Menyetrika menjadi salah satu pekerjaan rumah tangga yang dilakukan secara rutin karena setiap hari manusia selalu membutuhkan pakaian. Fungsi pakaian atau sandang yang termasuk ke dalam kebutuhan primer manusia ternyata bertumbuh secara dinamis. Apabila dahulunya pakaian dimanfaatkan sebagai penghangat tubuh saja, sekarang merk pakaian dan kerapiannya dapat menjadi tolok ukur penilaian masyarakat.

ads

Sayangnya bagi orang-orang perfeksionis, pekerjaan menyetrika yang sebenarnya sederhana dapat menjadi beban yang membuat pusing. Sedikit saja ada lipatan yang masih tersisa, para pefeksionis dapat menghabiskan waktu sampai kain yang disetrika rapi sempurna. Padahal pekerjaan manusia bukan terbatas pada pekerjaan menyetrika.

Sifat perfeksionis yang berdampak pada lamanya waktu menyetrika bisa-bisa mempengaruhi disiplin seseorang. Terlebih jika pekerjaannya masih berada di masa belajar. Kepercayaan dari guru atau atasan dapat berkurang akibat kurang disiplinnya seseorang datang ke kantor atau sekolah. Semua ini dikarenakan satu hal yang menuntut keperfeksionisan, menyetrika.

Artikel Terkait :

Namun jika kita pergi ke sekolah, kantor atau main bersama teman ke tempat yang agak berkelas tanpa pakaian rapi sempurna tentunya terbesit rasa malu dan kurang nyaman. Entah perasaan tidak enak itu datang sedikit atau banyak, yang jelas sebagai makhluk sosial manusia juga menginginkan pujian dan penghargaan dari orang lain. Dan hal itu bisa didapatkan dari penampilan yang rapi dan licin.

Karenanya, setiap ibu rumah tangga yang ingin memastikan keluarganya tetap dalam keadaan rapi harus memiliki trik jitu agar waktunya tidak tersedot pekerjaan menyetrika. Dengan begitu, sebagai ibu rumah tangga yang baik, anda bebas melakukan pekerjaan rumah yang lain agar tampak lebih rapi dan bersih.

Cara Menyetrika Cepat

Tips dan trik menyetrika cepat ini dihasilkan atas permasalahan waktu menyetrika yang sering menelan banyak menit. Menyetrika terburu-buru hanya akan menambah kekusutan yang ada di pakaian karena disetrika sembarangan. Oleh karenanya, anda harus menyimak tips dan trik menyetrika cepat berikut ini.

  1. Alumunium Foil

Sedikit unik jika kita mengaitkan aluminium foil dengan menyetrika. Namun konflik menyetrika yang harus membolak-balikkan pakaian ternyata dapat diatasi dengan benda yang satu itu. (Baca juga : Cara Merawat Setrika Agar Awet)

Caranya adalah dengan menaruh aluminium foil di atas papan setrika atau jika tidak ada papan khusus setrika boleh diletakkan di permukaan yang datar sebagai tempat menyetrika. Sifat aluminium foil yang senang memantulkan panas sangat berguna dalam proses menyetrika.

Sponsors Link

Aluminium yang diletakkan sebagai alas menyetrika akan memantulkan panas yang diterimanya hingga tembus ke sisi lawan pada pakaian. Pastinya anda ingat syarat menyetrika harus utuh dan rapi menyeluruh. Sehingga tidak mungkin anda membiarkan sisi baju bagian depan kusut sementara bagian belakang baju sudah rapi.

Proses membolak-balik baju ini cukup menguras waktu. Akan lebih baik apabila anda menerapkan trik yang pertama ini sebagai jawaban atas permasalahan waktu tersebut. Jadi anda hanya perlu menyetrika satu sisi karena aluminium foil akan menghantarkan suhu panas yang diterimanya sampai ke sisi lain pada pakaian. Waktu anda pun dapat 2 kali lebih hemat.

  1. Gulungan Handuk

Gulungan handuk berguna dalam penyetrikaan lengan panjang kemeja yang biasanya memakan waktu lama agar menghasilkan lengan tak berlipat. Namun jika kita menggunakan cara manual seperti mengulang-ulang penyetrikaan dan menekan bagian tengah lengan hanya akan semakin menghabiskan waktu anda. Jalan pintasnya, taruhlah gulungan handuk kecil ke dalam lengan lalu setrikalah seperti biasa. (Baca juga : Cara Menyetrika Jas)

  1. Setrika dari Dalam

Menyetrika dari dalam memang ampuh mempercepat kelicinan baju berbahan tebal dan khusus seperti pada cara menyetrika jersey dan cara menyetrika kemeja. Di samping itu, bagian kerah dan kancing yang berpotensi mengerut dapat diatasi dengan cara menyetrika dari dalam. Cara ini juga akan menjaga warna setrika agar tetap baik, sehingga waktu anda tidak akan habis untuk menunggu panas yang pas saat menyetrika.

