Cara merawat setrika listrik tidak terlalu sulit tapi harus dilakukan secara reguler. Jenis setrika listrik sejauh ini masih menjadi pilihan utama penggunaan setrika terutama di skala rumah tangga. Beberapa bisnis laundry skala kecilpun masih memilih untuk menggunakan setrika listrik dibandingkan dengan setrika jenis lainnya seperti setrika uap atau setrika uap gas. Alasannya cukup simpel karena setrika listrik selain sangat mudah digunakan juga terdapat banyak pilihan jenis, fitur serta harga sehingga sangat mudah jika harus menyesuaikan dengan budget.

ads

Artikel Terkait:

Komponen-komponen Setrika Listrik yang Harus Diperhatikan

Perawatan setrika listrik harus dilakukan berdasarkan komponen-komponennya karena setiap komponen seperti kabel atau besi pemberatnya memerlukan perhatian khusus yang berbeda satu sama lain karena cara kerja setrika tergantung pada kondisi komponen-komponen tersebut.

  1. Merawat Kabel Setrika

Yang harus menjadi perhatian utama Anda dalam merawat setrika listrik adalah kabel setrika. Hal ini dikarenakan desain kabel setrika yang sangat mudah terlilit atau serat pembungkusnya yang mudah sekali terbuka sehingga lapisan karet pelindung kabel sangat rentan dan mudah robek. Akibatnya menyetrika menjadi tidak nyaman karena kondisi kabel setrika yang tidak fleksibel serta adanya bahaya tersetrum. Pelajari bagaimana cara mengganti kabel setrika listrik secara berkala karena hal ini ternyata tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

  1. Merawat Lapisan Teflon Pada Besi Pemberat Setrika Listrik

Salah satu komponen penting pada setrika listrik adalah besi pemberatnya. Saat ini besi pemberat setrika listrik sudah dilengkapi dengan lapisan teflon sehingga anti lengket. Namun jika Anda tidak hati-hati maka lapisan teflon tersebut dapat mengelupas dan memungkinkan serat-serat pakaian atau debu untuk menempel pada permukaan setrikaan yang akhirnya menjadi kerak yang lengket dan susah dibersihkan. Terdapat banyak cara membersihkan setrika yang lengket dan berkerak mulai dari menggunakan odol, garam atau daun pisang.

  1. Merawat Tombol Pengatur Suhu Setrika Listrik

Ketika setrika listrik otomatis Anda tidak mau panas padahal sudah dihubungkan ke arus listrik bisa saja masalahnya terletak pada pengatur suhu setrika rusak. Tentunya Anda tahu cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu dimana terdapat dua lempeng yang disebut lempeng bimetal yang akan membantu mengatur suhu setrikaan secara otomatis. Ketika lempeng bimetal tak dapat berfungsi dengan baik cobalah bongkar bodi setrikaan untuk mencari tahu karena biasanya debu yang menebal juga dapat menghambat kinerja lempeng bimetal sehingga setrika tidak mau panas atau justru sebaliknya setrika terus panas dan suhunya tidak mau turun. (baca juga: Cara Kerja Setrika Termodinamika)

Sponsors Link

  1. Menyimpan Setrika Listrik

Setelah tak lagi digunakan sebaiknya simpan setrika listrik dengan baik. Kebanyakan orang hanya tahu bagaimana cara menyetrika yang benar tapi tak terlalu perduli dengan cara penyimpanan setrika listrik yang benar. Setelah selesai digunakan sebaiknya biarkan suhu setrika turun terlebih dahulu sebelum disimpan. Jangan menggulung kabel dengan sembarangan tapi gunakan karet atau pengikat kabel untuk mengikat kabel setrikaan agar tidak terbelit-belit. Jangan letakkan setrikaan dengan sembarangan, penting bagi Anda untuk menyimpan kotak setrikaan untuk menghindarkan setrikaan terhinggapi debu. Kemudian simpan setrikaan di dalam lemari atau tempat yang kering dan tidak lembab.

Cara merawat setrika agar awet digunakan tidaklah sulit namun sebaiknya dilakukan secara reguler agar Anda tidak memerlukan banyak waktu untuk membersihkannya. Kebanyakan orang menganggap setrika bukan barang mewah sehingga memperlakukannya dengan tanpa perhatian tapi ketika setrika rusak mereka baru menyadari betapa pentingnya fungsi setrika dalam kehidupan sehari-hari mereka. Jadi jangan lupa untuk selalu merawat setrika Anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara merawat, setrika listrik