Bagaiaman cara menyetrika rok tutu yang benar? Rok tutu merupakan salah satu jenis rok yang cukup populer, terutama di kalangan wanita yang berusia 20 sampai 25 tahun. Rok tutu jika anda perhatikan sekilas tidak jauh berbeda dengan rok rampel.

ads

Ya, kedua jenis rok ini memang menjadi salah satu yang banyak digunakan. Bahannya yang lembut serta varian warna dan model menjadikan rok ini menjadi idaman para kaum hawa. Biasanya, mereka memakai rok tutu ketika menghadiri acara-acara atau event yang terkesan semi formal, seperti reuni atau hanya sekedar jalan-jalan ke suatu tempat.

Memakai rok tutu juga seharusnya diselingi dengan perawatan yang benar, salah satunya adalah memahami bagaimana cara menyetrika yang benar. Menyetrika rok tutu yang tidak benar hanya malah membuat rok tersebut malah cepat rusak, misalnya saja kusut atau warnanya malah luntur.

Maka dari itu, di bawah ini akan kami jelaskan mengenai apa saja yang harus anda lakukan ketika ingin menyetrika rok tutu.

1. Siapkan alat dan bahannya

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan segala keperluan yang akan anda gunakan untuk menyetrika rok tutu. Bahan-bahan yang harus anda siapkan antara lain: setrika, meja setrika, pewangi pakaian, dan tentu saja rok tutu.

Sekedar informasi jika menyetrika rok tentu berbeda dengan cara menyetrika rok lipit. Pada rok lipit, anda harus menyetrika semua lipitannya, sementara untuk rok tutu malah anda tidak boleh ada lipitan. Jika malah nanti terdapat lipitan, malah akan membuat rok tutu malah kusut.

2. Panaskan setrika

Setelah menyiapkan apa saja yang diperlukan, maka langkah kedua anda harus mulai memanaskan setrika. Perlu anda ingat bahwa karena rok tutu memiliki bahan yang berbeda dengan rok lainnya, maka anda harus menyesuaikan suhu pada setrika anda.

Pastikan bahwa suhu setrika sesuai dengan bahan rok tutu. Jangan sampai terlalu panas karena malah akan membuat warnanya memudar dan malah bisa membuat rok tutu anda menjadi kusut. 

3. Semprotkan pewangi pakaian

Mungkin anda sudah tahu mengapa harus menyemprotkan pewangi pakaian. Selain untuk membuat rok menjadi harum, menyemprotkan pewangi pakaian juga akan membantu membuat setrikaan menjadi licin sehingga mudah untuk disetrika.

4. Proses menyetrika

Sponsors Link

Cara menyetrika rok tutu yang terakhir adalah mulailah untuk menyetrika. Ada hal yang tidak kalah penting yang harus anda perhatikan, kami menyarankan agar anda memanfaatkan ujung yang ada pada meja setrika yang nanti anda manfaatkan sebagai tempat memasukkan rok tutu.

Tujuannya agar nanti ketika anda menyetrika, maka bagian depan rok tutu anda tidak sampai mempengaruhi belakang rok tutu tersebut. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa tidak ada lipatan. Yang harus anda lakukan adalah dengan menarik rok tutu secara perlahan-lahan sampai tidak ada lipatan apapun.

Ketika anda ingin menyetrika bagian pinggang, anda disarankan agar hati-hati. Anda disarankan menggunakan ujung setrika agar bisa menjangkau bagian yang tersembunyi pada rok tutu yang tidak bisa dijangkau dengan bagian samping atau belakang setrika. Ulangi langkah ini untuk sisi yang lainnya alias di baliknya.

 

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara menyetrika rok, menyetrika rok tutu, rok tutu