  1. Segera Mengatasi Lengket

Permasalahan yang terlalu sering menimpa para maniak setrika adalah setrika lengket. Walaupun setrika listrik otomatis yang sekarang banyak dikeluarkan pabrik sudah dilengkapi dengan lapisan anti lengket, namun lapisan ini dapat terkikis oleh goresan-goresan benda keras.

Sehingga untuk mengatasi lengket pada setrika, anda harus mengetahui cara agar setrika tidak lengket. Cara-cara mengatasinya beragam. Mulai dari yang tradisional hingga praktis. Namun diantara semuanya, tidak ada cara yang membutuhkan bahan sulit dan berbahaya. Ini hanya masalah kecil, namun jika dibiarkan terus menerus dapat menyita waktu anda menyetrika karena baju tidak kunjung licin.

  1. Membuat Prioritas

Tips yang kelima ini sangat patut dicoba jika anda sudah memahami tips-tips sebelumnya. Cara kali ini adalah solusi bagi anda yang memiliki tugas setrikaan menggunung namun malas menyelesaikannya. Padahal waktu yang diberikan tidak banyak dan acara yang akan dihadiri bukan mejeng biasa. Untuk mengatasinya, anda perlu membuat skala prioritas. Ternyata skala prioritas bukan hanya digunakan bagi para pebisnis saja, namun juga bermanfaat bagi ibu rumah tangga.

Sponsors Link

  • Mulailah dengan mengatur jadwal pertemuan dalam hidup sendiri yang sekiranya membutuhkan pakaian khusus sejenis seragam. Pakaian seragam biasanya terbuat dari kain katun yang mengharuskan penyetrika memahami cara menyetrika baju katun dengan baik. Di samping itu, seragam juga didesain dengan ciri khas tertentu yang terkadang membutuhkan perawatan tersendiri. Sisihkan dulu pakaian-pakaian penting ini.
  • Buatlah kelompok baju yang kedua. Kelompok ini berisikan baju-baju santai yang ringan dipakai dimana saja. Misalkan kaos oblong, baju koko, gamis, mukena atau jenis kain yang lainnya. Jenis yang ini tidak terlalu menuntut kesempurnaan dalam penyetrikaan, meskipun lebih baik seperti itu.
  • Buatlah kelompok baju yang ketiga. Sebenarnya pakaian golongan ini boleh ditambahkan dan boleh tidak. Yang tergolong ke dalamnya merupakan lingerie, syal, dan beberapa jenis pakaian yang tidak tidak gampang kusut dan tidak menjadi perhatian utama orang lain. (Baca juga : Cara Menyetrika Jersey)
  • Setelah anda menggolongkan pakaian ke dalam 3 golongan di atas, anda mulai mengerjakan tugas rumah tangga anda dari yang paling sederhana saja. Kelompok pakaian kedua yang tidak menuntut banyak tenaga bisa menjadi alternatif pertama sekaligus pemacu anda menyelesaikan tugas yang menumpuk.
  • Menyetrikalah dari jenis kain yang membutuhkan suhu rendah terlebih dahulu agar pemakaian listrik tidak melonjak. Atur suhu panas sesuai jenis pakaian anda. Biasanya pakaian golongan 2 memakai suhu rendah saja agar rapi, diteruskan dengan pakaian seragam yang membutuhkan suhu tinggi karena dibuat dari katun. (Baca juga : Cara Menyetrika Kemeja)
  • Apabila anda malas di tengah jalan anda boleh istirahat sebentar dengan minum atau makan ringan. Ingat beban anda telah berkurang setelah anda menyetrika beberapa potong pakaian sebelum beristirahat. Itu artinya beban tugas anda tinggal sedikit lagi dan jika anda segera menyelesaikannya, tugas akan berakhir.
  • Lanjutkan menyelesaikan seluruh pekerjaan dengan motivasi sendiri –boleh seperti di atas. Pembuatan skala prioritas ini dapat membuat anda semakin cepat menyelesaikan pekerjaan karena memiliki target dan tujuan, begitu juga dengan motivasi diri yang terus anda bentuk.
  • Jika pakaian golongan pertama dan kedua sudah selesai, anda boleh mencabut kabel setrika dari terminal listrik. Sekarang anda tinggal memilih, akan menyetrika pakaian golongan ketiga atau hanya melipat rapi saja. Apabila anda memutuskan menyetrika, cukup dengan sisa panas dari setrikaan sebelumnya, anda bisa menyelesaikan setrikaan pakaian golongan 3. (Baca juga : Cara Kerja Setrika)

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara kerja, menyetrika, setrika, tips, tips menyetrika