Apakah anda sudah tahu tentang bagaimana cara menyetrika kain wolfis? Banyak yang mengira bahwasanya kain wolfis dibuat dari perpaduan antara sutra dan juga katun sehingga di dalam menyetrikanya pun harus menerapkan cara menyetrika kain sutra. Padahal, jika anda perhatikan baik-baik kain wolfis tidak dibuat dengan menggunakan dua bahan tersebut.

ads

Namun memang jika berbicara mengenai keunggulan, tentu kain wolfis bisa dikatakan masih berada di tingkatan bawah jika dibandingkan dengan kain sutra maupun juga kain katun.

Bahan yang digunakan untuk membuat kain wolfis adalah polyester sehingga secar tidak langsung yang harus anda lakukan ketika ingin menyetrika kain wolfis adalah dengan menerapkan bagaimana cara menyetrika kain polyester yang sebelumnya sudah kami jelaskan kepada anda.

Anda tidak perlu khawatir karena cara-cara yang akan kami jelaskan di bawah ini tergolong cara yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun tanpa harus menyiapkan peralatan atau bahan khusus.

1. Pastikan bahwasanya kain wolfis sudah kering

Langkah awal yang harus anda lakukan ketika anda ingin menyetrika kain wolfis adalah dengan memastikan terlebih dahulu bahwasanya kain tersebut sudah benar-benar dalam kondisi yang kering.

Yang harus anda perhatikan adalah bahan wolfis merupakan bahan yang mudah kering, namun bukan berarti anda boleh menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung karena hal ini malah akan merusak kain tersebut.

Jika kain wolfis yang ternyata masih dalam kondisi basah atau sedikit belum kering dan anda tetap menyetrikanya, maka akan membuat kain tersebut malah kusut dan bahkan mengkerut sehingga malah akan membuatnya tidak menarik lagi.

Maka dari itu, anda harus benar-benar memastikan kain wolfis anda apakah sudah benar-benar kering atau belum.

2. Siapkan setrika

Setelah kain wolfis sudah kering, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan setrika dan mulailah menerapkan cara menyetrika yang benar.

Anda harus mengatur suhu pada setrika anda agar supaya tidak terlalu tinggi yang dikhawatirkan jika terlalu panas malah akan membuat kain wolfis menjadi rusak. Alasannya adalah seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa kain wolfis dibuat dari polyester yang notabene dibuat dari plastik sehingga ketika suhu setrika terlalu panas malah akan membuat kain tersebut mengkerut dan bahkan meleleh.

Suhu pada setrika yang panas bukan hanya bisa merusak kain wolfis, namun juga akan membuat lempengan setrika rusak. Tentunya anda harus benar-benar mempelajari cara merawat setrika agar awet supaya tidak rusak dan salah satunya mengatur suhu yang sesuai dengan kain yang anda setrika.

3. Setrika pada bagian dalam

Perlu anda tahu bahwasanya ketika menyetrikanya, anda harus menyetrikanya pada bagian dalamnya terlebih dahulu. Anda harus menyetrikanya secara berhati-hati agar supaya tidak merusak kain wolfis.

Sekedar informasi bahwasanya menyetrika bukan hanya bertujuan untuk membuat baju menjadi licin, melainkan ia juga memiliki tujuan lainnya yaitu untuk membunuh jamur dan bakteri yang kemungkinan masih menempel meskipun sudah dicuci.

Setelah anda selesai menyetrika bagian dalam kain wolfis, maka barulah anda mulai menyetrika bagian  luarnya.

Sponsors Link

Hal lain yang juga tidak kalah penting yang harus anda pahami sebelum menyetrika kain wolfis adalah pada dasarnya kain ini termasuk kain yang tidak gampang kusut asalkan anda memakainya dengan benar, namun bukan berarti juga bahwa kain tersebut tidak mudah kusut.

Yang harus anda lakukan adalah dengan memfokuskan untuk mulai menyetrika pada bagian kain wolfis yang anda pikir paling kusut dan barulah anda mulai menyetrika bagian yang lain. Jangan terlalu lama menyetrikanya karena pada dasarnya jenis kain yang satu ini mudah untuk disetrika.

4. Setrika permukaan kain wolfis

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwasanya setelah anda menyetrika bagian yang paling kusut dan menyetrika pada bagian dalam, maka mulailah anda mengalihkan fokus anda untuk menyetrika di bagian permukaan kain wolfis tersebut.

Anda harus ingat bahwa anda tidak dianjurkan untuk menyetrika terlalu lama karena yang anda lakukan tersebut malah akan membuat kain wolfis terlihat mengkilap.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai bagaimana cara menyetrika kain wolfis. Kesimpulannya adalah, kain wolfis termasuk salah satu jenis kain yang sebenarnya mudah disetrika, asalkan anda juga harus memperhatikan suhu panas pada setrika anda.

Jika anda menyetrika kain wolfis terlalu panas, maka bisa membuatnya mengkilap. Anda juga disarankan untuk mulai menyetrika di bagian yang dirasa paling kusut dan baru anda mulai menyetrika di bagian yang lain.

Semoga informasi yang kami berikan barusan dapat bermanfaat sehingga anda bisa lebih berhati-hati ketika anda ingin menyetrika kain wolfis. Sebelum kami akhiri penjelasan ini, kami mengajak anda untuk mempelajari informasi lain yang juga tidak kalah penting yaitu cara menyetrika kain beludru.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara menyetrika kain, kain wolfis, menyetrika kain wolfis