Menyertika baju yang ternyata memiliki kain yang susah halus tentu akan membuat kita jengkel, terlebih lagi jika ternyata kita benar-benar sedang membutuhkannya sementara waktu yang kita miliki terbatas. Bahkan, dalam kondisi santai pun menyetrika baju yang ternyata cenderung susah halus akan tetap saja membuat kita merasa jengkel dan bahkan ingin merobeknya saja.

ads

Hal inilah yang akan membuat kita selalu memutar otak untuk mengetahui bagaimana cara menyetrika kain yang susah halus secara cepat sehingga tidak sampai menyita banyak waktu karena kita mungkin saja sedang buru-buru menghadiri acara penting.

Perlu anda tahu bahwasanya sebenarnya baju yang memiliki kain susah licin tersebut biasanya terbuat dari katun karena memang pada dasarnya kain katun termasuk kain yang mampu menyerap keringat dengan baik, namun ternyata kain ini termasuk mudah kusut sehingga anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyetrikanya.

Karena itulah penting juga bagi anda untuk mengetahui tentang bagaimana cara menyetrika baju katun karena memang kain katun tergolong ke dalam salah satu jenis kain yang susah disetrika.

Sebelum menyetrika kain yang susah halus

Perlu anda tahu bahwa ada beberapa proses yang harus anda perhatikan sebelum nanti anda menyetrika baju yang susah halus tersebut karena proses yang akan kami jelaskan berikut ini erat hubungannya dan akan mempengaruhi apakah kain anda masih susah disetrika atau tidak.

Beberapa proses tersebut antara lain seperti di bawah ini:

1. Ketika merendam baju

Yang harus anda lakukan ketika merendam baju adalah anda tidak boleh merendamnya dalam waktu yang lama karena hal ini hanya akan membuat baju anda menjadi susah untuk disetrika. Akan tetapi, sebelum itu anda juga harus tahu seperti apa bahan yang digunakan oleh baju yang akan anda setrika.

Dan jika bahannya terbuat dari katun, maka anda tidak perlu merendamnya dalam waktu yang lama karena hal ini nantinya hanya akan membuat baju anda menjadi mudah kusut dan terkadang juga bau.

2. Ketika mencuci baju

Pada saat anda mencuci baju, yang harus anda lakukan adalah jangan sampai anda menguceknya terlalu keras. Jika anda mengucek baju anda terlalu keras, maka bisa menyebabkan kainnya menjadi kusut dan malah akan susah untuk dicuci karena ada bekas kucekan anda sebelumnya.

Alasan lain mengapa anda tidak boleh mengucek baju terlalu keras adalah karena hanya akan membuat kain menjadi rusak dan kemungkinan malah baju anda akan melar sehingga ketika anda memakainya, terasa bahwasanya anda memakai baju yang kebesaran atau terlalu besar.

3. Ketika memeras baju

Hal lain yang juga tidak boleh anda abaikan sebelum anda menyetrika baju yang kainnya susah halus adalah pada saat memeras baju anda tersebut. Seperti halnya pada saat mengucek, ketika memeras baju pun dianjurkan agar supaya anda tidak memerasnya terlalu keras.

Alasannya adalah karena baju anda akan menjadi kurus dan bahkan tidak jarang membuat baju anda akan melar atau terasa lebih besar. Alasan lain yang juga harus anda ketahui bahwa jika anda memerasnya terlalu keras malah akan membuatnya susah untuk disetrika.

Ketika menyetrika baju

1. Anda harus mengatur suhu pada setrika

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan mengatur terlebih dahulu suhu panas pada setrika anda yang mana hal ini juga bisa menjadi salah satu cara menyetrika cepat yang bisa anda terapkan.

Dan karena kain anda tersebut berasal dari katun, maka anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan suhu yang terlalu panas pada saat menyetrikanya karena dikhawatirkan malah akan merobek kain tersebut.

Sponsors Link

2. Menyemprotkan pewangi

Salah satu kegunaan dari pewangi pakaian adalah untuk membuat baju menjadi mudah disetrika dan mudah halus. Selain itu, dengan menyemprotkan pewangi pakaian sebelum anda menyetrika akan membuat waktu menyetrika anda menjadi lebih singkat yang tentu saja akan memberikan keuntungan untuk anda yang sedang buru-buru.

Maka dari itu, semprotkan pewangi pakaian secukupnya pada kain yang ingin anda setrika dan barulah anda mulai menyetrikanya. Dijamin baju yang anda setrika akan mudah halus dan juga akan mengeluarkan bau yang lebih harum yang akan membuat anda bisa tampil lebih percaya diri.

3. Setrika secara perlahan

Setelah anda menyemprotkan pewangi pakaian, maka yang juga harus anda perhatikan adalah bahwa ketika menyetrika baju yang susah halus, lakukan dengan perlahan-lahan.

Jika anda ingin benar-benar menghilangkan lipatan atau kerutan pada baju, maka pada saat menyetrikanya, anda tidak boleh melakukannya secara terburu-buru. Anda juga harus memastikan bahwasanya seluruh bagian pada baju anda sudah selesai disetrika.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara menyetrika kain, kain susah halus, menyetrika kain