Jenis-jenis mesin setrika ternyata banyak juga macamnya walaupun pada dasarnya prinsip yang digunakan adalah sama yaitu memanfaatkan energi panas untuk membuat pakaian menjadi lebih rapi hanya saja saat ini banyak jenis setrikaan yang sudah dimodifikasi dengan cara menambahkan fitur-fitur tentertu sehingga proses menyetrika tidak lagi konvensional melainkan bisa dilakukan dengan lebih cepat dengan hasil yang lebih rapi.

ads

Artikel Sejenis:

Mengenal Jenis-jenis Mesin Setrika

Jika berbicara soal jenis maka pembahasan akan kembali pada saat setrika masih menggunakan arang sebagai media pemasan.

  1. Setrika Arang

Saat ini tentu saja penggunaannya sudah hampir tidak ada lagi karena penggunaan setrika listrik jauh lebih praktis namun mungkin di daerah pedalaman-pedalaman yang masih belum memiliki listrik setrika arang masih digunakan. Cara menggunakan setrika arang cukup mudah yaitu memanfaatkan panas yang dihasilkan dari bara arang yang dibakar untuk menyetrika pakaian walaupun tentu saja penggunaannya harus ekstra hati-hati jika tidak ingin pakaian kotor terkena arang. (Baca Juga: Keunggulan Setrika Arang)

  1. Setrika Listrik Generasi Pertama

Mengapa disebut generasi pertama? Well, jenis setrika listrik ini sudah memanfaatkan energi listrik sebagai penghasil energi panas namun setrika listrik ketika pertama kali dipekerkenalkan tidak memiliki pengatur suhu seperti setrika listrik modern saat ini sehingga ketika setrika sudah panas maka suhu akan terus naik. Cara ini tentu saja membuat setrika cepat rusak dan proses menyetrika menjadi tidak praktis karena ketika setrika terlalu panas harus segera diturunkan suhunya dengan cara mencabut kabel langsung dari stop kontak. (Baca Juga: Jenis Kerusakan Setrika Listrik , Setrika Listrik Tidak Panas)

  1. Setrika Listrik dengan Pengatur Suhu

Saat ini semua produk setrika listrik pasti sudah disertai dengan fitur pengatur suhu otomatis sehingga saat ini setrika listrik lebih dikenal dengan sebutan setrika listrik otomatis. Sistem pengatur suhu ini dengan memanfaatkan teknologi bimetal dimana lempengan bimetal akan secara otomatis menaikkan suhu ketika dialiri arus listrik namun ketika suhu sudah mencapai suhu maksimal maka otomatis setrika akan menurunkan suhu dan ketika suhu kembali normal secara otomatis lagi suhu akan dinaikkan. Selain itu dengan ada tombol pengatur suhu maka pengguna setrika juga bisa mengubah suhu dari tinggi ke rendah dan sebaliknya kapan saja sesuai dengan kebutuhan. (baca juga: Pengatur Suhu Setrika Rusak , Cara Kerja Setrika Listrik Dengan Pengatur Suhu)

Sponsors Link

  1. Setrika Uap

Setrika uap adalah inovasi terbaru setrika listrik namun jika setrika listrik menggabungkan energi panas dan besi pemberat untuk meluruskan serat-serat pakaian maka setrika uap menggabungkan energi panas dengan energi uap. Cara ini tentu saja jauh lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan setrika listrik otomatis biasa dimana sang pengguna juga harus menggunakan tenaga untuk menekan bagian-bagian pakaian yang kusut tapi tidak dengan setrika uap karena bahkan pengguna tidak perlu menempelkan setrika ke pakaian karena uap-nya lah yang digunakan untuk meluruskan serat pakaian. Setrika uap sendiri jenisnya sangat banyak ada yang portabel dengan bentuk lebih mirip setrika listrik biasa ada juga yang berupa setrika uap berdiri dimana cara menggunakannya pakaian harus digantung dan kemudian diuapi dan bukannya diletakkan di atas papan setrika.

Baca Juga:

  1. Setrika Boiler atau Gas

Setrika boiler atau gas sebenarnya adalah setrika uap yang juga dimodifikasi dimana sumber panasnya tidak dihasilkan melalui energi listrik tapi melalui energi gas. Setrika ini memang lebih ekonomis dibandingkan dengan setrika listrik tapi modelnya tidak praktis sehingga tidak cocok untuk penggunaan rumahan namun sangat cocok untuk penggunaan dalam skala besar sehingga lebih sering digunakan oleh jasa penyedia laundry.

Artikel Terkait:

Jadi jenis-jenis mesin setrika mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Memang betul setiap jenis setrika memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing, keunggulan setrika listrik memiliki model yang praktis dan tersedia dalam banyak pilihan, selain itu harganya juga terjangkau. Sementara setrika uap walaupun penggunaannya tidak sepraktis setrika listrik tapi hasilnya jauh lebih rapi dan cepat. Bahkan setrika arang juga memiliki keunggulannya tersendiri yaitu cocok bagi siapa saja yang saat ini tinggal di lokasi yang tidak memiliki listrik dan setrika uap boiler adalah pilihan paling cocok dan paling murah untuk bisnis laundry baik skala kecil ataupun skala besar.

Sponsors Link

Posted by · Tags: jenis setrika, setrika arang, setrika boiler, setrika dengan pengatur suhu, setrika gas, setrika listrik, setrika uap