan katun murni atau katun sintetis.

  1. Celana Kain Kanvas

Celana kain kanvas memang jarang digunakan sebagai kain celana panjang yang digunakan sehari-hari mengingat kain ini agak tebal dan panas. Tapi karena tekstur kain yang tebal kain ini sering digunakan untuk seragam pekerja tambang karena aman melindungi kulit dan cara menyetrikanya seperti menyetrika celana jeans dan tidak masalah jika menggunakan setrika dengan suhu tinggi.

  1. Celana Kain Katun

Celana kain yang terbuat dari bahan katun sangat lumrah ditemukan dan bahan katun adalah bahan yang paling mudah untuk disetrika. Bahannya cukup tahan panas sehingga aman jika Anda menyetrika dengan suhu tinggi serta tidak mudah kusut.

Sponsors Link

  1. Celana Kain Denim

Bicara soal kain untuk celana bahan denim memang yang paling direkomendasikan karena selain nyaman dipakai kain denim juga tergolong bahan yang kuat untuk celana. Cara menyetrikanya juga mudah karena kain ini tidak mudah kusut dan tidak masalah jika disetrika dengan suhu tinggi.

  1. Celana Kain Drill

Jika Anda familiar dengan model cargo pants yang sempat ngetren beberapa waktu lalu maka kebanyakan celana jenis tersebut menggunakan kain drill. Celana dengan bahan kain drill tidak masalah jika disetrika dengan suhu tinggi tapi sebaiknya jangan lama-lama karena kebanyakan campuran bahan kain drill adalah polyester yang tidak tahan panas akibatnya walaupun celana tidak rusak tapi mudah terlihat mengkilap. (baca juga: Cara Menyetrika Agar Tidak Mengkilap)

Sponsors Link

  1. Celana Kain Thaisilk

Dibandingkan dengan jenis bahan lainnya bahan kain thaisilk termasuk baru tapi menjadi yang paling populer akhir-akhir ini karena bahannya yang lembut dan tidak kaku. Cara menyetrikapun relatif sangat mudah karena tidak mudah kusut hanya saja sebaiknya untuk menjaga kualitas kain jangan menggunakan suhu tinggi untuk menyetrikanya.

Artikel Terkait:

Yang terpenting dalam menyetrika celana adalah Anda harus mengenali terlebih dahulu karakteristik bahannya karena jenis bahan kain sangat erat kaitannya dengan ukuran suhu yang digunakan saat menyetrika sehingga Anda tahu bagaimana cara menyetrika yang benar.

Sponsors Link

Posted by · Tags: celana, celana kain, jenis bahan