Seperti yang kita tahu bahwa jas termasuk salah satu jenis pakaian yang sering digunakan untuk acara-acara yang bersifat formal alias resmi. Kesan berwibawa yang dimiliki oleh jas membuat siapapun orang yang memakainya akan terlihat lebih keren dan dewasa. Selain itu, penggunaan jas juga seolah-olah dapat mengangkat citra dari seseorang dan juga menunjukkan bahwa orang tersebut pekerja keras.

ads

Dahulu, penggunaan jas identik dengan mereka yang bekerja di kantor. Namun seiring perkembangan di dunia fashion, jas menjadi salah satu pakaian yang bisa digunakan oleh siapa saja. Meskipun begitu, tetap saja hal yang penting bagi anda yang menggunakan jas adalah paham tentang bagaimana cara menyucinya dengan benar.

Di bawah ini akan kami berikan penjelasan mengenai apa saja langkah-langkah untuk menyetrika jas anda agar tidak kusut.

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan segala yang dibutuhkan untuk mengembalikan jas anda yang kusut menjadi rapi kembali. Beberapa bahan yang harus anda siapkan seperti setrika, alas, jas, dan juga pewangi pakaian.

2. Jangan menyetrika bagian kerah

Ketika anda hendak menyetrika jas anda, ada hal penting yang tidak boleh anda lupakan. Bagian kerah pada jas anda tidak boleh disetrika sampai nanti anda menemukan sendiri bahwa terdapat lipatan pada kerah tersebut. Namun, bagaimana jika ternyata kerah anda malah kusut? Tentu anda harus menyetrika dengan cara yang benar.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan sarung atau kain yang sebelumnya sudah sedikit anda basahi untuk kelembapan. Selanjutnya, anda harus melipat kain tersebut sampai ukurannya sama dengan kerah pada jas anda. Nanti anda harus menjadikannya sebagai alas ketika anda menyetrika bagian kerah.

Anda harus ingat bahwasanya jangan sampai ada sedikit lipatan pada bagian kerah jas anda, kecuali yang jaraknya kurang lebih 3 jari dari kancing bagian atas karena memang untuk kebutuhan estetika.

3. Pastikan lengan tidak ada lipatan

Sama halnya dengan bagian kerah, lengan juga termasuk bagian yang jangan sampai ada lipatan. Jika lengan jas anda terdapat lipatan dan kemudian anda pakai, tentu jas anda akan kusut dan membuat orang lain yang melihat anda akan berpikir bahwa anda termasuk orang yang malas. Maka dari itu, sebelum anda mulai menyetrika jas, pastikan anda sudah memposisikan lengan jas anda secara lurus dengan benar.

Dengan begitu, ketika anda mulai menyetrika maka anda sudah bisa menyetrika lengan jas hujan dengan mudah dan tidak sampai menimbulkan lipatan kembali.

4. Gunakan pewangi pakaian

Untuk cara menyetrika jas kusut yang terakhir adalah anda harus menyetrikanya dengan bantuan pewangi pakaian. Terdapat banyak pewangi pakaian yang dijual dengan berbagai macam harga. Anda bisa mendapatkan pewangi pakaian di supermarket atau membelinya di toko yang memang khusus menjual pewangi pakaian.

Sebelum anda menyetrika jas, pastikan anda sudah menyemprotkan pewangi pakaian yang sudah anda beli. Pewangi pakaian di sini bukan hanya akan memberikan keharuman pada jas anda, melainkan juga akan membantuk membuat jas menjadi licin sehingga lebih mudah untuk disetrika.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara menyetrika, jas, kusut