Bagaimana cara menyetrika sarung yang benar? Sarung merupakan salah satu pakaian yang identik dengan umat muslim meskipun pemakaian saruang juga terkadang digunakan oleh umat beragam lain. Sarung sering dijadikan sebagai pengganti celana ketika ingin melakukan shalat maupun untuk menghadiri kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan.

ads

Ada berbagai macam model dan merk sarung di Indonesia. Selain itu, sarung-sarung tersebut dijual dengan harga yang mulai dari termurah sampai dengan yang paling mahal. Bahkan, sarung juga bisa dijadikan sebagai pengganti selimut dan biasanya memang sering dijadikan sebagai selimut ketika sedang ronda maupun sedang melakukan kegiatan di luar.

Penggunaan sarung juga harus diimbangi dengan melakukan perawatan yang baik. Melakukan perawatan yang baik pada sarung bisa membuat sarung anda tetap bagus dan tidak kusut. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menyetrikanya secara benar. Di bawah ini cara yang harus anda lakukan untuk menyetrika sarung agar tidak kusut.

1. Siapkan perlengkapan

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan berbagai perlengkapan yang diperlukan untuk menyetrika. Peralatan yang anda perlukan tersebut antara lain setrika, semptoran atau pewangi pakaian, sarung, dan juga alas.

Khusus untuk alas, pastikan anda memilih alas yang benar. Anda tidak perlu memilih alas yang terlalu tebal maupun juga terlalu tipis. Pemberian alas ini bertujuan agar mempermudah anda ketika menyetrika sehingga sarung tidak sampai terlalu panas.

2. Pahami bahan sarung anda

Langkah kedua yang juga harus anda lakukan adalah dengan memahami seperti apa bahan yang digunakan untuk membuat sarung anda tersebut. Ada beberapa bahan yang memang menjadi bahan umum untuk pembuatan sarung. Mulai dari bahan kain biasa sampai dengan sarung yang dibuat dari kain katun.

Setiap bahan pembuatan sarung sudah tentu berbeda pula cara menyetrikanya. Oleh sebab itu, anda harus benar-benar mengetahui seperti apa bahan yang digunakan untuk membuat sarung anda tersebut.

3. Panaskan setrika

Setelah anda menyelesaikan langkah pertama dan kedua, maka mulailah anda memanaskan setrika anda. Ingat, karena bahan dari sarung tersebut berbeda-beda dan ketika anda sudah mengetahui bahan atau tekstur dari sarung anda, maka anda bisa mengatur suhunya. Atur suhu pada setrika agar sesuai dengan kain sarung anda.

Jangan sampai suhu pada setrika terlalu panas karena hal ini malah akan membuat sarung menjadi kusut dan bahkan malah gosong. Oleh karena itulah, pada langkah ketiga ini harus benar-benar anda perhatikan sebelum anda mulai menyetrika sarung anda.

4. Mulai menyetrika

Ketika anda menyetrika, pastikan anda sudah memposisikan sarung benar-benar tidak ada lipatan. Mulailah menyetrika secara perlahan-lahan dan jangan sampai menekan terlalu keras. Jika anda ingin hasil yang lebih memuaskan, maka anda bisa menambahkan parfum atau pewangi pakaian.

Sponsors Link

Jadi, sebelum menyetrika maka anda harus menyemprotkan pewangi pakaian tersebut. Anda tidak menyemprotnya secara menyeluruh dan jangan terlalu berlebihan. Dengan begitu, maka anda bisa menyetrika sarung dengan mudah karena akan lebih licin dan kerutannya pun juga mudah disetrika.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara menyetrika sarung agar tidak kusut. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara menyetrika, menyetrika sarung