Kemeja merupakan salah satu jenis pakaian yang sering digunakan. Penggunaannya yang praktis dan memberi kesan sopan biasa digunakan di acara resmi maupun semi formal. Karenanya perawatan kemeja menjadi salah satu prioritas bagi para pengurus rumah tangga.

ads

Selain melalui proses mencuci, kemeja menjadi jenis pakaian yang wajib ada di meja setrika. Sangat tidak sedap dipandang jika seseorang mengenakan kemeja dalam keadaan kusut lalu berbaur dengan orang-orang yang kemejanya rapi. Kerapian sendirilah yang menciptakan kesan di mata orang lain.

Setrika yang digunakan untuk menyetrika kemeja idealnya menggunakan setrika uap, namun jika kemeja anda terdapat larangan menggunakan setrika uap maka sebaiknya anda menggunakan setrika listrik otomatis biasa. Karena pentingnya melakukan penyetrikaan pada baju kemeja, kali ini saya akan membagikan tips dan trik cara menyetrika kemeja yang baik dan benar. Anda dapat mencoba menerapkannya di rumah apabila merasa artikel ini dapat membantu.

Cara Menyetrika Kemeja yang Ideal

Apapun proses pekerjaan rumah tangga yang dikerjakan, tahap persiapan menjadi tahapan awal yang harus dipastikan. Tahap inilah yang akan menentukan hasil akhir dari pekerjaan rumah tangga, termasuk juga menyetrika kemeja. (Baca juga : Cara Merawat Setrika Agar Awet)

Persiapan Matang

Bukan berarti kita harus memikirkan matang-matang dan menyusun strategi. Persiapan yang matang atau sempurna akan menghasilkan kemeja yang licin dan sangat rapi. Tentunya hati anda akan puas dan senang memandang kemeja. Apalagi jika kemeja tersebut dipakai berbaur bersama banyak orang.

1. Memilih Setrika

Pemilihan jenis setrika menentukan pula output kemeja yang digarap. Pilihlah setrika yang berkualitas. Jika anda merasa butuh setrika baru, jangan sembarangan langsung membeli setrika berharga murah. Bagaimanapun juga, harga setrika yang berkualitas cenderung mahal karena mengedepankan kualitas.

Setrika yang dapat mati otomatis ketika terlalu panas dapat membantu menyelamatkan kemeja anda. Kemeja yang anda setrika akan terhindar dari gosong atau kusut karena tiba-tiba setrikanya tersumbat. Jadi setrika berkualitas akan sangat membantu anda menyelesaikan pekerjaan menyetrika kemeja dalam jumlah banyak.

2. Memilih Air

Jika anda menggunakan setrika uap, pilihlah jenis air suling yang dapat berasal dari air kemasan atau air yang sudah anda proses sendiri. Air suling dapat membantu mengawetkan fungsi setrika uap anda. Sementara itu, air kran langsung yang anda masukkan ke laci setrika uap lama kelamaan akan menyumbat fungsi penguapan. (Baca juga : Cara Menyetrika Jas)

Sponsors Link

3. Memilih Alas Setrika

Memilih alas setrika juga penting dalam menyetrika kemeja. Alas yang datar dan bersih akan memudahkan anda menyelesaikan pekerjaan. Sebisa mungkin usahakan anda menggunakan meja setinggi pinggang agar lebih mudah melakukan penyetrikaan kemeja. Atau boleh juga di lantai yang sudah dialasi kain dan handuk bersih.

4. Memilih Tempat Kemeja

Jika anda seorang ibu rumah tangga, pastinya sangat jarang anda menyetrika hanya sepotong kemeja. Untuk tetap menjaga hasil setrikaan yang bagus, anda harus menyiapkan tempat gantungan kemeja. Gantungan pakaian (hanger) dapat anda jadikan tempat menggantung kemeja. Kemudian anda boleh meletakkan kemeja di lemari pakaian yang sudah ada tempat gantungannya atau membuat gagang gantungan sendiri dari kayu yang diletakkan diantara 2 benda yang ketinggiannya sama.

Menyetrika Lengan Kemeja

Walaupun berada di tangan, tapi lengan kemeja merupakan bagian yang sangat penting dalam kemeja. Lengan inilah yang nantinya akan banyak berjabat tangan dengan orang-orang penting. Mungkin saja relasi bisnis anda tiba-tiba merasa aneh jika seorang pebisnis mengenakan kemeja berlengan kusut.

