Setrika merupakan salah satu barang elektronik yang sangat dibutuhkan. Hampir semua rumah sudah memiliki setrika, baik yang dibeli dengan harga normal maupun setrika yang dibeli dengan harga mahal.

ads

Perkembangan setrika memang sudah semakin maju dimana saat ini telah lahir berbagai macam produk dengan masing-masing keunggulannya. Ada beberapa komponen penting yang ada di dalam setrika yang berpengaruh terhadap perfomanya.

Salah satu bagian tersebut adalah elemen. Elemen inilah yang memiliki peran penting di dalam keberhaslan setrika anda. Jika elemen mengalami masalah, maka setrika anda juga otomatis mengalami masalah. Lalu apa saja ciri yang menandakan bahwa elemen setrika rusak? Berikut ini jawabannya.

Dengan memahami informasi yang kami berikan, diharapkan anda bisa tahu bahwa masalah pada setrika anda dikarenakan elemen atau tidak. Nanti barulah anda bisa melakukan perbaikan yang tepat.

1. Lampu indikator yang tak kunjung mati

Ciri pertama yang bisa menjadi salah satu cara mengetahui elemen rusak adalah melalui lampu indikatornya. Lampu indikator pada setrika menunjukkan apakah setrika tersebut berfungsi dengan baik atau tidak. Selain itu, lampu indikator yang mati menunjukkan bahwa setrika anda sudah mencapai panas yang anda tentukan.

Jika lampu pada setrika anda tidak kunjung mati, maka kemungkinan hal ini menunjukkan bahwa ada masalah pada elemen. Namun, tidak semua lampu indikator yang tidak berfungsi dengan baik berarti elemen setrika rusak. Lalu apa yang harus anda lakukan?

Anda harus membongkarnya dan mengecek kondisi lampu indikator. Pastikan bahwa anda memiliki pengalaman di dalam membongkar setrika agar tidak semakin membuat setrika rusak.

2. Setrika lama panas

Ciri kedua yang menunjukkan elemen rusak adalah ia lama dipanaskan. Maksudnya, ketika anda sudah mencolokkan setrika ke listrik, seharusnya hanya dibutuhkan waktu 10 sampai 15 detik sampai setrika panas. Namun lebih dari waktu tersebut atau bahkan sampai 2 menit setrika tidak kunjung panas.

Hal ini menandakan bahwa pada waktu itu kondisi elemen sudah masalah. Mungkin setrika akan panas dengan sendirinya setelah anda menunggunya beberapa menit. Namun, hal ini akan sangat membuang waktu. Terlebih lagi jika anda sedang buru-buru.

3. Setrika tidak panas

Untuk ciri yang ketiga ini lebih parah jika dibandingkan dengan yang kedua dimana setrika anda benar-benar tidak panas. Bahkan meskipun telah anda colokkan dalam waktu yang lama tetap saja tidak ada panas sama sekali.

Kondisi ini mengindikasikan bahwa kerusakan pada elemen setrika sudah parah. Artinya, setrika anda sudah tidak bisa digunakan kembali sampai anda memperbaiki elemen setrika tersebut. Lalu solusinya bagaimana? Tidak ada pilihan lain selain menggantinya dengan elemen yang baru.

Akan tetapi, bagi anda yang hendak mengganti elemen setrika, pastikan anda benar-benar tahu bagaimana cara menggantinya. Anda bisa membeli elemen setrika di toko-toko peralatan elektonik di sekitar daerah anda. Anda juga bisa membawa elemen bekas anda tersebut untuk nanti dijadikan contoh.

Demikian penjelasan tentang ciri ciri elemen setrika rusak yang harus diketahui. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by ·