Kali ini kami akan menjelaskan tentang seperti apa ciri-ciri setrika rusak. Seperti yang kita tahu bahwa setrika termasuk barang-barang elektronik yang seiring bertambahnya waktu, maka barang tersebut akan mengalami berbagai macam masalah. Meskipun anda membeli setrika listrik terbaik pun, tetap saja jika sudah lama digunakan akan menyebabkan beberapa gangguan.

ads

Ada beberapa ciri yang menunjukkan bahwa setrika sudah mulai rusak. Salah satu ciri yang umum terjadi adalah lampu indikator setrika mati. Selain itu, masih ada beberapa tanda atau ciri lainnya yang mulai menjadi indikasi bahwa setrika anda sudah harus segera diperbaiki.

Bagi anda yang ingin tahu apa saja ciri-ciri yang lainnya yang menunjukkan setrika anda sudah rusak dan harus pensiun, maka akan kami jelaskan lebih lengkapnya di bawah ini.

1. Lampu indikator yang mati

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa lampu indikator yang mati menjadi salah satu ciri yang menunjukkan setrika anda mulai rusak. Lampu indikator merupakan pertanda yang menunjukkan bahwa suhu pada setrika sudah mencapai atau sesuai dengan pengatur suhu yang anda lakukan.

Lampu indikator memang tidak langsung bisa dijadikan untuk menyimpulkan apakah setrika anda benar-benar sudah rusak, namun biasanya awal mula kerusakan setrika diawali dari permasalahan pada lampu indikator.

2. Panas tidak merata

Ciri kedua yang mengindikasikan bahwa setrika anda rusak adalah panas pada setrika yang sudah tidak merata. Maksudnya, jika anda ingin menyetrika dan sudah mengatur suhu, namun bagian yang panas hanya bagian bawah setrika saja. Sementara bagian atasnya malah hangat atau bahkan tidak panas sama sekali.

Ciri yang kedua ini tentu akan membuat siapapun yang ingin menyetrika pusing dan jengkel. Apalagi, jika ia hanya memiliki satu setrika dan harus buru-buru karena akan menghadiri acara penting.

3. Tapak setrika yang sudah mulai gosong

Perlu anda tahu, tapak setrika juga bisa menjadi salah satu ciri untuk mengetahui apakah setrika anda sudah harus pensiun atau tidak. Jika tapak pada setrika sudah mulai ada bagian yang gosong atau mungkin sudah tidak rata, maka kondisi ini menjadi salah satu alasan mengapa anda harus segera mengganti setriika anda.

Tapak yang gosong atau tidak rata tersebut menunjukkan bahwa panas yang ada pada setrika sudah tidak merata. Jika bagian yang gosong terdapat di bagian bawah setrika anda, mak suhu yang paling panas berada di bawah setrika anda tersebut.

Sponsors Link

4. Setrika lama panas

Ketika anda sudah mencolokkan kabel setrika dan sudah mulai mengatur suhu namun setrika anda tak kunjung panas, maka kondisi ini juga bisa menjadi indikasi setrika anda harus diganti. Jika biasanya anda hanya membutuhkan waktu maksimal 1 menit untuk mencapai suhu yang anda inginkan, namun ternyata sudah 3 atau bahkan 5 menit belum panas, maka setrika anda memang sudah rusak.

5. Setrika tidak panas

Ciri ciri setrika rusak yang terakhir adalah setrika anda sama sekali tidak mengeluarkan panas. Tidak ada satu bagian pun di tapak atau bagian bawah setrika yang mengeluarkan panas. Padahal anda sudah mencolokkannya ke listrik dan mengatur suhu paling rendah. Jika sudah seperti ini, anda harus segera menservisnya atau bisa langsung membeli yang baru.

Sponsors Link

Posted by ·