1. Memilih Panas

Untuk menyetrika baju jenis apapun, panas setrika akan menentukan hasil akhirnya. Untuk kemeja pun, anda harus menyamakan jenis kain kemeja anda dengan pengaturan suhu panas yang ada di setrika.

Tinggal anda putar saja hingga suhu setrika menunjukkan ke arah setrika bertuliskan jenis kain pada kemeja anda. Gunakan pengaturan poliester jika kain kemeja anda berasal dari katun dan menggunakan campuran poli.

ads

2. Balik Kemeja

Penyetrikaan lengan kemeja dimulai dengan membuka kancing kemeja dan menyetrika dari bagian dalam. Anda akan lebih mudah menghasilkan kemeja licin jika menyetrika dari bagian dalam. Anda boleh mencoba panas yang sudah anda atur pada bagian dalam kemeja ini. (Baca juga : Cara Kerja Setrika)

3. Meletakkan Kemeja

Letakkan kemeja anda berada di papan setrika yang datar. Kemudian buat lengan kemeja anda menghadap ke bawah dan berada di ujung tatakan setrika yang sempit. Mulailah menyetrika dari jahitan yang mengarah ke ketiak. Pastikan dulu bagian ini ke dan seterusnya sudah terbentuk jahitan yang rapi.

4. Menyetrika

Lengan kemeja mulai disetrika dari area bahu ke bawah. Jangan sampai anda mengenai kancing kemeja. Goresan terhadap benda keras akan mengakibatkan setrika kehilangan lapisan anti lengketnya. Untuk hasil yang lebih maksimal anda juga bisa menambahkan semprotan kain dari tepung kanji atau parfum pelembut yang biasanya ada di pasaran. (baca juga : cara agar setrika tidak kengket)

Anda boleh saja membuat kemeja tanpa lipatan sama sekali atau membuat garis lipatan setrika yang rapi. Jika anda menginginkan kemeja tanpa kerutan atau lipatan sama sekali jangan menekan bagian tepi setrika saat menyetrika, terlebih dalam keadaan setrika panas. Arahkanlah ke bagian kemeja yang lain setiap akan mengenai tepi kemeja.

Setrikalah juga bagian pergelangan tangan kemeja. Jika masih ada kerutan di area ini anda bisa melebarkannya dan menyetrika sesering mungkin agar tidak ada kerutan sama sekali. Tapi anda boleh saja membiarkan area ini dengan setrika sebisanya jika merasa tidak terlalu penting.

5. Membalik Kemeja (lagi)

Setelah selesai disetrika, baliklah kemeja anda dan mulai menyempurnakan penyetrikaan dengan cara membalik kemeja dan menyetrika bagian luar kemeja.

Menyetrika Seluruh Kemeja

1. Menyetrika Kerah

Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembut pakaian saat akan menyetrika. Bagian kerah kemeja juga harus tetap di setrika. Baliklah kerah kemeja anda dan setrika dari 2 bagian sisi. Kerah juga harus licin karena bagian ini sebagai tempat dasi yang akan diperhatikan orang.

Setelah kerah anda rapi anda boleh melanjutkan menyetrika bagian kemeja yang lain agar rapinya sempurna. Setrikalah sesuai dengan arah jahitan kemeja anda. Bagian kerah dan manset kemeja adalah bagian yang boleh ditekan kuat untuk mendapatkan kerapian maksimal.

2. Menyetrika Lipatan Kemeja

Biasanya pada kemeja terdapat lipatan-lipatan yang sulit dirapikan hanya dengan sekali setrika. Areanya terdapat di kemeja bagian belakang di bawah kerah. Anda boleh memilih merapikannya atau menyetrika sebisa mungkin karena area ini sering tertutup dan tidak terlalu diperhatikan orang.

Lipatlah wiru yang ada di bagian belakang kemeja serapi mungkin. Dekatkanlah lipatan itu dengan jahitan kemeja, lalu barulah anda bisa menyetrika. Hasil akhirnya akan rapi. Namun anda juga harus bekerja lebih sabar untuk menghasilkan kemeja yang super rapi. Apapun alasannya, jangan sampai mengenai bagian keras di kemeja anda, misalkan menyetrika kancing kemeja.

Sponsors Link

Posted by · Tags: kemeja, menyetrika, setrika, tips menyetrika