Cara merawat kabel setrika sangatlah mudah hanya saja kebanyakan orang mengabaikannya dan akhirnya ketika sudah terlambat, kabel setrika justru harus diganti yang tentunya akan menambah biaya lagi. Kebanyakan orang hanya fokus tentang bagaimana cara merawat setrika agar awet atau cara membersihkan setrika lengket dan berkerak tapi lupa sama sekali menjaga agar kabel setrika juga awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

ads

Artikel Terkait:

Penggunaan Setrika yang Salah

Salah satu komponen setrika yang cukup penting adalah kabel setrikanya tapi kebanyakan orang tidak tahu bagaimana cara menggunakan setrika yang benar sehingga tidak merusak kabel setrika. Berikut adalah beberapa hal yang sering dilakukan dan ternyata dapat merusak kabel setrikaa.

  • Penggunaan setrika listrik otomatis yang sembarangan sehingga kabel melilit kemana-mana ketika menyetrika. Menyetrika tetap harus dilakukan dari satu arah, yang dibolak balik bukanlah setrikanya tapi pakaian yang harus disetrika.
  • Ketika menyimpan setrika biasanya kebanyakan orang akan menggulung kabel setrika mengelilingi setrika. Hal ini tidak boleh dilakukan.
  • Kebanyakan orang akan menekuk kabel setrika ketika setrika tak lagi digunakan.
  • Penggunaan yang kurang hati-hati, misalnya ketika menyetrika posisi setrika yang masih panas menimpa kabel setrikaan yang tentunya dapat merusak lapisan serat setrika dan membuat karet pembungkus kabel meleleh.

Ketiga hal di atas ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada kabel setrika apapun jenis setrika listrik Anda jika tidak dirawat dengan baik akan cepat rusak. Ketika proses menyetrika yang bolak balik memungkinkan kabel setrika terpelintir atau ketika menekuk kabel setrika atau menggulungnya mengelilingi setrika akan membuat serat pembungkus kabel setrikaan berantakan dan akhirnya lapisan karet pada kabel tak lagi terlindungi. Jika terus dibiarkan, lama kelamaan karet pembungkus kabel akan lebih mudah atau lebih cepat rapuh akhirnya robek dan kawat kabel yang muncul akan sangat berbahaya karena dapat menyetrum penggunanya.

Sponsors Link

Artikel Terkait:

Cara Merawat Kabel Setrikaan yang Tepat

Jadi jika Anda ingin merawat kabel setrikaan Anda agar awet pastikan Anda tidak melakukan keempat hal di atas dan sebaliknya justru melakukan hal-hal di bawah ini:

  1. Ketika menyetrika sebaiknya gunakan meja setrikaan sehingga Anda tahu ke arah mana Anda harus menyetrika sehingga kemungkinan kabel setrika terlilit atau terpelintir akan rendah.
  2. Saat selesai menyetrika tunggu setrika menjadi dingin terlebih dahulu baru disimpan karena ditakutkan setrika yang panas akan menimpa kabel ketika Anda menyimpannya di dalam kotak sehingga merusak kabel.
  3. Ketika menyimpannya juga jangan menggulung kabel setrikaan dengan cara melilitkannya ke badan setrikaan tapi cukup digulung seperti biasa saja dengan diameter yang cukup lebar tanpa harus digulung ke badan setrikaan. 
    Sponsors Link

  4. Jangan pula menekuk kabel ketika menyimpannya karena itu sama saja merusak kabel setrikaan walaupun dengan menekuk kabel ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan kabel tidak banyak. Jadi jika ingin rapi gunakan plastik pengikat kabel agar tidak gulungan tidak terlepas.
  5. Ketika menyetrika pastikan setrika yang masih panas tidak menimpa kabel setrikaan. Oleh karena itu penting untuk menggunakan meja setrika yang memiliki tempat khusus untuk menyimpan setrika sehingga tidak sembarangan.

Walaupun cara mengganti kabel setrika tidak sulit tapi alangkah baiknya jika Anda tidak perlu mengganti kabel setrikaan sama sekali. Namun jika kabel setrika menunjukkan tanda-tanda perlu diganti jangan tunda-tunda maka Anda harus segera menggantinya. Karena kalau tidak segera diganti, kabel setrika yang rusak bisa sangat berbahaya untuk para penggunannya. Tapi tentu saja lebih baik mencegah dari pada mengatasi.

Sponsors Link

Posted by · Tags: kabel setrika, setrika listrik, tips